Pantai Krakal, Pantai Asyik dan Seru Buat Berselancar di Jogja

0
2692
pantai krakal yogyakarta

Pantai Krakal adalah salah satu tempat wisata pantai di wilayah Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini terkenal dengan pesona alamnya yang sangat indah. Hamparan pasir putih yang bersih, dipadukan dengan keindahan batu karang yang sangat eksotis dan ombak yang besar sebagaimana khas ombak laut selatan. Termasuk pantai yang landai, pantai ini terbentang sejauh hampir 5 km. Pantai ini terletak di desa Ngestirejo, yang berjarak sekitar 65 km dari pusat kota Jogja.

pantai krakal jogja

Selama perjalanan menuju kawasan pantai ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat mempesona, yaitu bukit-bukit kapur berselang-seling dengan teras batu karang. Menurut penelitian para ahli geologis, dahulu kawasan ini merupakan dasar laut. Namun karena proses pengangkatan, maka dasar laut ini kemudian posisinya semakin lama semakin tinggi dan pada akhirnya terbentuk dataran tinggi. Batu karang yang terlihat adalah bekas rumah dari binatang karang yang sebelumnya hidup di lautan.

pantai krakal jogja
Pantai Krakal (Sumber foto : cherlles_makena)

Pantai Krakal merupakan pantai terpanjang yang ada di Gunungkidul. Ini memberikan kesempatan pada Anda untuk menemukan berbagai spot terbaik sebagai obyek foto. Sisi barat dan sisi timurnya dibatasi oleh tebing karang. Selain menikmati keindahan pantai yang landai bertabur pasir putih dan batu karang, Anda bisa menikmati cipratan ombak yang menghantam karang. Selain itu, pantai ini juga dikenal sebagai surga bagi biota laut. Air laut di pantai ini cukup jernih, sehingga para wisatawan bisa menikmati keindahan ikan beraneka warna yang berenang di sekitar batu karang. Apalagi saat laut sedang surut, maka beberapa jenis ikan hias akan muncul untuk mempercantik pantai ini.

Jenis ikan seperti ikan kepe-kepe, damselfish, butterflyfish dan berbagai jenis ikan hias yang lain baik berukuran besar maupun kecil akan membuai Anda untuk berlama-lama menikmati keindahan pantai ini. Kemunculan ikan hias bersamaan dengan hadirnya lumut pada saat musim kemarau telah datang. Ikan-ikan cantik ini juga akan lebih banyak muncul di awal bulan dibanding saat akhir bulan.

berselancar di pantai krakal

Selain terkenal dengan pesona alamnya yang sangat eksotik, Pantai Krakal juga memiliki jenis ombak yang cocok bagi Anda yang hobi berselancar. Namun jika Anda menikmati olahraga surfing di pantai ini, terlebih dahulu Anda harus berjalan menuju batu karang yang ada di lepas pantai. Setelah itu, barulah Anda bisa menyongsong ombak bertipe reef break yang cukup menantang.

Namun Anda perlu waspada dan hati-hati, karena dasar laut didominasi oleh karang. Dry season yang biasanya terjadi sekitar bulan Maret sampai September adalah waktu terbaik bagi Anda untuk menunggu barrel di pantai ini. Namun Anda perlu membawa peralatan sendiri jika ingin surfing di pantai ini, karena di pantai krakal belum ada yang menyewakan peralatan untuk surfing.

pantai_krakal_jogjaMeskipun lokasi pantai ini berjarak sekitar 2 jam dari pusat kota Yogyakarta, akses jalan menuju pantai sudah cukup bagus. Jalanan sudah diaspal dan cukup rata. Sebaiknya Anda menggunakan mobil atau motor, karena trayek bus belum mencapai lokasi pantai. Di sekitar pantai, Anda bisa menemukan deretan warung makan yang menawarkan berbagai jenis makanan khas daerah setempat. Jika Anda ingin menginap, anda tidak perlu khawatir karena sekitar pantai juga terdapat beberapa hotel dan penginapan yang bisa Anda temukan dengan mudah.

Demikianlah uraian mengenai Pantai Krakal yang kami rangkum dari berbagai sumber. Sebuah pantai eksotik dengan pasir putih dan karang yang menghiasi pantai. Sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga maupun darma wisata bagi para pelajar di masa liburan. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi untuk siapapun yang ingin mengenal lebih jauh mengenai pantai ini, atau bagi mereka yang menginginkan wisata alam alternatif di Yogyakarta. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.