Pemandangan Indah dari Atas Puncak Kosakora Yogyakarta

0
6800
puncak kosakora jogja

Jika kalian berdomisili di daerah Yogyakarta atau kalian sedang ingin berlibur dan melakukan wisata alam di daerah Jogja, salah satu tempat yang harus kamu coba untuk kunjungi adalah Puncak Kosakora. Puncak Kosakata, terletak di daerah Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kosakora saat ini populer sebagai tempat wisata favorit bagi kalangan anak muda kekinian yang memiliki hobi jalan hingga ber selfie ria. Demi mencapai Kosakora, tangga batuan karas yang terlihat curam pun harus dapat kalian taklukan agar kalian dapat melihat sebuah panorama pantai yang sangat menawan jika dilihat dari ketinggian.

selfie_di_puncak_kosakora

Sebuah fenomena dari eksokarst Pegunungan Sewu pada ratusan tahun silam menyisakan sebuah eksotisme dari bentang di Gunungkidul Yogyakarta. Dalam perjalanan kita dapat melihat deretan Cinocal Hills yang diikuti dengan jalanan naik dan turun dan yang dapat dilewati ketika kalian akan menuju ke salah satu tempat wisata di Kabupaten Gunungkidul yang letaknya paling timur dari daerah Yogyakarta ini. Untuk mencapai Puncak Kosakora, kalian harus berkendara selama dua jam lamanya dan juga harus melakukan Trekking sejauh 2 km melewati medan yang cukup melelahkan.

puncak kosakora jogja

Dalam mencapai Puncak Kosakora, kamu akan mendapati beberapa pemandangan, sebagai permulaan kamu akan mendapati ladang-ladang dari penduduk pada awal perjalanan trekking kemudian kamu akan mendapati sebuah area padang rumput yang cukup luas. Konon ada mitos yang tersebar di kalangan masyarakat, dimana diarea tersebut cukup keramat. Maka jangan heran jika disekitar area terdapat tulisan yang menyebutkan bahwa dilarang untuk mendirikan bangunan pada area yang disebut Lemah Sangar. Trekking terus berlanjut hingga Anda mencapai Pantai Ngrumput yang pada beberapa sudutnya ditumbuhi oleh tumbuhan rumput. Pada Pantai Ngrumput ini, Kosakora mulai dapat terlihat dari bendera yang terletak di sebelah timur pantai tersebut.

Pada sebuah tangga curam yang terbuat dari batuan Karst dengan tumbuhan pandan laut pada sisi kanan dan kirinya dapat mengantarkan kalian pada Puncak Kosakora yang indah. Puncak ini merupakan sebuah dataran paling tinggi pada bukit yang pada jaman dahulu disebut dengan Bukit Ngrumput oleh masyarakat Tanjungsari. Nama Kosakora tercipta karena seorang Traveller yang tidak sengaja menjulukinnya sebagai Kosakora dan kini Kosakora tidak pernah sepi dari para pengunjung.

puncak kosakora jogja

Puncak Kosakora merupakan salah satu hasil dari fenomena alam eksokarst. Kosakora adalah sebuah bukit Karst yang terdapat pada satu garis dalam deretan pantai-pantai yang cantik di daerah Gunungkidul seperti Pantai Ngrumput, Pantai Drini, pantai Baron dan Pantai Watu Kodok. Pantai Baron yang begitu indah pun dapat kaluan lihat dari Kosakora yang memiliki ketinggian 50 mdpl ini. Kosakora dulunya selalu sepi dan sunyi, tetapi kini Kosakora selalu ramai dan menjadi buah bibir dari banyak orang. Khususnya bagi para anak remaja yang memiliki hobby jalan-jalan dan selfie. Hal ini karena keindahan panorama dari Kosakora yang memiliki background pantai selatan dari ketinggian yang tentunya sangat cantik untuk digunakan berselfie.

Sebagai informasi biaya yang harus kita keluarkan ketika akan mengunjungi Puncak Kosakora yaitu kita harus membayar biaya pos retribusi Pantai Baron sebesar Rp. 10.000, harga tiket sebesar Rp. 2.000, parkir motor sebesar Rp. 2.000, parkir mobil sebesar Rp. 5.000 (catatan : per desember 2015). Wisata Kosakora ini buka pada setiap hari sehingga kapanpun ada waktu kita dapat mengunjungi Kosakora ini. Tetapi anda harus bersiap-siap jika akan datang pada waktu weekend atau hari libur pasti tempat wisata ini akan kebanjiran pengunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.