Pulau Tidung, Wisata di Kepulauan Seribu yang Tidak Boleh Dilewatkan

0
2735

Anda warga Jakarta? Penat dengan kemacetan ibukota? Ingin mengisi weekendmu dengan wisata pantai budget murah tapi gak jauh dari ibukota? Pulau Tidung solusinya! Pulau Tidung adalah salah satu tempat wisata yang berada di sekitar Jakarta loh.

Tidung ini merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang paling terkenal diantara pulau-pulau lainnya. Buat sampai ke pulau ini pun tidak sulit dan dapat ditempuh menggunakan kapal dengan perjalanan laut kurang lebih 50 km dari Jakarta. Nah akses yang bisa kamu pilih dari Jakarta ada 2 alternatif, bisa dari pelabuhan Muara Angke atau dari Marina Ancol. Untuk yang ingin liburan dengan less budget, bisa menggunakan alternatif Muara Angke tapi jika ingin kendaraan yang lebih cepat dan private, bisa menggunakan speedboat dari pelabuhan Marina Ancol.

Pulau Tidung

Untuk yang mau liburan bersama keluarga ataupun outing kantor dan gak mau rempong, tidak perlu khawatir karena sudah banyak travel-travel yang menawarkan paket wisata pulau ini. Biasanya standard paket yang diberikan travel yaitu 2D1N atau 3D2N dengan range harga 200-400rb tergantung jumlah personil maupun fasilitas yang diambil. Standard package yang diberikan pihak travel dari pengalaman saya ke pulau ini yaitu include biaya transportasi kapal pulang pergi, homestay AC dengan kurang lebih 10 orang 1 rumah, makan (sarapan pagi, makan siang, makan malam), Barbeque, sepeda (sebagai alat transportasi kita selama di pulau), perlengkapan snorkeling, dan foto underwater.

Baca Juga : Keindahan Pulau Pari, Wisata Kepulauan Seribu

Jembatan Cinta

Nah ini dia salah satu “mark place“-nya pulau Tidung. Jembatan Cinta!

Jembatan Cinta Pulau Tidung

Jembatan ini kira-kira panjangnya 800 meter yang menghubungkan pulau Tidung Besar dan pulau Tidung Kecil. Lalu kenapa dinamakan Jembatan Cinta? Konon katanya pasangan yang datang ke Jembatan cinta berdua dan mengikat janji di jembatan cinta ini, maka hubungannya akan awet langgeng selamanya. Nah buat yang jomblo gak usah berkecil hati, ada mitos juga, siapa yang loncat dari jembatan ini dan berniat untuk memiliki pasangan, katanya bakal memiliki pasangan dalam waktu dekat. Hmmmmmmm, percaya gak, mblo? Coba loncat dulu aja yah.

jembatan cinta pulau tidung

Sunset Bahari

Ke pantai tidak melihat sunset kayanya kurang afdol yaaa. Untuk wisatawan yang ingin melihat sunset di pulau Tidung, ada satu tempat di ujung pulau Tidung Besar. Tempat ini dikenal dengan nama sunset Bahari.

sunset_pulau_tidung

Untuk penggemar photography, tempat ini bisa dijadikan salah satu alternatif untuk hunting foto di pulau Tidung nih!

Snorkeling Pulau Tidung

Nah..untuk snorkeling di pulau Tidung, in my opinion, its like disappointing moment, Kenapa? Karena pemandangan bawah lautnya tidak seindah yang dibayangkan, banyak sampah! Agak sedih juga karena saat pertama kali tiba di pulau ini kita pasti akan disambut dengan papan yang agak besar yang bertulisan “Tidung keep it clean“.

pulau tidung semboyan

Walaupun agak sedikit kecewa, tapi rasanya terobati setelah melihat terumbu karang dan banyak sekali ikan-ikan kecil berenang di sekitar kita.

snorkeling pulau tidung

Untuk spot snorkeling di pulau Tidung juga lumayan banyak. Kita bisa menjelajahi kurang lebih 7 tempat spot snorkeling, tergantung dengan jenis paket yang kita ambil.

Nah sayang banget kan tempat wisata sebagus ini kalau makin kita rusak? Yuk sama-sama kesadaran diri masing-masing untuk merawat keindahan alam Indonesia Happy Holiday!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.