Pulau Waiwo, Pesona Pasir Putih dan Keelokan Bawah Laut Bak Firdaus

0
47302
pulau waiwo

Raja Ampat memang rajanya pariwisata. Pulau yang terletak di bagian timur nusantara ini memiliki sejumlah destinasi wisata yang dijamin tak ada duanya di dunia. Bahkan, penulis yakin suatu hari potensi pariwisata kepulauan ini akan melebihi Pulau Bali yang sudah jamak didengar kemolekannya oleh bule asing mancanegara. Ya, satu yang membuat nama Raja Ampat kurang harum di telinga para pelancong ialah kurang dan mahalnya fasilitas dan akses untuk menuju ke sana. Padahal, di sana sudah menanti hamparan pasir pantai putih Pulau Waiwo.

Mengusung nama yang sama dengan gedung pencakar langit Amerika, WTC atau (Pantai Waisai Tercinta), merupakan andalan wisata pulau ini. Salah satu ciri menonjol dari pantai yang berdekatan dengan dermaga Waisai ini ialah tugu lumba-lumba dan burung bangau yang melambangkan ikon kota setempat. Begitu tiba di sana, dijamin kamu bakal teringat dengan kenangan masa kecil kamu karena banyaknya anak kecil yang saling berkejar-kejaran penuh tawa. Selain itu, masyarakat juga percaya bahwa konon mereka yang meminum sumber air tawar di pantai tersebut bisa awet muda.

pulau waiwo

Keindahan pasir putih pulau tersebut pun selaras dengan harta pemandangan yang terpendam di dalam lautnya. Dari atas kapal pun, kamu akan digoda dengan jernihnya air laut dan genitnya ikan-ikan yang menari di antara terumbu karang. Menariknya, pengunjung di sana diperbolehkan untuk menebar pakan ke ikan-ikan tersebut. Namun, kalau kamu masih belum puas dengan pemandangan dari atas air, kamu bisa melakukan snorkling atau menyelam agar bisa ‘bersentuhan’ langsung dengan keramahan makhluk hidup setempat.

Dengan tarif Rp. 50.000,00, kamu sudah bisa ber-snorkeling ria dan mengucapkan salam sapa kepada biota laut yang tersenyum malu. Untuk sensasi yang lebih berkesan, maka dengan biaya Rp 550.000,00 kamu sudah bisa menyelam ke kedalaman laut indah hingga 8x. Menurut penuturan dari salah satu pengurus resort Pulau Waiwo, harga tersebut sudah mencakup semua peralatan menyelam dan pemandu.

diving pulau waiwo

 

Untuk sampai ke pulau ini, kamu mesti naik feri atau menyewa kapal speedboat. Kapal feri lebih banyak dijadikan pilihan karena tarifnya yang jauh lebih murah, yakni Rp. 200.000,00 sekali jalan, sementara untuk naik speedboat dikenakan harga hingga Rp. 8.000.000,00 untuk 20 orang. Kapal feri akan berangkat tepat pukul 2 siang dari pelabuhan Usaha Mina, Sorong, sehingga kamu harus sampai di pelabuhan sebelum jadwal keberangkatan. Sekali berangkat, kapal feri baru akan kembali berlabuh ke dermaga Sorong pada keesokan harinya.

resort pulau waiwo

Nah, karena feri baru akan kembali esok hari, maka kamu pun harus menginap begitu sampai di Pulau Waiwo. Masih berasal dari sumber yang sama, biaya menginap di pulau ini dikenakan tarif Rp. 450.000,00 per kepala per malam untuk turis lokal, sedangkan untuk turis manca akan dipasang tarif hingga Rp. 550.000,00. Biaya tersebut khusus berlaku hanya untuk orang dewasa karena anak-anak hanya dikenakan tarif setengahnya. Dengan membayar tarif inap, kamu sudah bisa tidur nyenyak di resort tersebut tanpa kurang fasilitas dan kelaparan karena pihak penginapan akan menyediakan jatah makan 3x, termasuk susu.

resort di pulau waiwo

Pesona pasir putih dan keelokan bawah laut bak firdaus Pulau Waiwo suatu hari akan mengalahkan kecantikan Pulau Dewata. Bagaimana tidak, pengalaman menikmati alam pantai dan surga bawah laut yang indah tentu tak dapat setiap hari dapat kita jumpai. Apalagi, jika anda menikmatinya bersama keluarga dan teman-teman dekat. Tentu, sepulang dari sana, hanyalah kenangan manis yang akan bawa pulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.