Puncak Suroloyo, Nikmati Panorama Gunung yang Mengililingi Candi Borobudur

0
1238
Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo termasuk salah satu kawasan wisata yang ada di Kulon Progo. Kawasan wisata ini tak hanya eksotis, melainkan juga menyimpan legenda yang begitu populer, yakni Raden Mas Rangsang dengan gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo. Di mana, beliau memperoleh petunjuk wangsit mengenai kekuasaan di area tanah Jawa. Namun untuk menuju puncak ini, kamu harus melewati jalanan yang berkelok tajam, dipenuhi oleh tanjakan yang diapit bukit dan jurang sehingga membutuhkan medan yang cukup sulit menuju puncak ini.

Puncak Suroloyo

Agar kamu bisa menuju kawasan puncak Suroloyo ini, maka kamu wajib menaiki sejumlah anak tangga yang pasalnya sebanyak 286 anak tangga yang memiliki tingkat kemiringan cukup terjal. Selain itu, sesekali kamu pun harus beristirahat terlebih dulu agar bisa memulihkan tenaga sampai menuju ke anak tangga yang berikutnya, cukup melelahkan sih, tapi memang sebanding lah. Umumnya di anak tangga ke 100 sendiri, tak sedikit wisatawan pun terengah-engah. Sesudah istirahat, kamu pun bisa melanjutkan perjalanan kembali dengan menaiki anak tangga satu demi satu secara perlahan.

tangga Puncak SuroloyoNamun ketika kamu menginjakkan kaki di puncak Suroloyo ini, dipastikan kamu akan terhibur dengan sambutan sejumlah kupu-kupu yang cantik, capung dan burung gereja. Puncak ini memiliki ketinggian hingga 1019 mdpl, di mana kamu bisa menyaksikan panorama keindahan yang begitu eksotis dan luar biasa. Kamu akan menyaksikan Candi Borobudur yang tampak mungil, dan yang tak kalah menariknya adalah 4 gunung yang mengelilingi Candi Borobudur terlihat. Adapun gunung tersebut di antaranya Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro.

Di kawasan wisata Suroloyo telah disediakan sebanyak 3 gardu pandang yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati keeksotisan panorama alam dari ketinggian puncak ini. Adapun pemandangan yang terbaik dan paling menarik yaitu ketika melihat matahari terbit hingga jam 10.00 WIB sebab pemandangan pada waktu tersebut umumnya begitu cerah, dengan begitu pemandangan alam di bawahnya pun terlihat tampak begitu jelas. Selain itu, waktu terbaik mengunjungi objek wisata ini adalah musim kemarau. Hal ini dikarenakan di musim-musim tersebut wisatawan dapat menyaksikan pesona alam Sunrise serta sunset yang begitu indah. Hal ini tentunya tanpa terhalang oleh kabut ataupun awan.

gunung puncak suroloyo

Para wisatawan bisa menyaksikan keindahan Pantai Glagah dengan hamparan hijau dari kebun teh yang terletak di kaki gunung tepatnya di Gunung Sindoro Sumbing. Untuk para penggemar durian sendiri, kamu bisa menikmati hidangan buah durian yang begitu lezat. Durian Menoreh, sebagai durian khas degan aromanya yang begitu tajam, rasanya yang sangat manis, legit serta dagingnya yang begitu tebal. Durian jenis ini merupakan durian unggulan dari varietas nasional. Tak hanya mencicipi durian matang saja, kamu pun dapat membeli bibit durian yang telah memperoleh sertifikat Departemen Pertanian.

Jika kamu ingin berkunjung ke kawasan wisata ini, kamu dari kota Yogyakarta ada 2 jalur utama menuju kawasan ini. Jalur pertama yaitu melalui jalan Godean lalu menuju ke Sentolo kemudian ke Kaibawang lalu ke Suroloyo. Sementara jalur atau rute yang kedua sendiri melalui Jalan Magelang lalu ke Muntilan, kemudian menuju Pasar Muntilan, setelah itu ke Kalibawang dan langsung ke tempat wisata di Kulon Progo ini. Sesudah Kalibawang rutenya menanjak melewati jalanan berliku, dengan begitu dibutuhkan kendaraan yang berstamina prima.

 sunset puncak suroloyo

Para wisatawan yang hendak menikmati keindahan Sunrise ataupun sunset di Puncak Suroloyo ini,  tak usah khawatir akan media akomodasi. Bila wisatawan ingin bermalam, ada banyak bungalo atau homestay yang sederhana dari para warga sekitar dengan biaya per malam yang begitu ekonomis di kawasan wisata Suroloyo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.