Rekomendasi Kuliner Khas Aceh yang Dijamin Menggugah Selera Makan Anda

0
616

Apa yang kamu bayangkan tentang Aceh? Tsunami 2004 silam yang kini telah menjelma kota yang begitu indah atau  serambi mekah. Tidak saja itu, kuliner khas Aceh juga sangat memesona lidah. Bumbu rempah-rempah yang begitu kuat dan beragam akan menjadikan sesuatu yang berbeda dari lainya. Ketika kamu menikmatinya dijamin akan ketagihan dan terus membekas di lidah. Aroma serta rasa yang tiada dua akan sayang untuk dilewatkan. Jika kamu pernah berkunjung ke Aceh tentu akan dapat mengambarkan akan kenikmatan kuliner itu. Berbeda kamu yang belum sekali berjunjung tentu akan merasakan kebinggungan memilih dan memilah masakah khas Aceh. Untuk itu, artikel berikut akan membahas kuliner khas Aceh yang begitu menajubkan.

1Gulai Kambing

Gulai ini mungkin tidak asing bagi kamu. Setiap berkunjung di setiap daerah akan menjumpai masakan yang berbahan dasar daging kambing ini. Rasa daging kambing yang enak dan kuahnya begitu lezat untuk dinikmati. Gulai kambing yang ada di Aceh berbeda dengan gulai pada umumnya. Meskipun berbahan dasar sama, namun rasa yang disuguhkan berkarakter masakan Aceh. Kuah yang cukup kental dan tajam akan rempah-rempah Aceh menjadi pembeda. Dicampur dengan bumbu cabe rawit yang ditumbuk dan jeruk nipis menjadikan semakin ciamik. Daging kambing pun telah di masak sedemikian rupa, sehingga empuk dan halus ketika dinikmati. Rasa yang ciamik inilah yang akan membuat kamu kangen ketika berkujung ke Aceh. Ketika berkunjung tidak mencoba menikmati tentu akan menyesal.

2Sate Matang

Kuliner khas Aceh selanjutnya berupa sate matang. Kuliner sate tidak asing bagi kamu karena telah melegenda di masyarakat kita. Terlebih paling di kenal adalah sate Madura yang dianggap muasal sate di Indonesia. Sate yang ada di Aceh berbeda dengan sate Madura dan sate di daerah lainnya. Kuliner ini ditaburi dengan bumbu kecap dan saus kacang yang menjadikan semakin menggoyang lidah. Sate matang khas Aceh ini yang paling berbeda disiram dengan kuah soto yang begitu gurih. Tentu dengan perpaduan sate dan kuah soto akan menjadikan bergairah untuk menyantapnya.

3Bu Sie Itek

Kuliner ini memiliki nama yang unik, yang sebenarnya terjemahan dari nasi gulai bebek. Tentu bahan utama dari masakan ini berupa bebek yang terkenal dengan daging yang enak. Selain itu, perpaduan rempah-rempah khas Aceh menjadikan kuliner ini penting untuk dijadikan daftar menu favorid. Kuah kare juga memberikan sesuatu yang berbeda dari kuliner khas kota serambi mekah ini. Makanan khas ini dapat kamu jumpai di seluruh sudut kota. Tentu dengan rasa dan kenikmatan yang tetap sama. Bagi kamu yang berkunjung ke Aceh kurang pas kalau tidak menikmati kuliner Bu Sie Itek.

4Ayam Tangkap

Kuliner khas Aceh berikutnya adalah ayam tangkap. Masakan yang berbahan dasar ayam ini begitu nikmat disanding dengan bumbu cabe hijau, daun pandan yang harum, dan daun kari. Ayam yang dipotong-potong akan mempermudahkan kamu untuk menikmati. Tanpa perlu susah-susah untuk memotong secara mandiri/sendiri. Potongan ayam ini begitu lembut dan empuk sehingga menambah kenikmatan ketika menyantapnya. Jenis ayam yang digunakan juga spesial, yaitu menggunakan ayam tangkap atau kampung. Sehingga, tidak salah jika disebuat sebagai masakan ayam tangkap. Terpenting rasa yang nikmat dan lezat yang menjadikan kamu lupa diri.

5Nasi Gurih

Kuliner khas Aceh berikutnya adalah nasi gurih. Nasi ini memang tidak jauh berbeda dengan nasi uduk. Rasa gurih merupakan hasil dari proses memasak dengan santan kelapa. Dipadukan dengan rempah-rempah khas Aceh yang akan meningkatkan level kelezatan. Selain itu, lauk seperti telur dadar, ikan goreng, ikan lado, dan sayuran lainnya yang akan semakin menambah lahap makan kamu. Aroma wangi dari nasi gurih juga menjadi ciri khas yang lain dari pada lainnya.

6Mie Aceh

Kuline ini begitu populer di Aceh. Bahkan tidak saja orang lokal, mancanegara pun telah mengenal masakan khas ini. Selain rasa yang memang lezat, mie yang bercitarasa unik ini menarik untuk dinikmati. Mie ini tersedia dalam dua jenis yang akan membuat kamu tidak bosan untuk menikmatinya. Adapun variasi jenis mie itu berupa digoreng dan kuah. Tekstur mie yang kenyal, tebal, dan rasa yang unik akan membuat kamu untuk betah makan sebanyak mungkin.

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.