Situs Ratu Boko, Istana Tersembunyi di Jogja

0
3956
Situs Ratu Boko

Situs Ratu Boko merupakan salah satu situs peninggalan sejarah yang ada di Yogyakarta yang letaknya tidak jauh dari Candi Prambanan. Hanya saja, nama candi ini tidak seterkenal candi Prambanan yang ada di dekatnya. Banyak orang yang salah mengenali bahwa bangunan ini adalah candi, namun kenyataannya tidak begitu. Ratu Boko bukan merupakan sebuah candi melainkan sebuah istana yang megah pada masa kerajaan Hindu Buddha yang sempat menguasai nusantara. Bangunan ini memang hanya tinggal puing-puing batu saja tapi dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa situs ini bukan merupakan candi melainkan sebuah istana karena adanya plafon yang terbuat dari kayu.

sunset di Situs Ratu Boko jogja

Istana Ratu Boko ini didirikan pada masa Rakai Panangkaran yang merupakan keturunan Wangsa Syailendra. bangunan ini bukan merupakan istana utama tapi dibangun untuk dijadikan sebagai tempat menyepi yang ada di atas bukit. Nama asli dari istana ini adalah Abhayagiri Vihara yang artinya Bukit penuh dengan kedamaian. Di istana ini memang Anda bisa merasakan kedamaian dan ketenteraman jiwa karena pemandangan dan udaranya yang sangat sejuk. Dari bukit yang ada di istana ini Anda bisa menikmati pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian dan menikmati keindahan candi Prambanan dengan latar belakang gunung Merapi yang sangat indah.

Situs Ratu Boko jogja

Situs Ratu Boko ini mempunyai luas sekitar 250 ribu meter persegi dengan letak ketinggian 196 mdpl. Area istana ini terbagi menjadi empat bagian yaitu barat, tengah, timur, dan tenggara. Keempat area ini mempunyai keunikan tersendiri dengan bagian-bagian bangunan yang berbeda. Beberapa bagian bangunan yang ada di istana Ratu Boko ini di antaranya yaitu:

1. Gerbang Utama

Gerbang ini ada di daerah bagian barat dan terdiri dari dua buah gerbang yaitu gerbang kecil yang ada di luar dan gerbang besar yang ada di dalam bangunan. Gapura atau gerbang yang ada pada bagian dalam merupakan gerbang utama yang terdapat tulisan Panabwara. Pada saat itu Panabwara adalah keturunan Rakai Panangkaran penguasa istana ini.

2. Batu Putih

Bangunan ini ada di bagian timur situs dan merupakan tempat yang dulunya terbuat dari kayu dan berfondasikan batu kapur berwarna putih.

3. Paseban

Letak dari paseban ini ada di bagian barat atau masih dekat dengan gerbang utama. Paseban ini hanya terletak sejauh 45 meter dari gapura. Sisa-sisa bangunan ini adalah sebuah reruntuhan berundak yang mempunyai lebar 7 meter dan tinggi 1,5 meter serta panjang 28 meter. Tempat ini merupakan paseban untuk menghadap raja.

4. Pendapa

Letak dari pendapa istana Ratu Boko ini ada di bagian selatan istana, dimana pendapa ini terbuat dari batu andesit yang mempunyai luas 40 x 30 meter. Dulunya, tempat ini diperkirakan dijadikan sebagai ruang tamu luar yang digunakan untuk menyambut para tamu yang datang ke istana.

5. Keputren

Tempat ini merupakan sebuah bangunan persegi yang dindingnya terbuat dari batu dengan tinggi 2 meter. Di dalam bangunan ini terdapat kolam yang masih ada airnya dan diperkirakan dulunya tempat ini adalah tempat mandi para raja dan juga para wanita yang ada di kerajaan.

sunset di Situs Ratu Boko

Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta jangan lewatkan untuk mengunjungi istana Ratu Boko ini. Anda bisa melihat langsung puing-puing bangunan bekas istana yang megah dan berbagai prasasti yang ada dalam area istana ini. Kedamaian akan Anda dapatkan karena suasananya yang sangat nyaman dan sejuk, cocok untuk Anda yang sedang mencari ketenangan dari rutinitas padat di kota. Jangan lewatkan kunjungan ke situs Ratu Boko ini sampai sore hari karena menjelang senja Anda akan melihat pemandangan matahari terbenam atau sunset yang sangat indah.

Untuk biaya atau harga tiket masuk ke Situs Ratu Boko adalah Rp 7.000 per orang, jika anda membawa kendaraan, biaya parkirnya untuk motor sebesar Rp 1.500 dan Rp 5.000 untuk mobil. Untuk melihat sunset pun Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 75.000 per orang loh, cukup mahal sih tapi sebanding dengan keindahan panorama sunset dari tempat wisata bersejarah di Jogja satu ini. Kalau kamu ingin melihat sunset, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 75.000/orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.