Surga Lidah Nusantara yang Semakin Membuat Kamu Bangga

0
418

Siapa yang tidak terkagum ketika berada di Indonesia. Berjalan-jalan di pantai akan menemukan keindahan tiada duaanya. Naik ke gunung pun demikian,  tentu tidak saja gunung ada juga kawah yang tentu akan memanjakan mata kamu.  Berbagai flora dan fauna khas Indonesia akan menyambut kamu dengan penuh kelembutan.

Tetapi jangan beranjak bangga dulu sebelum mengetahui akan kuliner nuntara yang memang tak terkalahkan soal rasa. Bahkan rendang menjadi salah satu kuliner terenak yang ada di dunia. Tentu tidak saja rendang Indonesia memiliki deretan kuliner yang menggugah selera makan kamu. Untuk itu, artikel berikut akan membahas kuliner nusantara.

1Soto Lamongan

Kuliner nusantara khas Lamongan ini memang begitu menjadi idola masyarakat sekitar. Bahkan menjadi salah satu ikon dari kota Lamongan. Kuliner ini terbuat dari campuran bahan berupa bawang putih, kemiri, keumbar, mrica, dan kunyit. Bumbu khas yang membuat soto Lamongan istimewa. Selain ittu, kuah dari soto yang berwarna kuning dengan perpaduan suwiran ayam, irisan koll, tomat, daun bawang, dan rebusan telur akan menggugah selera makan kamu.  Jangan khawatir ketika ke Lemongan akan kesulitan menemukan kuliner ini karena berbagai warung makan selalu menyediakan. Dijamin liburan kamu akan jauh bernilai. selain itu, cita rasa memiliki kemiripan dengan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

2Tiwul Pacitan

Kuliner nusantara berikutnya berasal dari kota kelahiran SBY, yaitu pacitan. Adapun makanan khas ini terbuat dari singkong. Di Pacitan memang terkenal hasil singkong ini. Karena begitu melimpah itulah masyarakat membuat menjadi kuliner yang begitu spesial. Singkong yang telah di keringkan, direndam, dan digiling hingga halus. Setalah itu dimasak dengan cara di kukus. Cara dikukus inilah yang masih begitu tradisional dan tentu menjaga akan nutrisi dalam kandungan singkong. Tiwul di Pacitan disajikan dengan olahan lainnya. Adapun olahan itu berupa ikan bakar, urap, dan tempe goreng serta tahu goreng. Kuliner ini akan jauh lebih nikmat sembari menikmati keindahan pantai Klayar. Kuliner ini memiliki kesamaan dengan mencicipi surga lidah kuliner bumi reog ponorogo.

3Ayam Tangkap

Kuliner nusantara ini memang unik dari soal nama. Karena ayam tangkap sesungguhnya kuliner ini berbahan dasar dari ayam kampung. Ayam yang memang terkenal enak dan gurih ini menjadikan kuliner ini begitu menggoda. Dalam proses memasak kuliner Aceh ini berbahan dasar cabe hijau, daun pandan, dan daun serai. Perpaduan inilah yang begitu membuat ayam tangkap selalu dinantikan. Ayam di potong-potong dan di masak dengan berbagai bumbu yang telah di siapkan. Nasi hangat akan menjadi teman makan yang ciamik. Dijamin rasa yang disajikan indah di lidah kamu.

4Tahu Gimbal

Kuliner Nusantara ini berasa dari Semarang. Tahu Gimbal merupakan olahan yang memiliki perpaduan antara udang dan suwiran sayuran lainnya. Selain itu, dalam penyajian terdapat potongan lontong, koll, dan siraman bumbu kacang. Bumbu kacang khas Semarang inilah yang tentu semakin bersemangat kamu untuk menikmatinya.

5Sate Serepeh

Mendengar kuliner sate tentu kamu akan terbawa ke sate Madura. Namun, tidak saja di Madura. Sate juga terdapat di Rembang. Menjadi pembeda sate ini terbuat dari ayam dan kambing. Meskipun demikin sate ini berciri khas Rembang yaitu kuah santan dan sambalnya. Rasa gurih yang dihasilkan santan dan dipadukan dengan bakaran daging yang pas membuat siapa saja yang menikmati akan ingin nambah kembali. Rasa yang enak dari sate serepeh ini begitu nikmat ketika dinikmati sembari melihat pemadangan kota rembang yang menawan. Dijamin liburan kamu akan jauh berkesan. Rasa sate ini memiliki kesamaan mengintip dapur kuliner super lezat khas demak.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.