Tak Perlu ke Belize Cave Tubing, Di Jogja Kini Ada Goa Pindul

0
2652
Keindahan Goa Pindul di Jogja
Keindahan Goa Pindul di Jogja

Berbicara soal Jogja, selain membludaknya pelajar dari berbagai daerah, juga akan terlintas beberapa destinasi wisata yang cukup menarik untuk disimak. Begitu juga dengan Gunung Kidul, adalah kabupaten yang terdapat di Provinsi Yogyakarta. Disana juga akan banyak dijumpai sejumlah obyek wisata yang tidak akan habis dikunjungi hanya dalam waktu singkat. Memang, selama ini yang mengemuka dari beberapa tempat merefleksikan saraf-saraf pikiran yang mulai menegang di Wilayah Gunung Kidul adalah pantai. Namun selain pantai, ternyata Gunung Kidul juga menyimpan sebuah goa yang tidak pernah sepi dari pengunjung, masyarakat setempat menyebutnya Goa Pindul.

Goa Pindul di Jogja

Di kawasan Gunung Kidul menyimpan beberapa wisata pantai yang begitu menawan, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Bahkan, wisata pantai disana jumlahnya sangat banyak sekali, karena menyisir sisih selatan Kabupaten Gunung Kidul sama artinya menelusuri keelokan pantainya. Wisata alam seperti goa alami dan air terjun juga tak kalah menarik untuk sekalian disinggahi.

Letak dan Cara Mencapai Goa Pindul

Belize Cave Tubing
Belize Cave Tubing, Wisata yang mirip dengan Goa Pindul di Jogja

Jika anda pernah dengar atau mengetahui Belize Cave Tubing, goa pindul ini sangat mirip dengan tempat wisata yang terkenal dari luar negeri tersebut. Wisata goa pindul tepatnya terletak di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Goa ini sangat cocok Anda kunjungi bersama keluarga, sahabat maupun sahabat-sahabat Anda. Namun liburan akan sangat menarik dan membekas jika dalam mengunjungi goa yang terletak di Dusun Gelaran tersebut Anda lakukan bersama kawan-kawan Anda.

Karena selain lokasinya yang tidak dapat ditempuh secara langsung dengan kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor, untuk masuk ke tempat tujuan biasanya juga dibatasi atau dikelompokkan sekitar 10 pengunjung. Hal ini tergantung tingkat keramaian obyek wisata. Namun sepertinya obyek yang satu ini tidak pernah sepi dari wisatawan, sehingga untuk memasukinya tetap akan dikelompokkan setiap 10 pengunjung.

Menyusur Keindahan The Pindul Cave

Keindahan Goa Pindul di Jogja
Keindahan Goa Pindul di Jogja

Keindahan Goa satu ini memang tidak bisa disusuri dengan asal begitu saja, terdapat rute khusus yang wajib diketahui oleh para wisatawan agar tidak sampai tersesat. Selain itu, rute penyusuran juga berfungsi untuk membimbing wisatawan mencapai titik-titik terindah dari lorong dalam Goa Pindul. Suasana sejuk dan dingin khas goa klasik akan menyergap, berpadu bersama samar-samar desahan aliran sungai di bagian bawah goa yang akan menjadi daya tarik utama dari goa ini.

Untuk menelusuri Goa Pindul, pengunjung harus menyewa guide untuk membimbing perjalanan. Biasanya guide yang akan mengarahkan perjalanan Anda sebanyak dua orang, satu guide berada di depan sebagai pemandu jalan, sedang satunya lagi berada di belakang Anda. Guide yang berada di belakang ini akan selalu mengawasi perjalanan Anda selama menelusuri goa. Sedangkan dalam menelusuri sisi gelap goa yang mempunyai panjang kurang lebih 350 meter ini, wisatawan dianjurkan untuk saling berpegangan satu dan yang lainnya. Hal ini ditujukan agar para wisatawan tetap menyatu hingga akhir perjalanan.

Keindahan Goa Pindul di Jogja

Sampai di bantaran sungai dalam goa, peralatan untuk menyusuri perut goa dengan menggunakan headlamp dan perahu karet rafting sudah siap menanti. Karena keunikan rafting di dalam goa inilah, istilah wisata dalam goa pipi kebendul (asal mula kata “pindul”) disebut juga dengan wisata cave rafting. Jika beruntung sampai di bantaran sungai bawah tanah pindul antara pukul 09.00 sampai 10.00 pagi, wisatawan bisa menikmati pancaran sinar matahari pagi yang membias dan memantul menyinari seluruh lorong sungai yang tampak gelap tersebut.

Tidak ada kata bosan apabila berwisata di Goa Pindul ini, karena dalam keseluruhan perjalanan wisata sungai bawah tanah yang memakan waktu hampir satu jam ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan goa purba yang sangat indah dengan dekorasi batu alam stalaktit juga stalakmit berpadu dengan aliran air yang tenang dan jernih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.