Tempat Wisata di Banjarmasin Yang Wajib Dikunjungi

0
1092

Bagi masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama Banjarmasin. Sebab kota yang masuk bagian dari provinsi Kalimantan Selatan ini menjadi salah satu kota yang memiliki keistimewaan tersendiri. Kota yang terkenal sebagai pasar terapung ini banyak orang sangat berkeinginan bisa singgah dan menikmati beragam keistimewaan yang disuguhkan di dalamnya. Terlebih bagi kamu yang suka dengan dunia wisata. Banjarmasin salah satu kota yang sangat rekomended untuk melampiaskan perjalanan wisatamu. Lokasi wisata yang Banjarmasin tidak kalah dengan tempat wisata di Padang yang wajib dikunjungi. Tersedia beragam tempat wisata yang di Indah di kota yang satu ini. Tidak heran jika kemudian kota yang mendapat julukan sebagai ‘Kota Seribu Sungai’ sebagai lokasi incaran para wisatawan yang hendak melakukan perjalanan wisata yang menyenangkan. Bagi kamu yang memiliki waktu libur yang singkat, tentunya penting memilih tempat-tempat yang rekomended di Banjarmasin untuk menyesuaikan waktu liburan kamu. Berikut artikel ini menawarkan beberapa tempat yang sangat rekomended di Banjarmasin yang dapat kamu kunjungi ketika musim liburan.

1Taman Siring Martapura

Berada jalan Jendral Sudirman dan Jalan Kapten Tandean, Taman Siring Martapura ini bisa kamu jadikan lokasi wisata yang menarik di Banjarmasin. Sesuai julukannya ‘Kota Seribu Sungai’ taman ini pun berada di tepian sungai. Namun meski pun begitu tidak membuat lokasi wisata ini dianggap murahan atau biasa-biasa saja. Sebab taman yang ramai ketika sore hari ini memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri. Keunikan inilah yang akan membuat perjalananmu akan sangat menyenangkan. Di lokasi ini kamu bisa menyaksikan atraksi jukung, yakni perahu khas Banjarmasin. Selain itu bagi kamu yang sangat hobi dengan dunia memancing, kamu pun bisa melakukannya di taman yang satu ini. Terlebih yang memperlengkap kecantikan lokasi ini, di sekeliling sungai terdapat sebuah hamparan pemandangan yang indah. Sekaligus Taman Siring Martapura ini bisa dijadikan engle foto yang cantik.

2Museum Wasaka

Bagi kamu yang ingin berwisata namun tidak sekadar berwisata, melainkan ada sampinganya yang bermanfaat. Kamu bisa mengunjungi Museum Wasaka yang berada di Jalan H. Andir, Kampung Kenang Ulu. Di tempat wisata ini kamu bisa belajar banyak hal di dalamnya. Museum yang dibangun dengan arsitektur rumah adat Banjarmasin yang berbentuk panggung dengan atap tinggi ini terdapat banyak koleksi foto, mesin ketik, senjata untuk melawan penjajah, dan seragam perjuangan, serta senjata api milik Belanda yang berhasil dirampas. Melalui benda-benda tersebut kamu bisa membayangkan suatu basa beberapa tahun ke belakang, mengenai perjuangan masyarakat kita untuk melawan para penjajah. Tidak hanya itu, di dalam museum ini juga terdapat teks proklamasi yang dibuat pada tanggal 17 Masehi 1945. Teks ini yang sekaligus mengajarkan akan perjuangan yang amat besar. Sebab awalnya Kalimantan tidak masuk bagian dari NKRI, namun masyarakat Kalimantan tetap berjuang menjadi bagian dari NKRI. Begitu banyaknya pengetahuan yang diajarkan di dalam museum ini, sehingga jangan sampai kamu lewatkan untuk dikunjungi ketika berada di Banjarmasin. Keindahan lokasi wisata ini memiliki kemiripan dengan tempat wisata di Palembang yang wajib dikunjungi.

3Pulau Kembang

Pulau Kembang menjadi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi selanjutnya ketika berada di Banjarmasin. Sebab lokasi yang satu tidak kalah menarik dibandingkan dengan lokasi wisata lainnya yang ada di Banjarmasin. Wisata Pulau Kembang merupakan wisata sebuah pulau yang berada di tengah Sungai Barito. Tempat wisata ini dikenal sebagai tempat habitatnya beragam jenis monyet serta beragam jenis burung. Meski pun begitu, bagi kamu yang ingin mengunjungi lokasi ini tidak perlu khawatir. Selama kamu berhati-hati dan mematuhi aturan yang diberikan maka kamu akan tetap aman-aman saja.  Menarik dari lokasi wisata yang satu ini adalah terdapat sebuah kuil dan altar yang berbentuk monyet putih. Dijamin lokasi wisata ini akan membuat sensasi perjalanan wisata kamu akan sangat menyenangkan. Keindahan wisata ini mirip dengan tempat wisata di Medan yang wajib dikunjungi.

4Masjid Sultan Suriansyah

Setelah puas melakukan perjalanan ke beragam tempat wisata di Banjarmasin, dan ingin menenangkan diri sejenak. Bagi kamu yang beragama Islam Masji Sultan Suriansyah ini menjadi pilihannya. Sebab masjid yang dibangun pada tahun 1526-1550. Masjid ini merupakan masjid tertua yang ada di Banjarmasin. Masjid ini dibangun dengan arsitektur uni, yakni khas rumah panggung dengan atap tumpang, serta dilengkapi dengan ukiran khas Kalimantan. Sehingga terlihat sangat menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.