Tempat Wisata di Pontianak Yang Wajib Dikunjungi

0
773

Jika mendengar kota Pontianak tentu akan teringat mengenai garis khatulistiwa. Sebab kota yang satu ini merupakan kota di dunia yang dilintasi garis khatulistiwa, yakni garis yang membelah dunia menjadi dua bagian yaitu bagian utara dan bagian selatan. Selain dilalui garis khatulistiwa, Pontianak juga dilalui oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Bahkan dua sungai ini menjadi iconnya kota Pontianak. Selain terkenal dengan dua hal itu, Pontianak juga terkenal sebagai kota wisata. Bahkan keindahannya tidak kalah dengan tempat wisata di Banjarmasin yang wajib dikunjungi. Ternyata banyak tempat wisata mewah yang tersuguhkan di Pontianak. Bagi kamu para wisatawan sudah sewajibnya mengagendakan perjalananmu menuju Pontianak. Belum tau mana saja tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Pontianak? Berikut dalam artikel ini akan mengulasnya untukmu.

1Wisata Tugu Khatulistiwa

Sebagai jalur lintas garis Khatulistiwa, untuk menandakan hal itu Pontianak mendirikan sebuah tugu Khatulistiwa. Tugu ini menjadi tugu kebanggaan warga Pontianak. Berjarak 3 km dari pusat kota. Tugu Khatulistiwa ini menarik untuk dijadikan tempat wisata. Di lokasi ini terdapat sebuah museum, yang di dalamnya berisi informasi mengenai garis tersebut. Selain itu juga terdapat juga toko souvenir yang menjual miniatur tugu khatulistiwa. Souvenir ini cocok buat oleh-oleh kamu. Lokasi wisata ini akan sangat ramai ketika tanggal 21-30 Maret atau 21-23 September. Sebab pada tanggal itu fenomena alam yang langka, dimana matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa, sehingga semua yang berada di atas garis tersebut tidak akan muncul bayangan. Untuk itu perlu perencanaan yang matang agar kamu bisa menyaksikan fenomena langka tersebut.

2Wisata Keraton Kadriah

Berada di jalur Tritura, Pontianak, wisata Keraton Kadriah ini wajib kamu kunjungi. Keraton yang konon dibangun pada tahun 1771 ini menyuguhkan kesan yang unik. Bangunan yang didominasi dengan warna kuning ini keseluruhannya terbuat dari kayu belian, yakni kayu Kalimantan yang memiliki julukan kayu besi karena kekuatannya. Di sini kamu tidak sekadar berwisata, melainkan sekaligus belajar banyak hal. Di halaman keratin ini terdapat sebuah meriam kuno, yang konon adalah peninggalan Jepang dan Portugis. Selain itu di dalam keraton ini kamu juga akan mendapatkan foto-foto sultan dengan permaisuri, pakaian sultan berbagai model dan sebuah al-quran yang ditulis langsung oleh tangan Sultan Syarif Abdurrahman Alqarie.

3Wisata Pantai Pasir Panjang

Bagi kamu yang suka menikmati nuansa pantai. Pantai Pasir Panjang ini bisa menjadi solusinya. Pantai yang berada di Kecamatan Tujuhbelas atau sekitar 17 km dari kota Singkawang ini memberikan kesan keindahan tersendiri. Pasir putih, air yang jernih dan deretan pohon menjadi komposisi lengkap yang membuat pantai ini wajib untuk kamu kunjungi ketika berada di Pontianak. Selain itu di pantai ini kamu bisa menikmati fasilitas lain yang ada, seperti memancing, bermain bola voli, berenang dan berselancar. Dijamin bagi kamu yang hendak melepaskan penat dari aktivitas sehari-hari, di pantai ini bisa menjadi solusinya. Keindahan lokasi wisata yang satu ini mirip dengan tempat wisata di Manado yang wajib dikunjungi.

4Wisata Museum Kalimantan Barat

Bagi kamu yang menginginkan berwisata tetapi tidak sekadar berwisata Museum Kalimantan Barat yang satu ini bisa kamu jadikan pilihannya. Sebab di lokasi ini sekaligus kamu bisa belajar. Museum yang memiliki nama lain Museum Pontianak ini menjadi salah satu lokasi wisata yang sangat rekomended di Pontianak. Berada di Jalan Ahmad Yani, museum ini sedikitnya dibagi menjadi tiga bagian sesuai dengan koleksi yang ada di dalamnya. Adapun beberapa koleksi yang ada didalamnya seperti koleksi artefak Kalimantan Barat, koleksi benda kerajaan, koleksi kerajinan seni, koleksi suku kebudayaan suku dayak dan koleksi keramik yang berasal dari Cina. Di jamin di lokasi ini kamu akan menemukan pengetahuan baru yang begitu berharga. Bahkan keindahan yang ada di tempat wisata yang satu ini tidak kalah dengan tempat wisata di Palembang yang wajib dikunjungi.

5Wisata Masjid Jami Pontianak

Lelah melakukan perjalanan wisata di Pontianak, dan hendak menenangkan diri lebih dalam. Bagi kamu yang beragama Islam bisa mengunjungi Masjid yang satu ini. Di sini kamu bisa melakukan ibadah dengan khusyuk dan tenang. Masjid yang dikenal dengan Masjid Sultan Syarif Abddurrahman ini merupakan saksi berdirinya kota Pontianak. Sehingga masjid ini begitu berharga bagi warga Pontianak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.