Tempat Wisata di Samarinda Yang Wajib Dikunjungi

0
1837

Kalimantan, selain dikenal dengan tanahnya yang subur, juga dikenal sebagai tempat wisata yang indah. Samarinda salah satunya, kota yang merupakan ibu kota dari Provinsi Kalimantan Timur ini memiliki sejuta tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Terlebih bagi kamu para wisatawan yang ingin mengincar perjalanan wisata yang mengesankan. Samarinda ini bisa jadi pilihannya. Beragam tempat wisata yang ada di Samarinda dijamin akan membuat kesan lebih ketika kamu bisa singgah di sana. Bahkan keindahannya tidak kalah dengan tempat wisata di Balikpapan yang wajib dikunjungi. Mengenai kenyamanan, fasilitas wisata, dan banyak lainnya akan kamu dapatkan di sini. Penasaran? Dan ingin langsung merasakan beberapa tempat wisata di Samarinda?. Berikut beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi di Samarinda.

1Air Terjun Tanah Merah

Lokasi pertama yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Samarinda adalah Air Terjun Tanah Merah. Lokasi wisata yang satu ini berada di  Dusun Purwosari, Kecamatan Samarinda. Berjarak sekitar 14 km dari pusat kota. Air Terjun Tanah Merah ini menjadi lokasi wisata idaman di Samarinda. Sebab di sini kamu akan disuguhkan dengan kecantikan air terjun yang tergolong unik. Keunikan ini terlihat dari airnya, ketika mengalir dari ketinggian, air terjun ini terlihat sangat jernih, namun ketika sudah berada di bawah airnya berubah menjadi keruh. Selain keunikan air terjun ini, di sekeliling air terjun terdapat gazebo yang dapat kamu gunakan untuk bersantai dan menikmati keindahan di seklilingnya. Terlebih lagi terdapat juga beberapa warung makan yang bisa menambal rasa lapar kamu.

2Desa Budaya Pampang

Indonesia memang terkenal akan potensi budayanya, banyak beragam budaya yang lahir di Indonesia, salah satunya budaya yang ada di Samarinda yang satu ini. Di Desa Budaya Pampang, sebuah desa yang di dalamnya menyuguhkan sebuah kebudayaan suku Dayak Kenyah. Di sini kamu bisa menyaksikan langsung bagamana budaya tersebut berlangsung. Desa ini sudah sangat terkenal, tidak hanya di Indonesia, warga luar negeri pun sudah sangat mengenalnya. Bahkan desa ini banyak dijadikan objek sebuah penelitian kebudayaan. Ketika prosesi kebudayaan berlangsung kamu bisa menyaksikan seluruh warga desa mengenakan pakaian adatnya. Selain itu kamu juga bisa belajar kebudayaan yang satu ini. Keindahan lokasi wisata yang satu ini tidak kalah mewah dengan tempat wisata di Padang yang wajib dikunjungi.

3Kebun Raya Umbul Samarinda

Berjarak 10 km dari pusat Kota Samarinda, Kebun Umbul Raya ini bisa menjadi tempat wisata selanjutnya yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Samarinda. Sebuah tempat wisata hutan pendidikan, milik salah satu universitas ternama di Samarinda. Meskipun begitu terbuka untuk masyarakat umum. Siapapun bisa mengunjungi lokasi wisata yang satu ini. Di dalamnya terdapat kebun binatang mini serta museum kayu. Sehingga kamu bisa mengenal beragam jenis kayu yang ada di Kalimantan serta danau yang cukup besar. Sehingga kamu bisa naik perahu dan mengelilingi danau tersebut.

4Pulau Kumala

Pulau Kumala menjadi tempat wisata selanjutnya yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Samarinda. Berlokasi di tengah Sungai Mahakam, yang konon pulau ini terbentuk dari endapan lumpur sungai. Jika disaksikan dari kejauhan, danau ini mirip seperti perahu terbalik. Banyak yang mengatakan Pulau Kumala ini mirip dengan Taman Mini Indah yang ada di Jakarta. Pulau Kumala ini sangat menarik, sebab di dalamnya menggambarkan budaya Kalimantan mulai dari bangunan adat. Kemewahan Pulau Kumala ini memiliki kemiripan dengan tempat wisata di Medan yang wajib dikunjungi.

5Kampung Tenun Samarinda

Kampung tenun Samarinda menjadi lokasi selanjutnya yang tidak boleh kamu tinggalkan. Di kampung ini kamu akan diberikan kesan wisata yang unik, menarik dan menyenangkan. Sebab Samarinda juga terkenal dengan seni tenunnya. Sebagai oleh-oleh kamu bisa membeli kain tenun khas Samarinda yang bermotif kotak-kotak yang begitu cantik. Selain dapat membeli kain di Kampung Tenun ini kamu juga bisa menyaksikan langsung proses pembuatan kain tenun tersebut. Pembuatan kain tenun di sini masih menggunakan alat sederhana, sebab untuk mempertahankan alat tradisional yakni ‘gedokkan’.

6Masjid Islamic Center Samarinda

Bagi kamu yang beragama Islam tentu jangan sampai lewatkan lokasi wisata yang satu ini, yakni Masjid Islamic Center Samarinda. Masjid yang dibangun pada tahun 2001 ini menjadi salah satu wisata religi yang ada di Samarinda. Di lokasi ini kamu akan disuguhkan arsitektur bangunan yang begitu mewah, selain itu juga kamu bisa melaksanakan ibadah dengan khusyuk, bak berada di istana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.