Tempat Wisata di Solo Yang Wajib Dikunjungi

0
973

Bagi kebanyakan orang tentu sudah tidak asing lagi degan Kota Solo. Terlebih bagi kamu para pencinta wisata, sebab kota yang masuk bagian Jawa Tengah ini menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki potensi wisata yang bagus. Tidak saja terkenal dengan sejarah yang masih kental, Solo juga terkenal dengan beragam tempat wisata yang disuguhkan di dalamnya. Bahkan keindahannya tidak kalah dengan tempat wisata di Garut yang wajib dikunjungi. Tidak heran jika kemudian kebanyakan orang sangat berharap bisa datang ke Solo dan bisa menikmati keindahan di dalamnya. Sebab berkunjung ke Solo bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Bahkan akan menjadi kesan yang tidak pernah dilupakan seumur hidup. Wisata sejarah, alam dan lainnya akan kamu jumpai di kota yang satu ini. Di jamin siapa pun yang datang akan dibuat kagum, dan dibuat jenak untuk tidak sesaat menikmati kota Solo. Penasaran mana saja tempat-tempat wisata yang cantik di Solo? Berikut artikel ini akan mengenalkannya kepadamu.

1. Wisata Gerojogan Sewu Tawangmangu

Lokasi wisata pertama yang sangat rekomended kamu kunjungi ketika berada di Solo adalah Gerojogan Sewu. Wisata yang satu ini sudah sangat memasar ditelinga banyak orang. Di lokasi wisata ini kamu akan disuguhkan sebuah air terjun yang indah dengan ketinggian kurang lebih 80 meter. Berjarak 37 kilometer dari pusat Kota Solo, membuat lokasi ini sangat menarik untuk dikunjungi. Sebab air terjun ini disinyalir sebagai air terjun tertinggi yang ada di Jawa Timur. Kamu tidak sekadar disuguhkan air terjun saja, melainkan bentangan alam di sekitarnya juga bisa menjadi pelengkap kecantikan lokasi ini. Terlebih suasana sejuk yang menyelimuti, menjadi Gerojogan Sewu begitu nyaman untuk dinikmati. Ketika musim kabut, kamu akan merasa berada di sebuah bongkahan es. Sebab kabut akan turun dan menutupi sebagian tempat wisata. Lokasi wisata ini akan sangat ramai di hari liburan. Sebab banyak berburu suasana santai dan rileks setelah melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari yang begitu padat. Keindahan lokasi ini tidak kalah dengan tempat wisata di Makassar yang wajib dikunjungi.

2. Wisata Keraton Surakarta

Sudah tidak asing lagi dengan lokasi wisata yang kedua ini. Keraton Surakarta, memang menjadi keraton yang masih begitu agung di Indonesia. Di sini kamu tidak sekadar berwisata, melainkan kamu bisa belajar banyak hal mengenai Solo. Bangunan yang konon didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhan Pakubuwana II ini masih sangat kental akan budayanya. Sehingga Keraton Surakarta ini banyak yang mengincarnya sebagai lokasi wisata budaya yang spesial di Kota Solo. Tidak hanya dari dalam negeri, warga luar negeri pun juga sangat tertarik dengan lokasi wisata yang satu ini. Untuk itu jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi Keraton Surakarta ini ketika berada di Solo. Sebab kurang lengkap perjalananmu di Solo ketika belum mengunjungi Keraton ini.

3. Wisata Taman Sriwedari

Bagi kamu para pencinta sejarah, lokasi yang satu ini wajib kamu kunjungi. Sebab Taman Sriwedari ini menjadi objek wisata sejarah selanjutnya yang ada di Solo. Berada di daerah Laweyan, Solo Taman ini sangat menarik untuk dikunjungi. Taman yang sudah ada sejak kepemipinan Pakubuwono X ini memang menjadi aktivitas masyarakat. Di sini kamu bisa belajar beberapa kebudayaan klasik yang ada di Solo. Sebab di beberapa area Taman Sriwedari terdapat gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO) yang digunakan sebagai lokasi pertunjukan wayang orang. Taman ini juga menjadi pusat hiburan seni, dan budaya masyarakat Solo dan sekitarnya. Sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Terlebih bagi kamu para generasi yang masih awam dengan kebudayaan yang ada di Indonesia, wajib rasanya mengunjungi lokasi ini agar tidak ketinggalan kekayaan budaya yang ada di negerinya sendiri. Keindahan lokasi wisata ini mirip dengan tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi.

4. Wisata Taman Balekambang

Selain Tama Sriwedari, tempat wisata selanjutnya yang wajib kamu kunjungi di Solo adalah Taman Balekambang. Bagi kamu yang mengincar suasana asri dengan rindahnya pepohonan serta nuansa yang sejuk, kamu bisa datang ke Taman Balekambang ini. Berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Solo taman seluas sekitar 10 hektar ini menyuguhkan keistimewaannya tersendiri. Di taman ini kamu bisa melihat tanaman-tanaman langka yang ada di Indonesia, serta kolam yang berisi perahu-perahu hias yang memperlengkap lokasi wisata ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.