Trevelling ke Jambi, 5 Masakan Ini Wajib Dicoba

0
953

Jambi kota indah yang merupakan provinsi dari Jambi itu sendiri.  Sebuah kota yang dibelah dengan sungai Batanghari ini memang asyik dikunjungi. Keramahan masyarakat akan menjadi nilai lebih ketika Kamu berkunjung. Tidak saja keramahan yang menjadikan nilai lebih tetapi, juga keeksotisan alam yang begitu memesona. Selain itu, yang tidak kalah istimewa adalah kuliner khas Jambi. Sebuah hasil kreasi tangan kreatif masyarakat yang dipadukan dengan rempah-rempah khasnya yang dijamin nendang di lidah.

Kuliner istimewa ini tentu memiliki perbedaan dengan daerah lainnya. Karena memang setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Untuk itulah, ketika Kamu berkunjung ke Jambi dijamin rasa kuliner ini akan begitu membekas. Tentu Kamu penasaran akan kuliner itu? Sebagai rekomendasi berikut akan kami bahan kuliner khas Jambi yang sulit untuk dilupakan.

1Nasi Gemuk

Kuliner khas Jambi pertama ini memang begitu spesial. Sebab nasi ini bukan nasi pada umumnya yang berada di masyarakat. Melainkan sebuah nasi yang memiliki kemiripan dengan nasi uduk. Dalam pembuatannya nasi ini berbahan dasar beras, santan, daun pandan, daun salam dan daun jeruk. Perpaduan inilah yang membuatnya begiru spesial. Karena selain memiliki rasa yang enak, juga ada bau harumnya. Selain itu, dalam nasi gemuk ini juga ada pelengkapnya. Adapun pelengkap itu berupa telur rebus, kacang goreng, bawang goreng dan sambal. Tidak kalah menarik kuliner ini memiliki kesamaan dengan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

2Tempoyak

Kuliner Jambi ini bukan makanan utama melainkan sebagai pelengkap. Meskipun demikian jangan disepelekan karena memang rasa yang disajikan tidak ada duanya. Kuliner ini berbahan dasar buah durian. Buah ini telah difermentasikan sehingga sangat cocok untuk dijadikan lauk nasi. Tentu Kamu yang suka durian akan semakin bersemangat dalam menikmtinya. Selain itu, terdapat sambal yang akan memberikan rasa berbeda, yaitu pedas dan manis dari buah durian. Dijamin Kamu akan kangen ketika pertama kali mencicipinya. Selian itu, kuliner ini memiliki kesamaan dengan kuliner teristimewa khas bali yang memanjakan lidah anda.

3Kue Burgo

Kue memang sudah menjadi makanan yang tidak asing lagi bagi masyarakat kita. Berbagai variasi ada dan hadir ditengah-tengah kita. Kue Burgo yang berasal dari Jambi ini berbeda dengan kue pada umumnya karena berbahan dasar tepung terigu dan sagu. Kue ini memiliki kemiripan dengan kue dadar gulung. Sedangkan untuk tekstur lebih kenyal, lembut, dan tentu rasa yang begitu nikmat. Tentu untuk Kamu yang berkunjung ke Jambi kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner ini.

4Gulai Tepek Ikan

Mendengar gulai tentu yang terbayang adalah gulai kambing. Namun, di Jambi terdapat gulai yang berbahan dasar ikan, yaitu gulai tepek ikan. Jenis makanan ini memang telah melegenda di masyarakat karena telah ada sejak dahulu. Untuk bahan yang digunakan berupa ikan gabus yang terkenal banyak dagingnya. Gulai ini sering disajikan di acara-acara penting seperti pernikahan. Sehingga, sudah kebayang bagaimana akan menggodanya kuliner ini.

5Sup Tulang

Kuliner Jambi sup tulang memang terdengar aneh bagi kita. Karena tulang biasanya hanya dibuang saja karena memang tidak begitu benyak yang menyukai dan binggung untuk dijadikan makanan apa. Bagi masyarakat Jambi tulang dapat menjadi kuliner yang menggoda lidah, yaitu sub tulang. Sup ini memang memuliki kemiripan dengan sup iga. Menjadi pembeda adalah racikan bumbu yang dipadukan. Jangan membayangkan ketika mekan sub ini hanya tulang saja yang disajikan. Tentunya tidak ada daging yang masih melekat. Dengan begitu sesah payah untuk mengigit daging yang menjadikan sensasi berbeda dari kuliner ini. Selain itu, Kamu terdapat nasi yang menjadi pelengkap dalam kuliner ini. Selain itu, ketika menikmati makanan ini sepadan dengan memanjakan lidah dengan kuliner khas ambarawa yang ngegenin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.