Menjelajahi 5 Pulau di Karimunjawa, Eksotisme Wisata Terbaik Jawa Tengah

0
43

 

Karimun jawa merupakan salah satu kepulauan yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Secara administratif, Kepulauan Karimunjawa termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini ternyata sudah ditetapkan sebagai Taman Nasional dengan pemandangan air laut biru dan berbagai kekayaan terumbu karang yang dimilikinya. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu akan dimanjakan dengan deburan ombak air laut yang jernih, dengan hawa segar khas pesisir dengan angin bertiup sepoi-sepoi.

Asal kamu tahu ya, nama karimunjawa jika berasal dari bahasa Jawa ‘kremun’ yang memiliki arti samar-samar atau kabur. Nama ini disandangkan untuk Kepulauan Karimun karena memang jika dilihat dari Jawa tampak samar-samar dan kabur. Hal ini dikarenakan letaknya yang cukup jauh dari daratan Jawa. Untuk menuju ke sana kamu memerlukan waktu empat sampai enam jam menggunakan kapal cepat dari dermaga Jepara ataupun dari pelabuhan Semarang. Meski jarak terpaut jauh, namun kamu akan dibayar dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Eksotisme Kepulauan Karimunjawa akan membuat kamu rindu untuk mengunjungi tempat ini lagi. Langsung saja, kita simak tempat wisata berikut yang wajib kamu kunjungi.

1Pulau Menjangan Kecil

Wisata Karimunjawa menempati posisi pertama dan menjadi idola para wisatawan yang gemar snorkeling dan menyelam. Di Pulau Menjangan Kecil inilah kamu dapat snorkeling dan menjamah terumbu warna-warni dengan aneka keindahan ikan-ikan kecil. Tempat wisata ini sering disebut dengan ‘Spot MAER’. Namun bagi kamu yang tidak gemar menyelam kamu dapat bermain buih dan menikmati laut biru yang sangat eksotis. Kamu disarankan untuk berhati-hati ya, karena jika kamu menginjak karang di sini, kamu akan merusaknya. Karang di sini dilestarikan dan dikembangkan.

2Pulau Menjangan Besar

Tempat wisata karimunjawa yang kedua adalah Pulau Menjangan Besar yang pantas kamu jadikan untuk uji nyali dan adrenalin. Karena kamu akan merasakan sensasi berenang di perairan yang digunakan untuk penangkaran Hiu. Seperti apa ya? gak kebayang deh, namun bagi kamu yang ragu-ragu disarankan untuk menikmati view di pulau ini. Sebenarnya, Hiu yang ada di penangkaran ini sangat bersahabat dengan pengunjung. Banyak wisatawan yang berfose dengnan hiu di sini. Para petugas juga akan mendampingi kamu kok, jadi kamu tidak usah takut deh. Jadi tunggu apalagi, kalau kamu memang mengaku punya nyali besar cobalah spot wisata di pulau ini.

3Pulau Cemara Besar

Tempat wisata selanjutnya adalah wisata yang di dalamnya terdapat banyak pohon cemara. Jadi kamu akan menikmati hawa sejuk dari pohon cemara yang ada disitulah. Keberadaan pohon cemara inilah yang menjadikan pulau ini dinamakan dengan Pulau Cemara. Di pulau ini kamu juga dapat melihat ikan hias yang beraneka ragam dengan keindahannya. Kamu juga dapat menikmati terumbu karang yang masih terjaga keasriannya dan juga penyu laut serta berbagai biota laut lainnya.

4Pulau Cilik dan Pulau Tengah

Tempat wisata selanjutnya di Karimunjawa adalah Pulau Cilik dan Pulau Tengah. Pulau ini berada di bagian timur Pulau Karimunjawa. Kamu dapat menuju ke lokasi ini dengan waktu tempuh selama dua jam menggunakan speed boat. Saat perjalanan menuju ke lokasi ini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan laut mengharu biru dan bermain dengan ikan lumba-lumba yang berenang di sekitaran perairan pulau ini. Pada saat pertengahan perjalanan kamu dapat melihat gundukan pasir yang biasanya akan terlihat jelas apalagi pas ketika air sedang surut.  Kamu dapat singgah sebentar untuk memainkan lensa kamu mengabadikan momen ini. gundukan pasit putih itu terletak di sebelah selatan Pulau Cilik.

5Pulau Geleang

Pulau yang bakal kamu kunjungi selanjutnya adalah Pulau Geleang. Di pulau ini kamu dapat menyantap ikan bakar bersama dengan keluarga, sahabat. Pulau Geleang merupakan wisata yang terletak di barat Pulau Karimunjawa. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang bersih, indah, dan cukup luas. Kamu dapat menjadikan tempat ideal ini sebagai aktivitas bermain voly panti, takraw dan sepak bola. Pulau ini termasuk tempat wisata yang menjadi idola dan paling sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun manca negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.