Wisata Kuliner Aceh Yang Wajib Kalian Coba

0
626

Berbicara tentang kota Aceh apa yang Kamu bayangkan. Monumen Tsunami, pantai yang indah atau kota serambi mekahnya. Tentu semua itu tidak salah dan memang ada di kota Aceh. Selain itu, Aceh juga mempunyai kuliner yang tidak kalah istimewa dengan daerah lainnya. Rempah-rempah khasnya membuatnya tiada dua soal rasa.

Kelembutan dan aroma yang menggoda akan membuat siapa saja terkesima ketika pertama kali mencobanya. Masyarakat yang kreatif dan cekatan dalam mengolah  berbagai bahan menjadikan nilai plus dalam masakan Aceh. Ingin tahu masakan apa saja di Aceh? Yuk simak artikel berikut sehingga kamu tidak kudet soal kuliner Aceh.

1Gulai Kambing

Masakan gulai tentu telah banyak dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia bahkan menjadi salah satu makanan favorid. Kalau berkunjung ke Aceh cobalah untuk menikmati kuliner yang satu ini. Sebab Kamu akan menemukan kuah yang kental, rasa rempah-rempah dengan bumbu cabai yang nendang di lidah. Sedangkan, untuk isian adalah daging kambing yang halus dan empuk ketika di gigit. Kambing yang digunakan bukan kambing sembarangan harus memiliki umur yang pas, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Sehingga, jelas untuk soal rasa pasti juara. Masakan ini tidak kalah dengan wisata kuliner depok yang wajib kalian coba.

2Sate Matang

Ketika mendengar olahan sate pasti yang terbayang sate Madura. Namun, di Aceh teradapat kuliner sate yang berkarakter. Sate jenis ini hampi sama dengan sate pada umumnya. Di bakar dengan dilumuri dengan bumbu di atasnya. Meskipun sama tetap ada perbedaan. Letak dari perbedaan ini adalah saus kacang dan bumbu kecapnya. Lebih istimewa lagi adalah kuahnya, yaitu kuah soto. Tentu Kamu penasaran akan kuliner ini? Kalau berkunjung ke Aceh menarik untuk di coba. Rasa yang disajikan mirip dengan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

3Ayam Tangkap

Kuliner Aceh selanjutnya adalah ayam tangkap. Kuliner jenis ini memang spesial di Aceh sebab menggunakan ayam kampung. Ayam yang telah disiapkan di potong-potong lalu di masak dengan cabai, daun pandan, dan daun kari. Aroma dari berbagai bumbu akan terasa ketika berada di dekat masakan ini. Seakan memanggil untuk segera menyantapnya. Ayam tangkap ini paling cocok disajikan dengan nasi putih dan es teh. Tentu semakin istimewa sembari menikmati keindahan kota Aceh.

4Nasi Gurih

Kalau berkunjung ke Aceh kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner yang satu ini, yaitu nasi gurih. Nasi ini memang rasanya gurih seperti namanya. Rasa ini merupakan hasil dari santan kelapa dan bumbu rempah-rempah lainnya. Aroma dan rasa yang gurih menjadikan masakan ini wajib Kamu coba ketika berkunjung ke Aceh. Selain itu, dalam kuliner ini ada perpaduan berbagai lauk, diantaranya telur dadar, ikan goreng, dan lauk lainnya.

5Mie Aceh

Kuliner yang satu ini wajib untuk dicicipi. Sebab merupakan masakan icon dari Aceh. Mie aceh ini sudah di kenal tidak saja masyarakat Indonesia tetapi juga mancanegara. Selain karena rempah-rempah yang kaya. Juga tekstur yang lembut dan kenyal dengan kuah kare gurih dan pedas. Mie ini akan nikmat dengan minuman khas aceh. Rasa pedas dari mie ini yang akan menyegarkan saat diminum dengan minuman khas aceh. Soal rasa tidak jauh berbeda dengan wisata kuliner lembang kekinian yang harus kalian coba.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.