Wisata Kuliner Balikpapan Yang Menggoyang Lidah

0
796

Balikpapan merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki luas 503,3 km persegi. Balikpapan sendiri berada di provinsi Kalimatan Timur dengan 22% penduduk asli Kalimantan Timur. Kota ini termasuk salah satu kota yang banyak dikunjungi wisatawan. Sebab di sana akan menemukan keindahan dari hutan lindung, monumen Jepang, monumen perjuangan rakyat, dan lain sebagainya.

Tidak saja itu, ketika berlibur ke Balikpapan akan disuguhi oleh keistimewaan dari masakan khasnya. Makanan atau kuliner inilah yang menjadikan nilai tambah bagi kota ini. Sekaligus sebagai wisata yang menjanjikan untuk mendapatkan banyak wisatawan. Kuliner khas dari Balikpapan ini beragam jumlahnya. Tentunya tidak kalah dengan wisata kuliner bangkok yang harus kalian tahu. Ingin tahu apa saja? Cermati artikel berikut ini sehingga Kamu semakin banyak ilmu kuliner.

1Mantau

Kuliner pertama Balikpapan ini sebenarnya berasal dari makanan khas Tinghoa. Kemudian mengalami proses pencampuran dengan masakan Balikpapan. Mantau ini sejenis roti yang mirip dengan bakpao. Perbedaannya kalau bakpao berisi cokelat, daging, dan isian lainnya. Kalau mantau asli roti itu sendiri, sehingga sangat jelas bagaimana akan citarasa yang disajikan. Tekstur yang lembut dengan dipadukan aroma yang menggoda akan memberikan kenikmatan tersendiri untuk Kamu yang mencicipinya. Terlebih dipadukan dengan teh hangat, semakin nikmat deh. Rasa yang disajikan mirip dengan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

2Amplang

Kuliner Balikpapan ini sekilas mirip dengan kemplang yang berasal dari Palembang. Namun, kedua jenis makanan ini jelas berbeda. Kalau kemplang berbentuk bulat-bulat, sedangkan amplang berbentuk lonjong. Olahan ini berbahan dasar ikan, ikan yang digunakan biasanya berupa ikan tenggiri, gabus dan belida. Aroma ikan akan begitu terasa ketika Kamu mengigitnya. Tekstur yang halus dan lembut akan memanjakan lidah. Olahan ini sangat cocok dijadikan pendamping ketika makan.

3Olahan kepiting

Kalau berkunjung ke Balikpapan cobalah untuk mencari olahan kepiting. Sebab olahan ini sangat populer bagi masyarakat sekitar. Kepiting yang digunakan juga kepiting berkualitas dan terkenal memiliki daging yang enak, yaitu  kepiting soka dan kenari. Kepiting ini biasa diolah menggunakan lada hitam, saus padang, saus tiram, tauco, mentega dan bumbu lainnya. Bumbu yang demikian dioleh dengan kepiting pilihan tentu rasa yang disajikan akan jauh lebih nikmat.

4Pisang Gapit

Olahan pisang ini terbilang istimewa sebab dalam proses memasaknya dengan digapit. Bahan baku yang digunakan adalah pidang gepok yang terkenal enak.  Dalam proses masaknya pisang ini awalnya di bakar hingga setengah matang. Langkah selanjutnya di gapit dan dibakat kembali hingga matang. Tidak sampai di situ, dalam penyajian ditaburi dengan gula merah, santan, dan juga potongan nangka. Dijamin rasa yang disajikan akan menggoda perut Kamu. Bumbu yang digunakan memiliki kemiripan dengan 5 kuliner pasuruan yang dirindukan ketika merantau. 

5Bubur Gunting

Nama masakan Balikpapan ini memang unik. Namun, jangan dibayangkan rasa yang dihadirkan juga unik atau tidak enak. Justru bubur ini banyak dicari oleh masyarakat sekitar. Bubur bahan yang digunakan sama dengan bubur lainnya, yaitu beras ketan. Sedangkan untuk nama gunting diambil dari proses memotongnya yang menggunakan gunting. Bubur ini dicampur dengan tepung ketan, air kapur sirih, garam, dan air daun suji. Adonan dari tepung ini kemudian di masak dengan santan, garam dan gula merah. Tekstur yang lembut dan halus begitu membuat Kamu menenangkan dan nyaman ketika ditelan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.