Wisata Kuliner Bangka Belitung Yang Harus Kalian Cicipi

0
1437

Apa yang Kamu bayangkan ketika berkunjung ke Bangka Belitung. Film Laskar Pelangi, pasti sosok film terfenomenal itulah yang akan terlintas dalam pikiran. Memang melalui film Laskar Pelangi itu Belitung banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain ingin menyusuri akan jejak film tersebut memang di sana memberikan keindahan yang tiada dua.

Ketika berkunjung ke Bangka Belitung jangan terpaku pada wisata alamnya saja. Wisata kuliner juga menarik untuk Kamu singgahi. Karena dengan kuliner inilah yang membuat tidak saja perut kembali terisi juga ada rasa yang tertinggal. Tentu rasa ini berupa jatuh cinta dengan masakan masyarakat Bangka. Pasti Kamu akan rindu dan tidak akan kuat kalau tidak kembali mencobanya. Penasaran akan kuliner Bangka Belitung yang bikin rindu dan tidak kalah enak wisata kuliner bangkok yang harus kalian tahu. Simak secara seksama artikel berikut.

1Lakso

Kuliner yang satu ini wajib dicoba ketika berkunjung ke Bangka Belitung. Tepung besar sebagai bahan utama selain banyak ditemukan juga terbilang pas dikantong. Masakan ini memiliki kemiripan dengan putu mayang. Namun, untuk soal rasa jelas berbeda. Selain itu, lakse juga terdapat perpaduan antara tepung beras, sagu dan santan kelapa. Cara penyajian dari lakso ini cukup menarik perhatian Kamu. Karena disajikan dengan sup gangan, yakni semacam kuah santan yang memiliki rasa ikan tenggiri yang mak yus. Dijamin tidak akan menemukan masakan ini di daerah manapun selain Bangka Belitung. Ketika mencicipinya Kamu akan terbayang 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

2Sup Gangan

Masakan selanjutnya yang enak banget adalah sup gangan. Sup ini berbahan dasar ikan laut, yaitu ikan tenggiri. Ikan yang termasuk salah satu ikan terenak ini akan dipadukan dengan lengkuas, kunyit, cabe, bawang merah dan putih. Kuah yang disajikan dari masakan ini terbilang istimewa, yaitu sedikit asam, pedas, dan sangat gurih. Menariknya ikan ini juga tidak berbau amis. Sebab dalam pengolahan yang pas dan menggunakan rempah-rempah itulah yang menjadikan rasa amis hilang.

3Sambal Lingkung

Kuliner Bangka Belitung ini berbahan dasar ikan tenggiri yang dibuat semacam abon. Abon ini memiliki perbedaan dengan abon sapi pada umumnya. Karena rasa yang disajikan lebih gurih, manis, dan sedikit asin. Selain itu, bagi Kamu yang menyukai masakan pedas. Ada juga yang menjual masakan ini dengan rasa pedas yang nendang. Masakan ini cocok untuk dijadikan lauk sembari melihat eloknya pemandangan Bangka Belitung yang memesona. Tentu rasa lelah Kamu akan terobati.

4Mie Koba  

Mie ini bukan sembarang mie. Sebab mei ini berbahan dasar ikan tenggiri yang tentu semakin membuat Kamu tidak betah untuk segera mencicipinya. Mie Koba ini memiliki kemiripan dengan lontong mie. Meskipun demikian mie koba disajikan dengan potongan ikan tenggiri, telur, seledri, dan bawang goreng. Kuah kaldu yang kaya akan rempah-rempah akan mengoda untuk segera menyantapnya. Menariknya kuah ini memiliki rasa udang yang enak poll pokoknya. Rugi deh kalau ke Bangka Belitung tanpa mencicipi masakan ini.

5Berego

Kuliner ini tentu Asing ditelingga Kamu. Sebenarnya kuliner ini memiliki kemiripan dengan lontong. Kalau lontong terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Berego berbahan dasar tepung beras dan sagu. Selain itu, berego ini juga disajikan dengan lauk berkuah, seperti kari ikan, sup gangan dan masakan lainnya. Dijamin masakan ini akan membuat hari-hari Kamu semakin seru. Masakan ini mirip dengan kuliner legendaris di jawa yang membuai lidah.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.