Wisata Kuliner Banjarmasin Yang Wajib Kalian Coba

0
763

Melancong tidak afdol ketika tidak mencicipi kuliner khas suatu daerah. Kalimat tersebut semua orang pasti menjawab setuju. Sebab kuliner dan melancong atau jalan-jalan memang tidak pernah dapat dipisahkan. Karena dengan kuliner itulah yang akan membuat perjalanan semakin berkesan.

Sama halnya ketika berkunjung ke Banjarmasin. Kota dengan masyarakat yang ramah ini memang menyuguhkan kuliner-kuliner khasnya. Melalui kuliner itulah yang akan membuat kebahagia Kamu semakin bertambah. Ingin tahu kuliner Banjarmasih itu apa saja? artikel berikut akan mengupasnya, sehingga semakin banyak ilmu. Ilmu kuliner tentunya.

1Nasi kuning

Kuliner nasi kuning memang tidak asing di masyarakat kita. Sebab nasi ini banyak ditemukan dalam acara-acara tertentu. Banjarmasin memiliki kuliner nasi kuning yang berbeda dengan daerah lain. Nasi ini memang terbuat dari beras seperti pada umumnya yang diberi warna kuning alami. Dalam proses memasak juga masih sama, yang menjadi pembeda adalah bungkus yang digunakan yaitu menggunakan daun pisang. Selain itu, lauk yang digunakan khas dari Banjar yaitu ikan haruan. Ikan yang sangat favorid bagi masyarakat Banjarmasin. Kuliner ini sangat cocok untuk sarapan. Menariknya kuliner ini memiliki kesamaan dengan wisata kuliner garut yang wajib harus kalian tahu. 

2Bubur Ayam

Sama halnya dengan nasi kuning, bubur ayam ini tidak asing untuk masyarakat kita. Namun, jangan dulu menyimpulkan bahwa rasa yang disajikan dalam bubur ayam hanya itu-itu saja. Sebab di Banjarmasin bubur ayam tidak berkuah, hanya terdapat ayam, daun sop, dan potongan cekwa. Serta ada irisan telur dan juga pelengkap lainnya. Tentu berbeda dengan bubur ayam pada umumnya. Ingin tahu lebih lanjur ketika berkunjung ke Banjarmasin wajib untuk mencicipinya. Kuiner ini sama enaknya dengan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

3Soto Banjar

Soto tidak saja identik dengan Lamongan. Banjarmasin juga memiliki soto khas yang menggoda lidah Kamu. Soto ini berbahan dasar ayam, telur, rempah-rempah khas dan juga tambahan kayu manis. Menarik dan berbeda dengan soto lainnya adalah kuah yang dicampur dengan susu. Sehingga, untuk soal rasa pasti jauh lebih nikmat. Cocok untuk menghilangkan rasa dahaga lapar Kamu.

4Ikan Seluang

Kuliner ikan Seluang ini cukup populer bagi masyarakat Banjarmasin. Ikan yang banyak ditemukan di Asia Tenggara termasuk Indonesia ini memang bentuknya kecil. Bagi masyarakat Banjarmasin ikan ini dijadikan berbagai olahan berupa cemilan dan juga dibakar. Ikan ini dipercaya memiliki protein yang tinggi sehingga dijadikan olahan tidak saja melezatkan tetapi juga semakin menyehatkan untuk tubuh.

5Ketupat Kandangan

Kuliner Banjarmasin selanjutnya adalah ketupat kandangan. Nama kandangan merupakan salah satu daerah yang berada di Banjarmasin, sehingga nama dari ketupat ini sama dengan nama daerah tersebut. Ketupat pada umumnya menggunakan beras sebagai bahan utama. Namun, di Banjarmasin ketupat ada pelengkapnya yaitu ikan gabus. Tentu pelangkap ini tidak akan ditemukan di tempat manapun. Ikan gabus ini dipanggang dahulu sebelum di masak dengan santan. Rempah-rempah khas Banjar akan meresap dalam ikan gabus. Selain itu, kuah dari ketupat ini akan disiram sebelum disajikan. Tentu Kamu penasaran akan rasa yang disajikan. Untuk itulah ketika berkunjung ke Banjarmasin harus mencicipinya. Kelezatan tidak kalah dengan wisata kuliner tegal yang wajib kalian datengin.

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.