Wisata Kuliner Bukittinggi Sumatera Yang Wajib Dikunjungi

0
704

Siapa yang sudah pernah berkunjung ke Bukittinggi? Sebuah kota yang terbesar kedua di Sumatera Barat. Berbicara tentang kota tentu yang terbayang adalah hawa panas yang tentu membuat panas pikiran dan hati. Ini berbeda dengan kota Bukittinggi, sebab memiliki hawa sejuk. Tentu akan menyejukkan hari-hari Kamu. Kesejukan ini dihasilkan dari lokasi sekitar yang masih banyak menemukan berbagai tanaman. Sehingga, tidak salah kalau kesejukan ini begitu memanjakan pengunjung.

Bekunjung ke Bukittinggi memang seru karena akan melihat bebagai wahana wisata. Baik yang alami maupun yang memang buatan. Jauh lebih seru lagi kalau Kamu mencicipi olahan khasnya. Sebab akan membuat Kamu betah berlama-lama berada di kota sejuk itu. Menariknya lagi masakan khasnya sudah diakui oleh dunia, yaitu rendang. Gimana tidak bangga bukan? Namun, tidak saja rendang, di kota ini terdapat berbagai kuliner lain yang wajib untuk dicoba. Penasaran yuk simak artikel berikut ini untuk referensi Kamu.

1Soto padang

Mendengar olaha soto yang terbayang pasti soto khsa Lamongan. Ternyata di Padang padang juga ada olahan khas soto. Meskipun nama sama tapi jangan salah terdapat perbedaan yang menjadikan olahan ini begitu khas. Adapun perbedaan ini terletak pada potongan daging yang sedikit besar, kentang, dan bihun. Selain itu, kuah kladu yang disajikan juga beraroma makanan Padang. Bagaimana tertarik untuk mencobanya, kalau berkunjung ke Bukittinggi cobalah mencari masakan ini. Rasanya tidak kalah deh dengan wisata kuliner garut yang wajib harus kalian tahu. 

2Sate Jerohan

Masakan sate memang sudah mendarah daging untuk masyarakat kita. Sate biasanya berbahan dasar daging, baik daging ayam, sapi, maupun kambing. Namun, di Bukittinggi ada sate yang berbahan dasar jerohan. Jerohan ini dalam masakanya tentu telah melalui berbagai cara sehingga aroma yang tidak sedap akan hilang. Selain itu, berbagai bumbu semacam serai, daun jeruk, jahe, kunyit, bawang merah dan putih, merica, dan bumbu lainnya. Dipadukan menjadi satu sehingga soal rasa juara punya. Tidak saja itu, ada sambal kacang yang ditaburkan di atasnya. Sambal yang semakin membuat Kamu lahap untuk menyantapnya. Kuliner ini menarinya sama dengan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

3Kecimuih

Masakan ini berbahan dasar singkong. Meskipun berbahan dasar singkong jangan dibayangkan rasanya akan itu-itu saja. Kecimuih ini akan menghadirkan rasa baru dan khas pula. Bahan dasar yang digunakan berupa singkong itu sendiri yang telah dikelupas dan diparut, perutan kelapa, gula aren, garam dan vanilla. Cara untuk membuat juga cukup mudah. Singkong yang telah diparut dicampur dengan garam sebagai penguat rasa. Selain itu, vanilla yang berguna untuk memberikan rasa dari kuliner ini. Setelah semua beres, singkong ini dikukus kurang lebih selama 20 menit. Setelah masak diamkan hingga dingin dan siap deh untuk di cicipi.

4Sate Lokan

Sate ini tidak seperti sate pada umumnya karena berbahan dasar kerang hijau. Kerang sebelum disajikan harus melalui tahap direbus dengan ditambahan bumbu semacam bawang merah dan putih, lengkuas, kunyit, jahe serta bahan lainnya. Selesai direbus hingga sedikit matang. Langkah terakhir kerang hijau di bakar dengan api sedang. Tentu akan menggoda Kamu, wajib dicoba ketika ke Bukittinggi.

5Lamang tapai

Jajaran pasar ini wajib Kamu coba ketika ke Bukittinggi. Bahan dasar yang digunakan adalah ketan hitam. Cara memasak juga cukup mudah, beras ketan hitam dimasukkan ke dalam bambu kemudian di masak. Selanjutnya di taruk di piring bersamaan dengan tapai. Dijamin bikin Kamu ketagihan. Dalam masakan ini Kamu akan menemukan wisata kuliner tegal yang wajib kalian datengin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.