Wisata Kuliner Garut Yang Wajib Harus Kalian Tahu

0
1386

Rekreasi bukan suatu yang wajib untuk dilakukan, tetapi dibutuhkan untuk tubuh. Melalui rekreasi inilah yang akan membuat tubuh kembali bersemangat untuk menjalankan rutinitas kembali. Indonesia memang menyuguhkan berjuta tempat untuk rekreasi. Setiap kota selalu memberikan sesuatu yang berbeda bagi pengunjungnya. Salah satunya adalah kota Garut. Bagi masyarakat ibu kota mungkin tidak asing sebab menjadi salah satu destinasi wisata yang lumayan dekat dan tentunya murah.

Garut tidak saja terkenal dengan destinasi wisata, tetapi memiliki kuliner yang wajib Kamu coba ketika berkunjung. Kuliner ini yang akan membuat siapa saja terkangen-kangen ketika pertama kali mencobanya. Rempah-rempah yang digunakan akan memberikan citarasa yang berbeda dan tentunya jauh lebih nikmat. Ingin tahu akan kuliner tersebut, simak artikel berikut sehingga Kamu semakin tahu.

1Nasi Liwet

Bagi masyarakat Jawa nasi liwet bukan makanan yang asing. Terlebih bagi masyarakat pedesaan, sebab nasi ini sering dihidangkan ketika sedang musim panen tiba. Garut memiliki kuliner nasi liwet yang khas. Nasi ini sangat enak dan menarik dalam penyajiannya. Sehingga, akan membuat siapa saja yang melihat ingin segera menikmatinya. Selain itu, dalam seporsi nasi liwet ada beragam lauk. Seperti tempe, tahu, lalapan, dan lauk lainnya. Menariknya wadah yang digunakan dalam nasi ini adalah daun pisang. Tentu akan semakin membuat Kamu seakan berada di desa yang masih tradisional. Masakan ini juga memiliki kemiripan dengan kuliner teristimewa khas bali yang memanjakan lidah anda.

2Awug

Mendengar nama masakan awug tentu masih awam untuk kita. sebenarnya masakan ini sama dengan putu. Perbedaannya kalau di Jawa bernama putu di Garut bernama Awug. Jangan bayangkan rasa dan bentuk sama dengan putu. Justru awug memiliki bentuk yang unik, yaitu berbentuk kerucut. Bahan dasar beras dengan campuran gula merah menambah nyes ketika di nikmati. Dijamin membuat Kamu ingin kembali mencicipinya kedua, tiga, dan seterusnya. Dalam kuliner ini Kamu juga akan menemukan wisata kuliner tegal yang wajib kalian datengin.

3Baso Aci

Baso merupakan salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia.  Baso pada umumnya berbahan dasar tepung dan daging, di Garut baso terbuat dari tepung kanji dengan isian daging dan di siram dengan kaldu. Siraman kaldu inilah yang membuat semakin nikmat untuk dinikmati. Baso Aci ini sangat cocok di nikmati dalam keadaan hangat, sebab kaldu akan semakin meresap. Es teh atau minuman dingin menjadi minuman yang cocok untuk mendampingi kuliner khas Garut ini.

4Sambal Cibiuk

Bagi kamu yang menyukai makanan pedas. Kuliner khas Garut ini wajib untuk dicoba. Sambal cibiuk merupakan kuliner sambal Garut yang banyak dicari masyarakat sekitar. Sambal yang serba hijau ini memang menggoda untuk dijadikan lauk ketika makan. Cabe rawit segar, tomat hijau dan kemangi. Perpaduan yang pas dan nendang di lidah. Terlebih dalam menikmati di sandingkan dengan nasi dan lauk lainnya. Dijamin pas untuk mengisi perut Kamu.

5Es Goyobod

Haus ketika berkeliling di Garut. Jangan khawatir ada minuman khas Garut yang menyegarkan tenggorokan Kamu. Es Goyobod merupakan minuman yang  memiliki kesamaan dengan es campur. Namun, yang menjadikan pembeda adalah potongan tepung kanji. Tambahan es juga akan membuat minuman ini semakin menyejukkan. Dijamin badan dan hati yang panas akan sejuk ketika menikmati es khas Garut ini. Coba deh kalau tidak percaya! menariknya kuliner ini memiliki kesamaan dengan wisata kuliner depok yang wajib kalian coba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.