Wisata Kuliner Gorontalo Yang Wajib Kalian Coba

0
830

Gorontalo merupakan salah satu provinsi termuda yang ada di Indonesia. Provinsi ini berdiri tahun 2000, masih muda tentunya dibandingkan dengan provinsi lainnya. Meskipun terbilang masih muda jangan dibayangkan masih belum memiliki sesuatu yang khas.

Kalau Kamu ingin melancong ke Gorontalo melihat salah satu potensi wisata. Kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner khas yang disuguhkan. Karena melalui kuliner inilah yang menjadikan Kamu ingin berlama-lama di Gorontalo. Menariknya kuliner ini dipadukan dengan tangan-tangan cekatan masyarakat yang menjadikan istimewa. Menarik bukan kulinernya, ingin tahu lebih lanjut. Simak secara seksama artikel berikut sehingga Kamu semakin tahu.

1Binte Biluhuta

Kuliner pertama Gorontalo ini wajib dicicipi. Karena masakan ini selain memiliki rasa yang khas juga berbahan dasar jagung. Jagung inilah yang lebih rendah kalori dan rendah gula. Sehingga, sangat cocok untuk yang sedang menjalankan diet. Sebenarnya olahan ini berupa parutan jagung yang dipadukan dengan parutan kelapa, udang, dan potongan ikan cakalang. Tidak saja itu, sebagai langkah terakhir masakan disiram dengan kuah khas Gorontalo. Dijamin akan semakin membuat Kamu rindu. Masakan ini tidak kalah dengan 5 kuliner pasuruan yang dirindukan ketika merantau. 

2Ayam Iioni

Kamu yang begitu menyukai olahan ayam. Ketika melancong ke Gorontalo jangan khawatir untuk tidak menenemui. Di sana kamu menemukan kuliner ayam lioni. Sejanis ayam bakar yang terkenal di masyarakat sekitar. Ayam sabagai bahan utama sebelum di masak direndam dengan air santan. Setelah itu dibumbuhi semacam bawang putih dan merah, kemiri, jahe, daun salam, daun jeruk, serai, dan bahan lainnya. Setelah proses membubuhi selesai ayam dibakar dengan api dan kematangan yang pas. Cocok buat makan malam sembari melihat pemandangan malam kota Gorontalo.

3Tili Aya

Kuline ini memang memiliki nama yang unik. Meskipun demikian banyak pengemarnya. Sebenarnya kuliner ini berbahan dasar gula merah yang dicampur dengan telur, dan santan. Bahan dasar gula merah ini yang menjadikan rasanya tentu manis. Terlebih ketika dimakan saat siang hari atau berbuka puasa dijamin dahaga Kamu akan segera berlalu. Penasaran? Coba berkunjung ke Gorontalo dan mencari masakan ini. Menariknya masakan ini mirip dengan wisata kuliner tegal yang wajib kalian datengin.

4Ilabulo

Olahan ini terbilang begitu melegenda karena dahulu hanya boleh disajikan di kalangan istana kerajaan. Tentu penasaran mengapa hanya boleh kalangan istana yang menikmatinya? Ini tidak terlepas dari rasa yang memang enak baget. Olahan ini berupa pepes yang berisikan ikan, dicampur dengan ayam, rempela, ati, telur, dan sagu. Setelah semua bumbu dijadikan satu, pepes ini dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar hingga matang. Sangat cocok dipadukan dengan nasi hangat dan berbagai lauk lainnya.

5Bilenthango

Mungkin Kamu bertanya-tanya akan kuliner ini karena memiliki nama yang asing dan unik. Sesungguhnya kuliner ini berbahan dasar ikan mujair. Ikan mujair pilihan akan dibelah menjadi dua, diletakkan dalam daun pisang lalu di bakar. Penggunaan daun pisang ini  bertujuan agar ikan tidak terlalu gosong. Selain itu, juga memiliki aroma yang khas, yang akan menambah selera makan Kamu. Olahan ini pas dinikmati bersama keluarga sembari menunggu matahari terbenam. Tentu akan menambah level kebahagian Kamu. Ketika menelan masakan ini akan terbayang masakan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.