4 Wisata Kuliner Hanya Ada di Dieng, Wajib Kamu Coba di Tahun Ini

0
883
sumber: https://otakbercabang.wordpress.com/

Setiap wisata pasti memiliki makanan khas favorit dari daerah asalnya masing-masing. Tidak terkecuali dengan Dieng. Bahkan, makanan khas ini dapat dibilang adalah kekayaan kearifan lokal. Artikel berikut akan mengajak kamu untuk menikmati 4 wisata kuliner hanya ada di Dieng, wajib kamu coba di tahun ini. Perlu kamu nih, Dieng merupakan dataran tinggi yang memiliki hawa segar, jadi hal ini akan menjadi pelengkap untuk kamu dapat menikmati kuliner. Penasaran apa saja wisata kuliner khas Dieng? Yuk mari simak ulasannya berikut.

1Mie Ongklok Cita Rasa Manis Gurih yang Menggoda

sumber; http://www.titofebrian.com/

Wisata kuliner yang pertama adalah Mie Ongklok yang terkenal di Dieng. Kamu dapat mencoba makanan yang khas dari Kabupaten Wonosobo ini di setiap warung yang ada di Dieng. Makanan ini menjadi primadona bagi wisatawan kuliner karena memiliki cita rasa yang maknyus. Mie Ongklok ini terbuat dari mie kuning yang dicampur dengan kol (kubis) lalu kemudian direbus dan disiran dengan kuah yang kental.

Kadang beberapa penyedia makanan ini juga menambahkan dengan potongan tahun dan juga daun kankul untuk menambah cita rasa lezat dari makanan ini. Kamu bakal ketagihan dengan mecicipi kuliner yang satu ini. apalagi untuk mendapatkannya juga tidak terlalu sulit. Ajaklah teman, sahabat, keluarga, dan orang-orang terdekat untuk menikmati lezatnya kuliner yang satu ini. Biasanya sih, makanan ini juga dilengkapi dengan sate ayam atau sate sapi.

2Tempe Kemul, Nikmati dengan Secangkir Kopi  

sumber: https://ranselmerahh.wordpress.com/

Wisata kuliner di Dieng selanjutnya adalah tempe kemul. Sebenarnya sih, tempe kemul ini tidak jauh dari sejenis tempe mendoan. Namun ada perbedan, tempe mendoan biasanya identik dengan khas Banyumas dengan dibalut adonan tepung dan digoreng. Beda dengan tempe kemul yang digoreng kering namun tetap merasakan empuk di tempenya.

Warnanya sendiri juga lain, tempe kemul berwarna kuning karena menggunakan pewarna alami dari kunir. Dataran tinggi Dieng yang sering ditutupi kabut kemudian oleh warga digunakan untuk membuat makanan untuk menghangatkan suasana dan munculah tempe kempul. Untuk menikmati makanan ini anda disarankan untuk menikmatinya dengan secangkir kopi.

3Purwaceng, Minuman Herbal Menyehatkan

sumber: https://travelingyuk.com/

Wisata kuliner Dieng selanjutnya adalah Purwaceng atau biasanya dikenal sebagai minuman untuk meningkatkan stamina pria. Padahal sih, sebenarnya Purwaceng sendiri adalah minuman herbal untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar. Jadi bagi kamu para wanita tidak usah khawatir untuk menikmati segarnya minuman asli Dieng ini. Purwaceng ini dicampur dengan susu dan rasanya bakal mirip dengan minum susu sih. Namun bedanya, purwaceng ini ketika kamu minum, kamu akan merasakan sensasi hangat di tenggorokan.

4Manisan Carica, Sensasi Manis dan Asam

sumber: http://candidiengsnack.com

Wisata kuliner Dieng selanjutnya adalah Manisan Carica. Perlu kamu tahu nih, bahwa carica adalah buah yang seperti pepaya namun bentuknya lebih kecil. Buah ini hanya tumbuh di Dieng saja lho. Maka manisan ini hanya dapat kamu dapatkan di Dieng saja. Kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan manisan ini karena setiap pedagang oleh-oleh menyediakan makanan ini sebagai khas Dieng. Kamu akan merasakan sensasi manis asam ketika mencicipi manisan ini. Kamu juga akan merasakan daging pepaya yang empuk dan manis. Pokoknya kamu bakal dijamin akan ketagihan ketika makan khas Dieng yang satu ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.