Wisata Kuliner Madura Yang Harus Kalian Datangi

0
691

Sate. Mungkin inilah yang terbayang ketika mendengar nama kota Madura. Memang masakan khas ini menjadi icon kota Madura. Untuk ketenarannya jangan diragukan seluruh masyarakat Indonesia bahkan mancanegera sudah mengenalnya. Tidak mengherankan sate dianggap sebagai salah satu kuliner terenak di nusantara.

Meskipun demikian Madura tidak saja terkenal dengan sate semata. Terdapat beragam kuliner lain yang tentu telah menunggu untuk dinikmati. Jika Kamu melancong ke Madura coba deh untuk mencari masakan lain. Masakan yang tidak kalah dengan sate dan tidak kalah denganĀ makanan khas maluku yang paling dicari wisatawan. Kalau Kamu masih binggung ingin mencari masakan apa ketika ke Madura. Artikel berikut akan mengupas beberapa kuliner khas Madura yang siap menggoyang lidah.

1Sate Madura

Pada pembahasan di atas telah mengupas sedikit tentang masakan khas ini. Sate Madura ini yang menjadikan terkenal berupa daging yang digunakan dan juga bumbu-bumbu sambal kacang yang sangat khas. Bumbu sambal kacang yang digunakan memiliki perpaduan dengan rempah Madura yang tentu semakin menambah kelezatannya. Selain itu, bumbu kacang ini juga disiram dengan kecap dan diberikan irisan cabe dan bawang merah mentah. Sate ini disajikan dengan lontong dingin yang empuk.

2Soto Madura

Soto tidak hanya berasal dari Lamongan. Madura juga memiliki soto khas yang cukup terkenal. Dilihat dari bahan yang digunakan memang memiliki kemiripan dengan soto Lamomgan. Ada kuah kaldu yang mantab dan tentunya dengan bumbu khasnya. Perbedaan yang paling mencolok dengan soto daerah lainnya adalah daging yang digunakan, yaitu daging sapi. DagingĀ  yang memang memiliki tekstur yang empuk dan tingkat kelezatan yang luar biasa. Ingin tahu rasa soto Madura? jika berkunjung cobalah untuk mengobati rasa penasaran itu. Rasa soto ini akan membuat Kamu terbayang dengan kuliner legendaris di jawa yang membuai lidah

3Bebek Songkem

Kamu yang suka dengan olahan bebek wajib untuk mencoba masakan Madura bebek songkem. Olahan ini berasal dari kabupaten Sampan Pulau Madura. Bebek ini terbilang menyehatkan karena rendah kolesterol. Hal ini karena proses pengolahan yang memiliki taknik khusus. Tentu tidak saja mengenyangkan, tetapi juga menyehatkan. Olahan bebek songkem ini memiliki filosofi khusus. Kata songkem berasal dari Songkeman (sungkem). Konon setiap daerah di Madura memiliki kyai yang sukarela mengajarkan anak-anak untuk mengaji. Untuk memberikan rasa hormat karena telah mengajari belajar ngaji ketika berkunjung membawakan buah tangan berupa daging bebek. Historis inilah yang membuat olahan ini sungguh bernilai.

4Lorjuk

Kuliner khas Madura ini sunggu istimewa karena berbahan dasar kerang. Daerah madura yang berada di kawasan pesisir menjadikan kerang mudah untuk ditemukan. Kerang ini tidak saja dijual melainkan dijadikan masakan. Salah satu masakan itu adalah lorjuk. Kerang ini sebelum masuk ke piring makan harus diolah sedemikian rupa. Tentunya dengan berbagai paduan bumbu yang menjadikan istimewa. Lorjuk ini sering dijadikan lauk nasi dan kripik cemilan yang asyik dinikmati saat bersantai.

5Tajin Sobih

Kuliner tajin sobih ini dilihat sekilas memiliki kemiripan dengan bubur. Banyak orang yang tertipu pula dengan masakan ini karena bentuknya yang begitu mirip. Sebenarnya masakan ini berbahan dasar tepung ketan dan tepung terigu yang disiram dengan cairan yang terbuat dari gula merah atau aren. Dalam penyajian berada di atas daun pisang. Kesan tradisional akan Kamu temukan ketika mencicipi kuliner ini. Menariknya masakan ini mirip dengan kuliner teristimewa khas bali yang memanjakan lidah anda.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.