Wisata Kuliner Makassar Yang Wajib Dicoba

0
589

Berkunjung ke Makassar tentu yang terpikirkan pertama kali pantai Losari. Memang pantai ini menjadi salah satu destinasi yang begitu populer. Banyak wisatawan baik lokal maupuan mancanegara yang singgah ke pantai Lokasi ini. Tidak saja itu, pulau-pulau kecil akan memanjakan mata Kamu.

Tentu berbicara akan Makassar kurang lengkap kalau tidak menyinggung akan kuliner khasnya. Sebab melalui kuliner inilah yang akan menjadikan paket lengkap saat berkunjung. Seperti daerah-daerah lainnya Makassar juga terkenal akan masakan khas yang menggoda pengunjung. Adapun masakan itu akan dibahas dalam artikel berikut.

1Sop Saudara

Kuliner Makassar pertama yang wajib kamu coba adalah sop saudara. Masakan khas berbahan dasar daging sapi yang dihidangkan secara berkuah. Selain itu terdapat perpaduan antara bihun, perkedel kentang, jerohan sapi, dan telur rebus. Daging sapi yang dimasak dengan berbagai bumbu akan terasa empuk dan semakin enak. Terlebih dalam penyajian disadingkan dengan nasi putih. Tentu membuat makan semakin lahap. Untuk itulah jika Kamu berkunjung ke Makasaar wajib untuk mencicipi kuliner ini. Menariknya citarasa memiliki kemiripan dengan  makanan khas maluku yang paling dicari wisatawan.

2Pallubasa

Kuliner selanjutnya adalah pallubasa. Mendengar nama masakan ini mungkin sedikit aneh dan unik. Namun, untuk soal rasa dijamin akan menemukan sesuatu yang berbeda dan belum pernah Kamu rasakan. Sebenarnya masakan ini berbahan dasar dari jerohan sapi atau kerbau. Dalam proses memasaknya direbus dalam waktu yang lumayan lama. Tujuannya tidak lain untuk mengasilkan tekstur yang empuk dan bumbu yang begitu meresap. Sehingga, ketika digigit akan nendang di lidah. Tambahan nasi dan berbagai lauk lainnya akan membuat Kamu semangat untuk menikmatinya. Menariknya kuliner ini banyak ditemukan di dekat pantai Losari. Tentu semakin nikmat karena melihat pemandangan pantai yang menawan. Tidak saja itu, Kamu akan menemukan Wisata kuliner sukabumi yang menggugah selera makan.

3Coto Makassar

Kuliner coto Makassar ini mungkin sudah familier untuk kita. Tidak saja familier soal nama, tetapi juga lidah kita. Sebab masakan ini memang terkenal enak dan menjadi ciri khas. Coto Makassar berbahan dasar usus, hati, otak, dan daging sapi atau daging kuda. Selain itu, perpaduan dari bumbu semacam bumbu sereh, laos, ketumbar, jintan, bawang merah dan putih, garam, daun salam, jeruk nipis, serta kacang. Bumbu yang semakin menjadikan masakan ini begitu fenomenal. Dalam penyajian coto ini dihidangkan bersama ketupat.

4Konro Bakar

Bagi masyarakat Jawa konro lebih mengarah pada salah satu jenis tanaman. Namun, dalam kuliner Makassar konro atau konro bakar merupakan masakan yang berbahan dasar iga sapi. Ciri khas dari masakan ini adalah warna coklat kehitaman, yang sebenarnya berasal dari buah kluwek. Iga sapi yang dimasak dengan berbagai bumbu khas dengan campuran kuah dan nasi putih akan membuat liburan Kamu semakin berkesan. Sebab jalan-jalan tidak akan takut perut keroncongan.

5Sop Ubi

Mendengar kuliner sop ubi tentu akan bertanya-tanya. Sebab ubi biasanya di buat olahan semacam kripik atau dibuat kue. Sop ubi lahir dari kreativitas masyarakat sekitar yang melihat banyak tanaman ubi. Dalam penyajian ubi pilihan yang telah direbus kemudian di masak. Rasa yang khas dari ubi memberikan sesuatu berbeda di lidah Kamu. Untuk itu kurang lengkap berkunjung ke Makassar tanpa mencicipi sop ubi. Selain itu, Kamu akan menemukan 5 kuliner pasuruan yang dirindukan ketika merantau. 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.