Wisata Kuliner Manado Yang Begitu Terkenal Enaknya

0
892

Manado kota indah yang berada di Sulawesi Utara ini wajib untuk dijadikan destinasi wisata Kamu. Mengapa demikian, karena pemerintah setempat menargetkan untuk mendatangkan wisatawan yang lebih banyak dari tahun sebelumnya. Jelas melalui target tersebut kota Manado melakukan berbagai perbaikan.

Ketika ke Manado jangan hanya melihat keindahan alam yang disuguhkan. Tetapi, wisata kuliner juga tidak kalah memesona. Berbagai olahan khas masyarakat Manado dapat dijumpai baik di restoran dan warung makan yang berada di pinggir jalan, dekat pasar, dan dekat lokasi wisata. Pokoknya Kamu akan puas baget. Ingin tahu kuliner khas Manado itu apa saja? Simak artikel berikut karena akan membantu menemukan kuliner tersebut. Sehingga, Kamu tidak akan tersesat dalam soal rasa. Hehe

1Tinutuan

Kuliner Manado pertama ini sangat terkenal di kota Manado. Tidak mengherankan banyak masyarakat yang gandrung akan masakan yang satu ini. Hal ini disebabkan bahan dasar yang digunakan alami, yaitu sayuran hijau. Sayuran ini akan dimasak dengan beras dan labu kuning. Semacam sop dalam masakan Jawa, namun soal rasa pasti berbeda. Masakan ini banyak dijadikan menu di hotel-hotel mewah di kota Manado. Masih ragu untuk soal rasa? Ketika berkunjung wajib untuk mencobanya. Menariknya rasa yang disajikan memiliki kemiripan wisata kuliner bangkok yang harus kalian tahu.

2Cakalang Fufu

Ikan cakalang memang sangat terkenal tidak saja di masyarakat Manado tetapi sudah merambah nusantara. Tentu untuk soal rasa sudah diakui oleh masyarakat. Ikan cakalang atau tongkol putih dalam pembuatan cakalang fufu di asapi. Tujuan dari pengasapan ini tidak lain untuk menggurangi kadar air dan menjadikan lebih krispi ketika di makan. Olahan ini banyak ditemukan di pasar tradisional dan jembatan Sanrio. Sehingga, jangan ketika Kamu berkunjung tidak binggung untuk mencarinya. Masakan ini juga tidak kalah dengan  wisata kuliner depok yang wajib kalian coba.

3Sambal Roa

Kuliner sambal memang menarik untuk dibahas. Sebab masyarakat kita sangat menyukai akan masakan pedas. Selain itu, sambal memang sudah menjadi semacam ciri khas di nusantara ini. Salah satu kuliner sambal yang wajib Kamu coba adalah sambal roa. Sambal ini asli kota Manado yang tidak saja menggunakan cabai seperti pada umumnya. Melainkan ada campuran dari ikan roa (sejenis ikan terbang). Ikan ini sebelumnya diasapi hingga kering dan dicampur dengan cabai. Dalam proses pembuatan sambal ini ditumbuk hingga halus lalu digoreng dengan sedikit minyak. Selain itu, ada juga campuran bawang merah dan putih, tomat, garam serta gula semakin membuatnya istimewa. Sangat cocok sambal ini dimakan menggunakan nasi putih dan segelas es teh. Dijamin Kamu akan terkangen-kangen.

4Woku Belanga

Woku Belanga merupakan kuline khas yang proses memasakn menggunakan alat yang masih tradisional, yaitu menggunakan alat berbahan tanah liat. Sedangkan, Woku merupakan salah satu bumbu khas dari Manado. Bumbu yang digunakan berupa daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, serai, kemangi dan bumbu lainnya. Tidak lupa tambahan cabai yang membuat masakan ini pedas. Tentu tidak saja pedas tetapi aroma dan rasanya nendang di lidah.

5Klapertaart

Kuliner ini merupakan kue yang sangat icon di kota Manado. Terbuat dari kelapa, terigu, susu, mentega dan telur. Selain itu, untuk resep yang digunakan berasal dari Belanda ketika masa penjajahan. Tentu kue ini jangan ditanya soal rasa, juara dan oke punya. Penasaran akan kue ini, ketika ke Manado jangan lupa untuk membeli dan menikmatinya bersama orang tersayang. Kamu juga akan menemukan rasa yang sama dengan wisata kuliner tegal yang wajib kalian datengin.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.