Wisata Kuliner Padang Yang Wajib Coba

0
876

Berbicara tantang kota Padang kurang menarik kalau tidak membahas masakan khasnya. Sebab kita ketahui masakan Padang di setiap kota dan dearah selalu hadir. Baik dalam bentuk rumah makan atau hadir di toko-toko oleh-oleh khas Padang. Salah satu kuliner yang paling di cari berupa Rendang. Makanan yang memang telah diakui kelezatan, baik oleh masyarakat lokal maupun oleh masyarakat mancanegara. Bagaimana tentu bangga kan kita dengan hasil olahan kota Padang?

Meskipun demikian kota padang tidak saja memiliki satu masakan, yaitu rendang. Kalau kamu berkunjung ke sana akan menemukan beragam masakan yang tidak kalah enak dengan rendang. Lebih istimewanya lagi masakan itu berkarakter dan pasti membuai lidah Kamu. Ingin tahu masakan apa saja selain rendah yang ada di kota Padang. Artikel berikut akan membahas kuliner-kuliner khas Padang. Sebagai referensi liburan Kamu.

1Palai Rinuak

Masakan khas Padang pertama ini mungkin sedikit sulit dilafalkan. Meskipun demikian jangan dibayangkan akan sulit untuk menyukainya. Justru masakan ini banyak dicari oleh masyarakat Padang. Sebenarnya masakan ini olahan Minangkabau yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke danau maninjau. Ikan Rinuak merupakan bahan dasar yang digunakan. Dalam proses pembuatnya ikan ini dibumbuhi dan diberi parutan kelapa. Setelah itu, di bungkus dengan daun pisang selanjutnya di kukus. Bungkus daun pisang inilah yang memberikan aroma khas dari masakan ini. Rugi deh kalau tidak mencoba ketika ke Padang. Masakan ini tidak kalah dengan wisata kuliner bangkok yang harus kalian tahu.

2Dendeng Batokok

Dendeng batokok merupakan salah satu olahan yang berasal dari kota Sawahlunto. Bahan dasar yang digunakan adalah daging yang telah dilumuri dengan bumbu khas Padang. Namun, daging yang dijadikan bahan diiris tipis hingga mudah untuk meresapkan bumbunya.  Selain berbagai bumbu, ada lumuran minyak kelapa yang membuat masakan ini semakin harum. Paling pas menikmati kuliner ini sembari melihat eloknya pemandangan kota Padang. Menariknya masakan ini memiliki kemiripan dengan wisata kuliner lembang kekinian yang harus kalian coba.

3Gulai Gajebo

Mendengar masakan gulai tentu yang terbayang adalah gulai kambing. Berbeda dengan gulai Padang ini. Berbahan dasar daging sapi yang memiliki citarasa yang khas dan lezat. Menariknya bagian yang digunakan dalam gulai ini adalah punuk sapi. Bagian yang memiliki lemak yang tebal yang menempel di daging. Gulai ini tergolong masakan yang langka sebab bahan dasar yang dipakai sulit untuk ditemukan. Untuk itulah kalau kamu ke Padang wajib mencarinya. Siapa tahu salah satu orang yang beruntung menemukannya.

4Gulai Banak

Masakan ini tidak seperti namanya gulai. Melainkan masakan yang sedikit ekstrim karena berbahan dasar dari otak. Otak yang digunakan tidak sembang hewan dapat digunakan. Hanya otak sapi yang dapat dijadikan bahan dasarnya. Otak ini dalam pembuatannya dicampur dengan berbagai rempah-rempah khas Padang. Sehingga, bau otak akan kalah dengan bumbu rempah tersebut. Tetapi ingat jangan makanterlalu banyak, sebab mengandung kolesterol yang tinggi.

5Teh Talua

Teh talua ini merupakan kuliner berbahan dasar teh. Namun, bukan teh sembarangan sebab dicampur dengan kuning telur. Kuning telur di kocok bersama dengan teh tersebut di dalam gelas. Tidak hanya teh dan kuning telur juga menggunakan gula dan juga campuran susu. Sehingga, rasa amis dari kuning telur tidak akan terlalu terasa. Menariknya, kuliner ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin menjaga kesehatan dan stamina. Tentu ini sangat cocok, terlebih bagi Kamu yang memiliki aktivitas tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.