Wisata Kuliner Palembang Yang Harus Kalian Tahu

0
626

Apa yang Kamu bayangkan ketika mendengar nama Pelembang? Pasti yang terjawab pertama adalah pempek. Penting untuk Kamu ketahui Pelambang tidak saja terbatas pada pempek. Ada beragam masakan yang mungkin luput dari pengetahuan. Tetapi, justru memiliki citarasa yang tidak kalah dasyat.

Ketika Kamu berkunjung ke Palembang. Cobalah untuk sedikit berpaling untuk mencicipi masakan lain. Sebab masakan lain telah menunggu. Selain itu, semakin banyak mencicipi kuliner khas lainnya. Juga akan semakin banyak tahu dan banyak ilmu. Tentunya berkaitan dengan kuliner khas itu sendiri. Ingin tahu masakan apa saja yang ada di Palembang, cermati artikel berikut ini.

1Tekwan

Kuliner Palembang pertama adalah tekwan. Kuliner ini berbahan dasar daging dan sagu, yang memiliki kemiripan dengan pempek. Bentuk dari tekwan ini bulat kecil-kecil. Selain itu, memiliki kaldu udang yang lezat. Tidak saja itu, terdapat pula bawang goreng, seledri, jamur kuping, bihun, dan taburan daun bawang. Masakan khas ini sangat nikmat saat masih hangat. Karena kaldu udang akan begitu memanjakan lidah Kamu. Kelezatan kuliner ini tidak kalah dengan wisata kuliner sukabumi yang menggugah selera makan.

2Model

Model ini sejenis makanan, bukan model iklan atau model lainnya. Sebenarnya kuliner ini hampir mirip dengan tekwan, yaitu berbahan dasar daging ikan dan sagu. Namun, dalam penyajiannya dipotong kecil-kecil. Selain itu, juga menggunakan kaldu udang yang menambah kelezatan. Model memiliki dua variasi rasa, yaitu model ikan dan model gandum. Meskipun memiliki variasi yang berbeda soal rasa sama-sama lezat. Menariknya dalam penyajian kuliner model ini terdapat perpaduan jamur kuping, irisan timun, dan bawang goreng. Dijamin akan membuat Kamu kenyang lebih lama.

3Laksan

Masakan Pelembang selanjutnya adalah laksan. Bahan dasar yang digunakan memiliki kemiripan dengan dua makanan di atas, yaitu daging ikan dan juga sagu. Namun, laksan ini merupakan pempek lanjar yang tebal dan dipotong melintang. Laksan ini meskipun sama soal bahan yang digunakan jangan dibayangkan akan menjenuhkan. Kamu akan menemukan rasa yang berbeda sebab bumbu yang digunakan sebagai penunjang juga berbeda. Dalam kuliner ini akan menemukan makanan tradisional kulon progo klasik tetapi tetap eksis.

4Kue Maksuba

Bagi Kamu yang menyukai kue, ketika jalan-jalan ke Palembang dapat mencicipi kue maksuba. Kue ini memiliki kesamaan dengan kue lapis. Kue ini berbahan dasar telur bebek dan susu kental manis. Dalam membuatnya telur yang digunakan sampai mencapai 28 butir. Banyak, namun akan semakin membuat rasa yang disajikan bergitu memanjakan perut. Kue ini memiliki nilai historis yang tinggi. Konon katanya sebagai sajian utama Kesultanan Pelambang. Gimana menarik bukan, ketika Kamu mencicipi seakan sebagai seorang Sultan.

5Pindang Tulang

Kuliner yang satu ini sangat diburu oleh masyarakat Palembang. Sebab berbahan dasar tulang sapi yang tekenal memiliki daging dan rasa yang enak. Namun, jangan bayangkan dalam kuliner ini hanya tulang saja. Karena meskipun hanya tulang, tetap saja ada daging yang masih menempel. Tulang sapi pilihan ini akan dimasak dengan berbagai bumbu rempah-rempah khas Palembang. Menariknya dalam masakan ini yang menggunakan cabai rawit, cabai yang terkenal pedas. Sehingga, tanya soal rasa pedasnya. Sepiring nasi putih dengan minuman dingin cocok sebagai pelengkap dari kuliner ini. Penasaran kalau ke Palembang cobalah pindang tulang. Soal rasa mirip dengan  wisata kuliner depok yang wajib kalian coba.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.