Wisata Kuliner Pontianak Yang Jarang Orang Tahu

0
879

Bagi kamu yang menyukai wisata kuliner coba deh untuk berkunjung ke Pontianak. Karena kota katulistiwa ini akan menyuguhkan berbagai masakan khas yang menggoda lidah Kamu. Kuliner yang tentu akan semakin membuat liburan semakin jauh menyenangkan. Liburan tidak akan terganggu dengan perut yang keroncongan. Terlebih soal harga pas untuk kantong.

Kalau Kamu belum pernah ke Pontianak dan masih penasaran akan masakan apa saja yang ada di sana. Yuk simak artikel betikut yang akan membahas beberapa kuliner khas Pontianak yang tidak saja enak dan lezat. Tetapi, juga belum banyak di ketahui oleh masyarakat luas. Penasaran? baca lebih detail.

1Bingke Berendam

Kuliner khas Pontianak pertama ini wajib Kamu coba ketika berkunjung. Makanan yang satu ini sesungguhnya berbahan dasar telur dan tepung, yang di buat kue. Meskipun bahan dasar yang digunakan sederhana soal rasa dijamin bikin ketagihan. Sebutan untuk nama berendam diambil dari permukaan kue yang mirip dengan kembang yang sedang mekar. Kue ini tergolong favorid bagi masyarakat sekitar untuk itulah wajib mencoba ketika ke Pontianak. Selain itu, dalam masakan ini akan menemukan Wisata kuliner sukabumi yang menggugah selera makan.

2Kue Kantong Semar

Kuliner kedua dari Pontianak ini memang unik dilihat dari namanya. Meskipun demikian jangan tanyakan soal rasa, dijamin akan membuat kamu ngiler. Kue ini berasal dari daerah pedalaman dan pesisir Kalbar. Kue ini cukup unik karena menggunakan kantong semar. Kantong inilah yang dijadikan wadah beras pulut yang dicampur dengan kacang merah. Langkah selanjutnya adalah dikukus. Melalui proses pengukusan inilah yang menjadikan kue ini rendah lemak dan tentunya menyehatkan. Menariknya rasa kue ini mirip dengan 5 kuliner pasuruan yang dirindukan ketika merantau. 

3Pisang Goreng Srikaya

Olahan pisang goreng tentu tidak asing dilidah kita. Karena di setiap daerah selalu ada olahan manis ini. Begitu juga dengan Pontianak yang memiliki olahan pisang bernama pisang goreng srikaya. Pisang yang digunakan adalah pisang nipah yang terkenal memiliki rasa yang mantap. Selai dari srikaya juga menambah rasa dari pisang yang semakin tiada dua. Sangat cocok menikmatinya dengan segelas kopi hangat.

4Chai Kue

Kuliner chai kue ini berasal dari Thionghoa. Meskipun demikian menjadi salah satu kuliner khas dari Pontianak. Hal ini tidak terlepas dari bumbu rempah-rempah yang digunakan. Selain itu, juga mendapatkan sentuhan tangan kreativitas masyarkat sekitar. Kue ini berbahan dasar tepung beras yang menjadi kulitnya. Sedangkan, untuk isiannya berupa bawang kuchai, bengkuang, kedelai, irisan bawang putih goreng dan berbagai bahan lainnya.  Makanan yang berasal dari Thionghoa ini terbilang cukup pas di kantong. Kamu akan mendapatkan harga yang spesial yaitu Rp 1.000 sampai 2.000. Sangat pas deh untuk Kamu dengan dompet yang serba pas-pasan.

5Bubur Ikan Pontianak

Kuliner bubur sangat akrab di lidah masyarakat kita. Salah satu makanan pagi ini memang memberikan citarasa yang istimewa. Begitu juga dengan bubur di Pontianak. Bubur ini berbeda dengan bubur pada umumnya. Perbedaan itu terletak pada taburan dari bubur itu sendiri yang menggunakan  ikan laut, telur ayam kampung, aneka sayuran dan kuah dengan rempah khas Pontianak. Tentu bubur ini akan menjadi santapan  pagi Kamu sembari melihat eloknya pemandangan kota Pontianak. Kuliner ini tidak kalah dengan wisata kuliner bangkok yang harus kalian tahu.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.