Wisata Kuliner Samarinda yang Terkenal Kelezatannya

0
1354

Samarinda merupakan sebuah kota yang berada di tepian sungai Mahakam. Kota ini memiliki penghasil kayu ulin dan batubara yang cukup besar. Selain itu, juga menjadi magnet investor untuk menginvestasikan uangnya. Tidak mengherankan Samarinda terlihat maju untuk beberapa tahun terakhir.

Selain sebagai penghasil kayu ulin dan batubara, Samarinda sebagai salah satu daya tarik untuk pelancong. Wisata kuliner juga menjadi salah satu magnet itu sendiri. Beragam makanan khas akan dapat dijumpai untuk mengisi perut. Tidak saja untuk mengisi, tetapi untuk menemukan kekhasan dari kuliner Samarinda. Untuk mengetahui kuliner Samarinda tersebut artikel berikut akan mengupasnya setajam silet. Hehe

1Ayam Cicane

Kuliner khas Samarinda pertama adalah ayam cincane. Jenis olahan ini berbahan dasar seperti namanya yaitu ayam. Namun, ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang terkenal memiliki daging yang enak dan rendah kolesterol. Dalam proses memasaknya ayam ini dibakar, sebelum di bakar ayam terlebih dahulu di rebus. Tujuan dari direbus ini adalah untuk menjadikan tekstur lebih empuk ketika di konsumsi. Sambal tomat yang dijadikan bahan tambahan menjadikan kuliner ini juga semakin nikmat. Soal rasa tidak kalah dengan wisata kuliner bangkok yang harus kalian tahu.

2Nasi Kuning

Nasi kuning merupakan olahan yang tidak asing di masyarakat kita. Meskipun demikian nasi kuning khas Samarinda berbeda dengan nasi kuning pada umumnya. Nasi ini dimasak dengan kunyit dan santan, disajikan dengan telur, ikan, ayam, daging, dan lauk kering tempe. Nasi kuning ini di Samarinda sering dijual pagi hari karena memang cocok disantap untuk sarapan. Dijamin kuliner ini akan membuat Kamu ingin berlama-lama di Samarinda. Kuliner ini mengingatkan akan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

3Nasi Bekepor

Kuliner yang satu ini wajib Kamu coba ketika berkunjung ke Samarinda. Karena makanan ini cukup sulit untuk ditemukan. Sulit untuk ditemukan inilah yang menjadikan semakin banyak di gandrungi oleh masyarakat sekitar. Sebenarnya olahan jenis ini terbuat dari campuran ikan asin, rempah-rempah, dan minyak sayur. Dalam penyajiannya disajikan dengan asam kukar, sejenis sayur asam khas dari Kalimantan. Rasa yang lezat dengan ikan yang memiliki nilai gizi tinggi menjadikan makanan ini tidak sekedar makanan biasa. Melainkan kaya akan manfaat untuk tubuh.

4Gado-gado Kemuning

Kalau menyinggung tentang gado-gado tentu mengarah pada kota Jakarta/Betawi. Karena memang merupakan makanan khas dari ibu kota. Namun, di Samarinda akan menemukan olahan lezat ini. Gado-gado ini berbahan dasar irisan sayur telur rebus dan juga bumbu kacang. Kuliner ini yang menjadikan istimewa dan berbeda dengan daerah lain adalah bumbu kacang. Bumbu yang diolah dengan rempah-rempah Samarinda yang akan menambah kenikmatannya.

5Amplang

Jenis masakan amplang termasuk makanan tradisional Samarinda. Amplang terbuat dari ikan tenggiri yang dipadukan dengan tepung kanji dan berbagai bahan lainnya. Langkah selanjutnya di goreng hingga menghasilkan kematangan yang pas. Olahan ini termasuk makanan ringan yang sangat cocok untuk dijadikan cemilan. Tidak saja, itu ikan tenggiri yang terkenal enak menjadikan olahan ini semakin nikmat ketika digigit.  Coba deh kalau ke Samarinda mencicipi kuliner ini. Dijamin akan membuat Kamu ketagihan. Terlebih dinikmati dengan orang tersayang, akan menambah level kebahagiaan Kamu. Dalam kuliner ini Kamu akan menemukan wisata kuliner tegal yang wajib kalian datengin.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.