Wisata Kuliner Semarang yang Wajib Dicoba

0
737

Tidak dipungkiri liburan merupakan hal terpenting yang wajib untuk dilakukan. Sebab melalui liburan inilah yang akan memberikan ketenangan dan kebahagiaan batin. Melalui ketenangan dan kebahagiaan inilah yang akhirnya membuat semakin semangat untuk kembali menjalankan rutinitas.

Soal destinasi liburan tentu sudah ada dalam bena atau daftar buku kunjungan? Pantai, pegunungan, atau bahkan tempat-tempat bersejarah merupakan destinasi yang paling populer. Cobalah untuk beralih berwisata kuliner. Salah satu lokasi wisata kuliner yang wajib Kamu kunjungi adalah Semarang. Karena di Semarang akan menemukan beragam masakan dengan beragam bahan dasar. Selain itu, juga keahlian masyarakat dalam mengolah berbagai bahan makanan akan memberikan citarasa yang ciamik. Penasaran akan kuliner khas Semarang artikel berikut akan mengupas beberapa dari kuliner itu.

1Nasi Ayam

Kuliner pertama dari Semarang berupa nasi ayam. Nasi ini terkenal dengan rasa gurih dengan tambahan dari lauk daging ayam suwir, telur rebus, krecek, dan tumis labu siam. Masakan ini memiliki kemiripan dengan liwet khas Solo, yaitu sama-sama disajikan dengan dipincuk. Pincuk inilah yang memberikan nuansa tradisional sebab masih menggunakan daun pisang. Selain itu, nasi ini menggunakan kuah opor kuning. Kuah yang terkenal dengan citarasa yang mantab. Dijamin Kamu akan semakin ketagihan untuk terus mencicipinya. Kuliner ini memiliki kesamaan dengan kuliner khas madura yang membuat anda gila makan.

2Garam Asem

Garam asem ini cukup begitu popule bagi masyarakar Jawa Tengah, terutama Semarang. Masakan ini merupakan olahan yang dibumbuhi belimbing wuluh, cabe dan di siram dengan kuah santan. Garam asam ini menggunakan bahan dasar dari ayam yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Cara yang masih tradisional inilah yang memberikan citarasa khas dan tentunya segar serta alami. Kealamian dari masakan ini dapat kamu coba ketika berkunjung ke Semarang. Selain itu, Kamu akan menemukan 5 kuliner pasuruan yang dirindukan ketika merantau. 

3Tahu Gimbal

Mendengar kata “gimbal”, yang terbayang adalah rambut gimbal. Berbeda di Semarang gimbal ini dipadukan dengan kata tahu menjadi masakan yang istimewa. Tahu ini disajikan dengan tahu goreng, telur ceplok, irisan kol, tempe, dan disiram dengan sambal kacang. Berbagai campuran yang disiram dengan bumbu kacang. Bumbu halus dan beraroma khas, semakin membuat siapa saja ketagihan. Selain itu, tahu gimbal ini memiliki rasa yang lengkap. Ada manis, gurih, dan juga pedas. Meskipun rame soal rasa tetapi “rame” juga yang menyukai.

4Lumpia

Siapa yang tidak mengenal lumpia. Jajanan yang terbilang merakyat dan banyak mendapatkan hati di masyarakat. Bahan utama yang digunakan berupa irisan rebung. Rebung ini merupakan tunas dari bambu. Memang bagi masyarakat kita tunas bambu ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai masakan. Tidak saja rebung isian dari lumpia berupa telur, udang, ayam, dan daun bawang.  Lumpia ini biasa disajikan masih basah karena habis digoreng. Rasa yang disajikan akan membuat liburan Kamu semakin berkesan.

5Bandeng Presto

Bandeng memang banyak digunakan untuk bahan dasar masakan. Salah satunya adalah bandeng prestos. Masakan khas Semarang ini memang menjadi primadona masyarakat sekitar. Rasa gurih, renyah, dan aroma bandeng yang nendang memang tiada dua. Selain itu, bumbu bawang putih, kunyit, dan garam. Bandeng yang dimasak dengan uap bertekanan tinggi ini akan menghasilkan olahan yang benar-benar enak. Jangan khawatir ketika makan akan tekena duri. Sebab duri dari bandeng ini lunak dan dapat dimakan. Bagaimana Penasaran? Wajib mencicipi ketika berkunjung ke Semarang. Terlebih membeli untuk buah tangan orang tersayang, tentu akan semakin sayang. Rasa yang disajikan memiliki kesamaan dengan kuliner teristimewa khas bali yang memanjakan lidah anda.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.