Wisata Kuliner Serang Yang Begitu Terkenal

0
2036

Serang merupakan salah satu wilayah yang menarik untuk dikunjungi. Ragam bahasa yang kaya dan destinasi wisata yang memesona adalah beberapa dari sekian yang ada di Serang Banten. Bagi Kamu yang binggung mau menghabiskan untuk berlibur. Serang menyusuhkan sesuatu yang tiada dua dengan tempat lainnya.

Rahasia dari keeksotisan Serang memang sudah terkenal hingga pelosok negeri. Namun, ketika Kamu berkunjung apakah hanya menikmatinya indahnya pemandangannya saja? Tentunya tidak, sebab di sana ada kuliner khasnya. Kuliner yang menjadikan Serang semakin istimewa. Kuliner ini dapat hampir sama dengan wisata kuliner depok yang wajib kalian coba.  Ingin tahu kuliner apa saja yang ada di Serang. Artikel berikut akan mengupas setajam silet tentang kuliner tersebut.

1Sate Bandeng

Mendengar kuliner sate tentu tidak terlepas dari Madura. Memang Madura menjadi icon dari olahan yang identik dengan dibakar ini. Namun, Serang memiliki juga olahan sate. Sate ini terbahan dasar ikan bandeng. Berbeda dengan sate daerah lain yang berbahan dasar daging ayam ataupun kambing. Ikan bandeng ini sebelum di buat sate harus dihilangkan durinya terlebih dahulu. Karena memang memiliki duri yang cukup banyak. Setelah itu bandeng yang bebas dari duri dicampur dengan rempah-rempah dan dibakar. Aroma dari bandeng ini akan menggoda Kamu, menggoda untuk segera mencicipinya. Aroma rasa juga tidak kalah dengan  makanan khas maluku yang paling dicari wisatawan.

2Rabeg 

Kuliner ini memang sangat terkenal di Serang. Selain karena masakan berkuah dengan daging dan jerohan kambing yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Juga cocok disantap dalam keadaan hangat. Terlebih ada tambahan nasi yang semakin membuat Kamu kenyang lebih lama. Untuk itulah, ketika berkunjung ke Serang kurang lengkap tanpa mencicipi masakan ini.

3Nasi Sumsum

Kuliner khas Serang yang tidak boleh di lewatkan adalah nasi sumsum. Nasi ini bukan seperti nasi pada umumnya karena terdapat sumsum kerbau atau sapi. Sumsum inilah yang semakin membuat masakan menjadi jauh lebih lezat. Selain itu, dipercaya masyarakat dapat menambah stamina tubuh. Cara membuat masakan ini terbilang praktis, nasi dicampur dengan sumsum tulang dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar dengan arang. Proses dengan dibakar inilah yang menjadikan masakan ini lebih menyehatkan. Tentu masakan ini wajib masuk dalam daftar salah satu masakan untuk dicari ketika ke Serang.

4Soto Khas Serang

Jangan bayangkan olahan soto hanya ada di Lamongan. Serang juga memiliki olahan soto yang tidak kalah ciamik. Tentu meskipun memiliki nama yang sama tidak akan sama seratus persen. Perbedaan soto Lamongan dan Banten adalah penggunaan kentang potong yang digoreng dan sebagai pelengkap tomat yang dimasak ke dalam kaldu soto. Selain itu, untuk menjaga masakan tetap menyehatkan tubuh menggunakan tambahan suwiran ayam. Awalnya menggunakan suwiran jerohan sapi. Karena banyak yang tidak menyukai dan menyebabkan kolesterol akhirnya diganti.

5Emping Menes

Emping menes ini merupakan olahan kerupuk yang berasal dari Kecamatan Menes. Sehingga, emping ini memiliki nama menes yang sama dengan daerah pembuatnya. Emping ini termasuk cemilan yang banyak disukai oleh masyarakat sekitar. Terlebih disantap dengan nasi, dijamin akan semakin membuat makan Kamu semakin lahap. Bahan dasar dari emping ini sama dengan emping pada umumnya yaitu melinjo yang banyak ditemukan di sekitaran daerah menes. Olahan ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Saat mengigit olahan ini akan terbayang kelezatan  kuliner teristimewa khas bali yang memanjakan lidah anda.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.