Wisata Kuliner Sidoarjo Yang Harus Kalian Nikmat

0
1335

Apa yang Kamu bayangkan tentang Sidoarjo. Lumpur lapindo yang begitu fenomenal dan menyedot perhatian masyarakat luas. Tentu jawaban itulah yang akan muncul. Namun, berbicara Sidoarjo tidak saja mengenai lumpur lapindo. Melainkan ada sesuatu yang menarik yang membuat siapa saja kangen untuk kembali berkunjung.

Kuliner, iya itulah yang akan kita bahas kali ini. Siapa yang tidak suka dengan kuliner? Semua orang pasti menyukainya. Terlebih kuliner itu berasal dari daerah tertentu yang memiliki ciri khas dan hanya ada di daerah itu. Pasti akan semakin ingin segera mencicipinya. Selaras dengan kuliner Sidoarjo. Kota yang tidak pernah sepi itu memang menyuguhkan berbagai kuliner yang nendang di perut. Selain itu, tidak kalah ciamin dengan wisata kuliner lembang kekinian yang harus kalian coba. Penasaran akan kuliner itu? Cermati artikel berikut secara seksama karena akan semakin banyak ilmu kuliner.

1Lontong Kupang

Lontong ini bukan berasal dari Kupang yang diplagiat oleh masyarakat Sidoarjo. Melainkan hanya untuk penyebutannya kerang laut. Lontong ini benar-benar khas dari daerah Sidoarjo. Komposisi dari kuliner ini berupa lontong itu sendiri, lentho, siraman kuah kupang. Cara untuk menyajikan terbilang unik, irisan lontong dan lentho dimasukkan dalam piring. Selanjutnya disiram dengan kuah kupang dipadukan dengan bumbu petis dan bawang putih. Masakan ini jauh lebih nikmat dimakan sembari bersanding dengan orang tersayang.

2Bandeng Asap

Bandeng ini wajib Kamu coba ketika ke Sidoarjo. Karena rasa dari bandeng ini akan begitu mempesona lidah Kamu. Sangat cocok bandeng ini dijadikan bahan untuk membuat berbagai masakan. Selain itu, nikmat juga ketika disantap dengan nasi. Olahan ini dapat bertahap dalam jangka waktu yang lama karena melalui proses pengasapan terlebih dahulu sebelum sampai ke konsumen.

3Bandeng Presto

Bandeng memang salah masakan yang banyak ditemukan di Sidoarjo. Wajar saja karena memang salah satu daerah perdagangan dan industri. Salah satu olahan bandeng yang cukup terkenal adalah bandeng presto. Presto sendiri merupakan cara memasak yang menggunakan uap air bertekanan tinggi. Cara ini dipercaya lebih efektif dibandingkan dengan digoreng. Sebab akan mengurangi rasa dan menimbulkan berbagai masalah penyakit. Rasa yang disajikan dari olahan ini dijamin enak dan pasti Kamu suka. Ketika mencicipi akan terbayang rasa wisata kuliner tegal yang wajib kalian datengin.

4Telur Asin

Kuliner telur asin merupakan salah satu makanan praktis. Telur asin ini dapat dijadikan lauk atau bahkan dimasak dengan berbagai sayuran lainnya. Telur yang digunakan bukan telur sembarangan. Melainkan telur bebek yang terkenak enak dan lezat. Cara untuk membuat telur asin terbilang mudah, telur diawetkan dengan garam yang akan menonaktifkan enzim perombak. Dalam proses mengawetkan terbilang lama sekitar 1 bulan. Meskipun lama tidak akan rugi menunggu karena rasanya mantab.

5Kerupuk Udang

Kerupuk ini merupakan salah satu olahan ringan yang sangat populer di masyarakat sekitar. Karena rasa udang akan terasa dalam kerupuk. Selain itu, juga kriuk dan cocok untuk cemilan dan pendamping makan. Kerupuk ini terbuat dari tepung tapioka dan udang yang telah ditumbuk halus. Campuran dua bahan itu dikukus hingga matang lalu diiris tipis-tipis. Dijemur hingga benar-benar kering lalu digoreng. Setelah itu siap untuk Kamu santap. Bumbu yang digunakan memiliki kemiripan dengan makanan tradisional kulon progo klasik tetapi tetap eksis.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.