Wisata Kuliner Solo Yang Harus Kalian Cicipi

0
587

Untuk mengenang sebuah perjalanan tidak saja berkunjung ke lokasi wisata dengan dokumentasi foto. Melainkan dengan mencicipi masakan khas daerah yang dikunjungi. Dengan kuliner inilah citarasa seakan tertinggal di lidah dan ingin kembali untuk  mencicipinya.

Sama halnya ketika berkunjung ke Solo kurang lengkap tanpa menikmati kuliner khasnya. Di Solo Kamu akan menemukan berbagai macam kuliner. Kuliner yang soal rasa tidak kalah dengan wisata kuliner garut yang wajib harus kalian tahu.  Tidak saja membuat kenyang, tetapi tidak kosong untuk kantong Kamu. Untuk itulah, menarik mengetahui kuliner apa saja yang ada di Solo. Selain sebagai rekomendasi juga untuk mengenal lebih jauh keanekaragam kuliner nusantara.

1Nasi Liwet

Kuliner pertama Solo yang harus dicicipi adalah nasi liwet. Nasi ini banyak disukai oleh masyarakat sekitar. Memiliki rasa yang gurih dengan tambahan sayuran jipang, daging ayam, telur, santan ketan, opor dan berbagai bahan lainnya. Melalui campuran yang lengkap ini menjadikan penikmatnya puas. Menariknya dalam penyajian nasi liwet ini masih tradisional, yaitu menggunakan daun pisang. Daun yang semakin membuat nendang kenikmatannya.

2Serabi Notosuman

Serabi mungkin telah menjadi salah satu menu favorid Kamu. Ketika melancong ke Solo coba serabi notosuman. Serabi ini memiliki tekstur yang kenyal, lembut, dan rasanya sangat legit. Ini tidak terlepas dari bahan dasar yang berupa tepung beras, santan, gula, daun pandan yang memberikan rasa wangi. Olahan serambi ini memiliki perbedaan dengan daerah lain. Perbedaan itu terletak pada kuah, serabi notosuman tanpa menggunakan kuah manis. Bentuk dari olahan ini cukup tipis dengan parutan kelapa yang banyak. Saat menikmati serabi ini Kamu akan terbayang 5 kuliner khas tegal yang paling menggiurkan dan bikin kamu ngiler.

3Selat Solo

Kuliner selat solo terbilang cukup banyak pengemarnya. Sebenarnya olahan ini tersusun atas irisan daging telur, potongan buncis, wortel, kentang yang dilengkapi dengan kuah sumur. Kuliner ini terbilang makanan sehat karena bahan yang digunakan berbupa sayuran dan daging yang memang bernutrisi tinggi. Coba deh ketika ke Solo menikmati makanan yang pernah dihidangkan untuk rasa Salman ini.

4Gudeg Ceker

Kuliner Solo selanjutnya yang sayang Kamu lewatkan adalah gudeg. Gudeng ini terdiri dari nangka muda, krecek (kulit sapi), telur, daging ayam, dan ceker ayam. Gudeng ini meskipun memiliki kesamaan dengan gudeg Yogyakarta namun soal rasa tentu berbeda. Gudeg Solo lebih dominan rasa asin dan gurih, berbeda dengan Yogyakarta yang cenderung manis. Masakan enak ini terbilang cukup murah hanya berkisar Rp.5.000-25.000 untuk perporsi. Tergantung lauk yang diinginkan.

5Tahu Kupat

Tahu ini begitu banyak dicari oleh masyarakat sekitar. Bahan dasar yang berupa ketupat, mie basah, taoge, tahu goreng hangat, bakwan goreng, dan taburan kacang goreng. Berbagai bahan ini memberikan sensasi berbeda ketika menikmatinya. Semua bahan yang telah disiapkan disajikan dengan bumbu kecap manis encer dengan rasa bawang goreng yang pas. Makanan ini meskipun sudah banyak tambahannya masih kurang lengkap tanpa tambahan telur dadar dan kerupuk. Rasa yang ditawarkan juga tergantung selera Kamu. Ada yang pedas dan ada yang tidak. Soal rasa jangan ditanya lagi Kamu pasti ketagihan.  Rasa dari tahu kupat ini mirip-mirip dengan makanan tradisional kulon progo klasik tetapi tetap eksis.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.