Wisata Kuliner Sukabumi yang Menggugah Selera Makan

0
913

Sukabumi sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Barat memang menarik untuk dibahas. Nama kota ini terbilang unik karena merupakan gabungan dari kata suka dan bumi. Suka yang berarti senang atau bahagia, sedangkan bumi menetap. Ketika digabung akan mengandung makna suatu wilayah yang disukai orang untuk menetap. Tentu Sukabumi memiliki iklim yang sejuk. Sehingga, tidak mengherankan banyak ditanami sayuran.

Iklim yang sejuk ini juga menjadi destinasi wisata bagi masyarakat. Mungkin sekadar untuk menyejukkan badan dan ada yang memang ingin menikmati akan keindahan alamnya. Tentu kalau membicarakan akan wisata alam kurang lengkap tanpa membahas akan kulinernya. Karena merupakan satu kesatuan yang wajib ada. Untuk itulah, artikel berikut akan membahas kuliner khas Sukabumi yang sangat menajubkan.

1Nasi Uduk Ungu

Nasi uduk ini memang begitu terkenal di Sukabumi karena warna yang disajikan berbeda dengan daerah lainnya. Warna ungu inilah yang menjadika daya terik tersendiri.  Bahan dasar dari nasi ini memang masih sama yaitu besar. Cara memasak juga masih sama. Namun, warna ungu ini berasal dari ubi ungu sebagai pewarna alami. Untuk soal rasa jangan khawatir karena ada rasa gurih, manis, dan harum dari ubi ungu. Selain itu, nasi ini juga dipadukan dengan berbagai lauk seperti tahu goreng, ayam goreng, telur, dan ikan. Perpaduan inilah yang membuat Kamu semakin bersemangat untuk menikmatinya. Makanan ini sepadan dengan 5 kuliner khas manado yang memikat lidah anda. 

2Bubur Ayam Sukabumi

Bubur ayam memang makanan yang tidak asing bagi masyarakat kita. Hampir setiap daerah selalu menemukan kuliner yang berbahan dasar beras ini. Setiap daerah juga memiliki ciri khas tersendiri. Begitu juga dengan bubur ayam Sukabumi. Penggunaan ati dan rempela ayam menjadikan ciri khas tersendiri. Selain itu, bagi penikmat masakan pedas jangan khawatir karena bubur ayam ini juga menyuguhkan citarasa pedas. Tidak saja pedas tetapi juga ada rasa gurihnya. Dalam penyajian secara bersamaan dibaburi dengan bawang goreng dan empeng di atasnya. Perpaduan inilah menjadikan bubur ayam begitu nikmati sebagai sarapan pagi. Kamu tidak perlu khawatir kuliner ini tidak akan menguras kantong karena hanya berkisaran Rp 10.000. Dapat mencicipi bubur yang nendang di perut ini. Dijamin akan katagikan dan terbawa dalam mimpi.  Rasa yang disajikan sama dengan kuliner khas madura yang membuat anda gila makan. 

3Geco

Kuliner ini merupakan singkatan dari Toge tauco. Kuliner ini berbahan dasar dari rebusan mie, rebusan toge dan saus tauco. Kuliner khas ini ditambahi dengan kupat atau ketupat. Tentu ada tambahan kerupuk. Selain itu, cara membuat mie dan taoge masih begitu alami, yaitu masih menggunakan arang. Cara yang alami ini akan menjaga rasa kuliner khas ini semakin sehat dan segar ketika dinikmati. Dijamin rasa yang dihadirkan akan menggugah selera makan.

4Bubur Bunut

Ketika berada di Sukabumi untuk sarapan pagi Kamu akan menemukan kuliner khas yang berupa bubur bunut. Bubur ini dapat ditemukan di Jalan Siliwangi, yang mana di jalan ini memang banyak menemukan pedagang bubur. Tentu bubur khas Sukabumi sangat cocok dinikmati sesudah olah raga pagi.  surga lidah khas cianjur yang begitu dirindukan Juga menarik karena sepadan dengan kuliner ini.

5Mochi

Kuliner khas Sukabumi selanjutnya adalah mochi.  Cemilan yang sagat terkenal dan banyak disukai oleh masyarakat. Testur yang lembut dan rasa yang menggoda menjadikan cemilan ini wajib Kamu coba ketika ke Sukabumi. Kue ini banyak variasa rasa dan bentuknya juga. Namun, yang sangat terkenal adalah mochi lampion. Kue yang sudah ada sejak dulu dan menjadi legenda bagi masyarakat Sukabumi.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.