Wisata Kuliner Tegal Yang Wajib Kalian Datengin

0
1259

Apa yang terbayang ketika mendengar nama Tegal. Tentu sudah bisa ditebak WARTEG (Warung Tegal). Warung yang fenomenal tidak saja di Tegal melainkan juga di daerah-daerah lain. Warung tegal ini akan menghantarkan Kamu untuk mencicipi berbagai masakan khasnya. Tinggal memilih dan menyesuikan dengan kebutuhan perut. Menariknya warung Tegal terkenal dengan harga yang pas di kantung. Pas ketika liburan dalam keadaan genting, genting soal keuangan.

Tentunya Tegal tidak saja terkenal dengan WARTEG-nya saja. Tetapi ada beragam masakan yang dijamin membuat siapa saja yang mencicipinya akan jatuh cinta. Soal bumbu yang digunakan di jamin berkarakter dengan perpaduan kreasi dari masyarakat sekitar. Ingin tahu akan jenis kuliner asli Tegal. Mari cermati artikel berikut karena akan tahu dan banyak ilmu.

1Soto Tauco

Kuliner Tegal pertama yang ngagenin adalah soto tauco. Soto ini dalam penyajian berisi nasi, tauge, daun bawang, daging ayam atau babat dan kuah kaldu. Jangan dibayangkan soto ini memiliki kemiripan dengan soto Lamongan. Sebab soto Tegal ini  terdapat campuran tauco yang semakin mantab. Selain itu, ada campuran lain yang berupa tempe, tahu susu dan kerupuk. Dijamin deh Kamu akan kengen untuk kembali mencicipinya. Soal rasa juga memiliki kesamaan dengan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

2Rujak Teplak

Rujak ini jangan dibayangkan seperti rujak pada umumnya. Sebab dalam sajian rujak Kamu akan menemukan sambal yang terbuat dari tape dan campuran bahan lainnya. Pasti kamu penasaran akan sambel tape. Sambal ini sebenarnya sama seperti membuat sambal pada umumnya. Hanya saja dalam membuatnya ditambahkan dengan tape. Sambal ini akan menghasilkan sensasi rasa asam, manis dan juga ada pedasnya. Sayuran yang digunakan bukan sembarang sayuran. Melainkan sayuran pilihan yang menjamin akan kehigenisan. Tentu akan membuat Kamu semakin sehat dan bugar. Dalam masakan ini Kamu akan menemukan kuliner legendaris di jawa yang membuai lidah.

3Tahu Pletok

Berkunjung ke Tegal kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner tahu pletok. Kuliner yang populer di masyarakat sekitar. Tidak saja karena rasa yang dihasilkan menggoda lidah, tetapi bahan yang digunakan juga bernilai gizi tinggi. Bahan utama dari kuliner ini berupa tahu kuning yang dipotong segitiga yang berisi tepung kanji, yang telah di buat adonan. Langkah selanjutnya tahu digoreng dengan api yang pas sehingga menghasilkan kematangan yang sempurna. Rasa yang gurih, manis, dan kriuk akan tersaji saat mengigitnya. Dijamin deh rasanya juara baget.

4Sate Kambing tegal

Membahas tentang sate kambing tidak ada habisnya. Sebab di berbagai daerah memiliki kuliner ini. Entah hanya menirukan atau memang khas daerah tertentu. Seperti halnya dengan Tegal, sate kembing yang memiliki tekstur empuk dengan potongan yang lebih besar dari sate pada umumnya. Kambing yang digunakan bukan kambing sembarangan, melainkan 2 bulan sebelum disembelih di beri makan daun waru. Makanan daun waru ini yang dipercaya membuat daging semakin empuk dan juga berkarakter. Tambahan nasi dan minuman dingin semakin lahap untuk menikmati sate khas Tegal ini.

5Kupat Blabed

Kuliner kupat ini wajib Kamu coba ketika berkunjung ke Tegal. Ketupat ini bahan yang digunakan sama dengan ketupat pada umumnya, hanya saja kuah sayur yang digunakan sedikit kental dan memiliki rasa pedas. Kuah yang kental dengan bumbu yang pas menjadikan makanan ini begitu istimewa. Terlebih dalam penyajiannya ditambahkan dengan sate daging mentok. Semakin membuat perut tidak ingin berhenti menikmatinya. Istimewanya dalam masakan ini akan menjumpai  makanan khas maluku yang paling dicari wisatawan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.