5 Martabak di Bintaro, Good place or good taste?

0
13532
martbak bos bintaro

Siapa sih yang gak tau makanan diatas? Baru ngeliat gambarnya pasti langsung ke pengen semua ya kan? Ya! Martabak.

Martabak di Indonesia sebenarnya dikenal 2 jenis, yaitu martabak manis dan martabak telor. Martabak manis lebih terkenal dengan sebutan Martabak Bangka. Kenapa sih? Ternyata martabak manis adalah makanan khas Bangka Belitung yang nama aslinya adalah Hok Lo Pan. Adonan dasar Hok Lo Pan ini sebenarnya sederhana loh, hanya dari tepung terigu dan mentega. Nah, kenapa sih martabak manis ini sekarang lagi “naik daun” banget dikalangan masyarakat? Karena adonan dasarnya yang sederhana dan lidah orang Indonesia yang mayoritas doyan yang manis-manis, sehingga kakak-kakak businesspreneur di Indonesia banyak berinovasi dan percaya diri untuk kuliner yang satu ini dengan variasi dan topping yang “kekinian” banget, its like Green tea, Ovomaltine, Nutella, Red Velvet, banana, blueberry, durian, strawberry, and all that.

Martabak manis

Nah, satu lagi yang gak kalah bikin ngilernya yaitu martabak telor. Somewhat distorted dari temennya tadi, martabak telor ini baisanya dicampur dengan daging dan daun bawang, dan gak jarang orang Indonesia makan jenis martabak ini pake nasi. Mengenai asal usul namanya, nama martabak diambil dari bahasa Arab (Murtabak) yang mempunyai arti terlipat.

Well, langsung aja yaa, kali ini aku mau me-review 5 tempat martabak di Bintaro yang cukup populer.

1Martabak Boss

“BOSS, Martabaknya Boss?” begitulah slogan dari Martabak yang terkenal karena warnanya yang ngejreng ini. Sebenernya martabak yang satu ini udah beken duluan di Ibu Kota (Jakarta). Tapi, pas pertama kali buka cabang di Bintaro tahun lalu, martabak ini langsung hebring juga di kalangan anak-anak Bintaro. Martabak Boss cabang Bintaro ini terletak di Bintaro Peoples Market (dulu tempat ini adalah Burger & Grill). Letaknya cukup strategis karena pas banget di pinggir jalan dan bersebrangan dengan Lotte Mart. Untuk nyari martabak ini sebenernya gampang banget karna salah satu ciri khas martabak ini ialah “dapur” martabaknya terletak di container berwarna kuning, lumayan jadi pusat perhatian dan jadinya bikin kepo untuk coba.

Honestly sebagai pencinta martabak, in terms of taste, menurutku martabak Boss ini rasanya biasa aja. Porsinya juga kecil (karna biasa beli di martabak pinggiran dikasihnya sebakul kali yaa) dan harganya yang “WOW” mungkin jadi menghilangkan selera. Hahahaha.. emang sih udah yakin dari awal karena dari segi tempatnya aja udah berbeda dengan lain, jadi pastinya harganya juga berbeda.

rasa martabak boss enak

Okey, lanjut! Martabak Boss kalau menurutku, sebagai pegawai kantoran tapi kantong mahasiswi sih pricey enough lah yaa. Sebenernya Martabak Boss ini nawarin ukuran martabak yang bisa disesuaikan juga dengan kantong kita. Bisa Tebal, Tipker (Tipis Kering), atau Single. But hellooooo… Martabak loh. Kayanya kalo pesen tipker pasti butuh yang tebel-tebelnya juga. Kalo pesen yang single? Gengsi keles udah 2015 masih aja single (yaudahlah jangan baper). Sebenernya range harga Martabak Boss sendiri dari segala jenis tipe yaitu sekitar 15rban – 100rban something, tergantung kamu banyak maunya atau enggak. Tergantung topping yang kamu pilih juga. Kalo dari segi menunya, aku akuin martabak Boss sangat bervariatif ya karena aku baca menunya aja sampe duduk berdiri lagi duduk berdiri lagi saking galaunya. Menu untuk martabak manisnya ada Martabak Original, Pandan Ciyus, Red Velvet, Matcha-Ma, duren edan, nutelle, toblerone, dan sebagainya. Favoritnya sih katanya Matcha-Ma, tapi berhubung aku gak suka matcha, sukanya yang crunchy-crunchy jadi aku order Martabak Ovomaltine.

Nah untuk martabak asinnya (martabak telur), di sini selain daging sapi, juga tersedia martabak asin tuna dan kornet curry. Keunggulan Martabak Boss bintaro ini, selain menunya yang bervariasi, tempatnya juga meng-iyakan untuk kita dine in nongkrong-nongkrong sama temen. Mostly tukang martabak di Jakarta kan sistemnya drive thru, gak nyediain tempat untuk kita makan, tapi karena Martabak Boss ini terletak di Bintaro Peoples Market, walaupun martabaknya di bungkus-bungkus juga, seengganya ada fasilitas untuk duduk dan makan di tempat ini.

Lokasi Martabak Boss yang ada di Bintaro :

Bintaro Peoples Market, Jl. MH Thamrin B7 A2 No. 9, Bintaro Sektor 7, Pondok Aren, Tangerang.

Open At: Everyday, 17.00-24.00 WIB

MY JUDGMENT TO THIS PLACE:

Taste: 7/10
Price: 6/10
Variant Menu: 8/10
Place: 9/10

2Martabak San Fransisco

 

Nah kalo Martabak yang satu ini berasal dari kota tetangga nih, aslinya dari kota Bandung. Tapi dari segi senior, kayaknya martabak San Fransisco udah beken dan terkenal cukup lama. Nah walaupun udah lama terjun didunia permartabakan, Martabak San Fransisco juga menyediakan variasi menu yang ga kalah loh dengan yang lain. Bicara soal rasa, martabak ini juara deh, Enak…!!!

Martabak manisnya empuk banget dan berasa semua topping-nya. Martabak telornya juga gurih. TOP pokoknya mah! Di Jakarta, kalau ga salah martabak San Fransisco hanya 3 cabangnya. Di Bintaro, Kelapa Gading, dan Depok. Martabak San Fransisco Bintaro ini rada ngeselinnya sebenernya cari parkirnya sih, karena letak outlet martabak ini yang agak nyempil dan pada jam-jam tertentu emang suka rame. Dari segi variasi menu, martabak San Fransisco lumayan bervariatif dan mengikuti jaman. Salah satunya adalah Martabak Oreo Cheese, hmmmmm very highly recommended to try!

Dari segi harga, martabak san fransisco ini pricey, tapi masih masuk dikantong dan worth it dengan rasanya kalau menurutku. Martabak San Fransisco juga memberikan variasi ukuran martabak yang berbeda-beda, contohnya tipis, medium, biasa, dan special. Range harga martabak ini sekitar 30-150rban. Buat warga Bintaro pecinta martabak yang belum coba martabak satu ini, buruan di coba yaaaaah!

Lokasi Martabak San Fransisco :

Jalan Bintaro Utama, Sektor 3A, Pondok Aren, Tangerang. Open At: Everyday ,17.00 – 01.00 WIB.

MY JUDGMENT TO THIS PLACE:

Taste: 9/10
Price: 8/10
Variant Menu: 8/10
Place: 6/10

3Martabak Orient

Walaupun belum begitu populer, dari segi rasa, martabak ini lumayan enak loh dan patut untuk dijadikan rekomendasi! Cabang martabak Orient di Jakarta dan sekitarnya jg belum terlalu banyak. Martabak Orient punya 2 cabang outlet di daerah BSD, satu di Bintaro, dan kalau gak salah baru buka cabang di Alam Sutera juga.  Dari segi menu, Orient memang belum “berani” untuk bervariasi, jadi untuk martabak manis, ada topping keju, coklat, kacang, kismis, nangka, dan lain-lain. Masih standard yah untuk martabak in nowadays.

Martabak Orient juga menyediakan ukuran mini loh, untuk martabak manisnya dan harganya juga masuk dikantong. Jadi yang kepo pengen coba topping-topping lain, bisa pilih ukuran mini ini. Martabak Orient letaknya di Tegal Rotan. Pas banget dekat dengan pintu keluar tol BSD – Bintaro. Dari pintu keluar tol Pondok Aren, Bintaro, martabak Orient ini berada di sebelah kanan jalan.

Lokasi Martabak Orient yang ada di Bintaro :

Jalan Raya Tegal Rotan no.62 Pondok Jaya Pondok Aren.

MY JUDGMENT TO THIS PLACE:

Taste: 8/10
Price: 9/10
Variant Menu: 6/10
Place: 8/10

4Martabak Bandung 21

Warga Bintaro Sektor 3 pasti gak asing dengan martabak yang satu ini. Martabak Bandung 21 bertahan dengan menu standard khas martabak. Eitss tapi jangan salah, walaupun pilihan menunya hanya sedikit, tapi pelanggan setia Martabak Bandung 21 ini tetap gak bisa move on loh! Berbeda dengan martabak-martabak lain yang hits pada jamannya, martabak ini mostly pelanggannya adalah orang-orang yang udah “agak” tua. That’s why aku bilang pelanggan setia hehehe. Martabak Bandung 21 rasanya menggelegar juara! Enak juga, PAS! Untuk pilihan ukuran, gak ada mini-minian disini. Jadi dihitung per Loyang martabak, tapi ada ukuran tipis kering juga. Untuk martabak telornya, ada yang telor bebek dan telor ayam. Must to try!

Lokasi Martabak Bandung 21 yang ada di Bintaro :

Jl. Bintaro Utama DD12 No. 43, Sektor 3A, Pondok Aren

MY JUDGMENT TO THIS PLACE:

Taste: 8/10
Price: 8/10
Variant Menu: 5/10
Place: 7/10

5Martabak Aidolai

Geser dikit dari pertengahan Bintaro, martabak yang 1 ini terletak di Graha Raya Bintaro. Tempatnya lumayan besar karena berada di ruko dan untuk berhenti parkir juga enak karena area parkirnya luas dan pas banget dipinggir jalan. Martabak Aidolai ini sebenarnya cabangnya udah lumayan banyak di Jakarta.  Dari segi rasa, sebenarnya martabak ini standard dan tekstur martabak manisnya agak kasar kalau menurutku. Tapi martabak Aidolai lumayan rame tiap malem di Graha Raya. Mungkin karena pilihan toppingnya yang lumayan beragam dan harganya juga amat sangat masuk di kantong untuk ukuran “martabak fancy”. Range harga martabak ini sekitar 5-50rban loh. Wow wow kan di banding yang lain? Hehehe lumayan untuk ganjel perut malem-malem.

Lokasi Martabak Aidolai yang ada di Bintaro :

Ruko Regia Bintaro, Jl. Graha Raya Bintaro, Bintaro. Opening At: Everyday, 14.00 – 23.00 WIB.

MY JUDGMENT TO THIS PLACE:

Taste: 7/10
Price: 9/10
Variant Menu: 6/10
Place: 8/10

Baca Juga : 5 Tempat Kuliner di Bintaro yang Wajib Kamu Kunjungi

Well untuk Bintaroers pencinta martabak, semoga bermanfaat informasinya and happy Kuliner yah! see ya on my next review.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.