5 Wisata Lidah Khas Sumatera Barat yang Selalu Dirindukan

0
33

Sumatera Barat yang beribukotakan Padang bukan hal asing bagi anda. Terlebih keindahan alam yang menggoda mata tentu siapa saja yang berkunjung akan segera ingin kembali. Pantai dengan ombak yang memena, indahnya pegunungan, dan bukit yang sayang untuk dilewatkan. Terlebih ketika datang bersama orang tersayang akan semakin berkesan hingga kamu tua nanti.

Selain keindahan akan wisata alam. Sumatera Barat juga menyuguhkan kuliner khas yang istimewa. Kuliner ini berbeda dengan kuliner daerah lain. Karena perpaduan dari rajikan bumbu, bahan dasar, dan tentunya tangan masyarakat yang sudah ahli dalam membuatnya. Tentu rasa yang dihadirkan semakin nendang di lidah anda. Dijamin rasa yang khas akan membuat anda terkesan. Untuk itu, sebagai bahan remomendasi artikel berikut akan mengupas terkait dengan kuliner khas Sumatera Barat.

1Ayam Pop

Kuliner Sumatera Barat pertama berupa ayam pop. Ayam ini begitu menjadi idola bagi masyarakat sekitar karena memang rasa yang disajikan begitu ciamik. Hal ini memang karena cara membuat yang berbeda. yaitu ayam segar dan pilihan yang bagus akan direbus dengan menggunakan air kepala. Air inilah yang akan membuat ayam semakin empuk dan tentunya bumbu semakin meresap. Makanan ini khas Padang yang memang sudah ada sejak ratusan tahun silam. Rasa yang disajikan memiliki sekamaan dengan surga lidah khas cianjur yang begitu dirindukan.

2Gejeboh

Mungkin adan bertanya-tanya akan nama makanan yang begitu unik. Meskipun unik jangan sangka bahwa sara yang dihadirkan begitu menggoda. Sebenarnya kuliner ini merupakan gulai khas padang. Tidak seperti daerah lainnya yang menggunakan daging kambing. Gejeboh ini justru menggunakan daging sapi yang terkenal lezat dan rendah kolesterol. Untuk itu jangan khawatir ketika menikmatinya. Campuran dari asam parem tampa parutan kepala inilah yang membuatnya menjadi idola di masyarakat sekitar. Adapun rasa juga mirip dengan mengintip dapur kuliner super lezat khas demak.

3Kulio Baluik

Kuliner khas sumatera Barat ini memang asing persoalan nama. Sesungguhnya kuliner ini memiliki kesamaan dengan rendang. Meskipun sama jelas ada perbedaan yang mendasar. Kulio Baluik ini merupaka rendang yang dimasak setengah jadi sehingga warna yang dihasilakan coklat muda. Tesktur yang lembut dan tidak sepedas dari rendanga nilai yang begitu akan memanjakan lidah anda.

4Lamang Tapai

Kuliner ini berbahan dasar ketan. Cara memanas juga mudah ketan dimasak dengan santan kelapa yang dimasukkan dalam bambu muda. Bambu ini kemudian di bakat hingga berubah warna menjadi kehitaman. Setelah itu dikeluarkan dan disajikan dengan tape ketan hitam. Rasa ketan yang memang enak dengan balutan santan kepala tentu akan membuat kamu semakin ingin nambah. Tentu ketika anda bekunjung ke Sumatera Barat wajib mencicipinya.

5Lontong Sagu

Kuliner khas berikunya adalah lontong sagu. Lontong ini memiliki kesamaaan dengan lontong pada umumnya. Meskipun demikian tetap ada perbedaan yaitu bahan dasarnya adalah sagu. Sagu yang bertekstur lembut dan memiliki citarasa yang lezat. Cara membuat lontong sagu ini juga mudah. Pertama menyiapkan tepung sagu yang dicampur dengan pisang gepok, gula merah, dan kepala parut. Setelah semua siap dicampur seluruh bahan tersebut dan digulung dengan daun pisang. Lontong yang setengah jadi inilah yang kemudian di panggang hingga masak. Lontong dipotong-potong sesuai ukuran dan ditaburi dengan parutan kelapa. Rasa sagu yang khas akan dapat anda temukan dalam lontong ini.Terlebih dinikmati sembari melihat pemandangan pantai indah nan menawan. Citarasa juga sama dengan 5 kuliner khas pacitan yang selalu dirindukan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.