Kamu Pecinta Bakso? Jangan Lewatkan Bakso di Bandung Berikut Ini

6
48170
bakso di bandung

Bakso di Bandung. Siapa yang tidak menyukai kota yang dijuluki “Kota Kembang” ini? Selain penuh dengan tempat menarik untuk wisata, di kota Bandung juga terkenal dengan surganya kuliner. Karena faktor cuacanya yang sejuk dan dingin, makanan-makanan hangat dan berkuah menjadi salah satu pilihan bagi para wisatawan Bandung. Salah satunya yaitu bakso. Makanan yang satu ini memang merupakan pilihan yang sangat pas untuk kawasan dataran tinggi seperti kota Bandung ini. Kali ini aku akan mereview beberapa tempat makan yang menjual ‘daging bundar’ ini di kota Bandung.

1. Bakso Barbel

bakso barbel

Bakso ini sangat unik dan berbeda lain dari pada yang lain. Selain bentuk baksonya yang menyerupai barbel, bentuk mangkok, sendok, hingga tempat tusuk giginya menyerupai barbel juga loh. Mungkin jika yang pertama kali berkunjung ke tempat makan ini dan tidak mengetahui pemiliknya, akan mengira-ngira bahwa tempat makan ini milik olah ragawan.

Namun  ternyata pemilik tempat makan ini ialah salah satu artis Indonesia yang memang sempat booming dengan “goyang barbel”nya. Agung Hercules merupakan pemilik tempat makan yang berada di Jalan Terusan Jakarta No. 234, daerah Antapani ini. Menu yang ditawarkan juga sangat unik-unik, misalnya seperti SOPAN (BakSO PANjang), Bareng, (Bakso Goreng), hingga Somse (siomay basah). Untuk harganya sendiri juga cukup murah, hanya sekitar 25 ribu rupiah sudah dengan es teh manis.

bakso barbel agung hercules

2. Bakso Istigfar

Bakso Istigfar

Agak unik nama bakso yang satu ini ya? Bakso yang terdapat di Warung Bakso Solo (di belakang Bandung Trade Center) ini memang sering bikin penasaran buat para pecinta kuliner di Bandung. Ternyata yang membuat kita mungkin mengucapkan “istigfar” seperti nama bakso ini ialah ukuran baksonya. Bakso ini berukuran seperti bola sepak takraw.

Bakso Istigfar

Kebayangkan besarnya? Namun karena pembuatannya cukup sulit, untuk mencicipi bakso yang satu ini sebaiknya dilakukan pemesanan dulu H-1 sebelum mampir ke tempat ini. Nomor yang bisa dihubungi ialah 081802131511 atau 081221494344. Untuk seporsi bakso istigfar, kamu harus mengoceh kantong kurang lebih sekitar 80 rupiah. Worth it dengan ukurannya yang sangat besar.

3. Bakso Linggarjati

Bakso Linggarjati

Nah kalo yang satu ini bakso sesepuh nih. Tempat makan yang bernama Mie Linggarjati ini sudah ada sejak tahun 1950. Tempat makan yang satu ini tetap mempertahankan cita rasanya dari berpuluh-puluh tahun yang lalu dan tetap menjadi favorit bagi para pecinta kuliner di Bandung.

Menu favorit di tempat ini ialah bakso babatnya. Selain menjual bakso, tempat makan ini juga menjual mie yamin yang juga menjadi favorit pengunjung tempat makan ini. Untuk seporsi mie yamin bakso babat, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 35ribu rupiah. Lokasi tempat makan ini berada di Jalan Balong Gede No. 1. Dekat dengan alun-alun.

4. Bakso Ja’i

Bakso Ja’i

Bakso Mang Ja’I merupakan salah satu bakso legenda juga  di kota Kembang. Sesuai dengan tulisan di spanduknya “Bakso Ja’I sejak tahun 1960”. Memang walaupun hanya berupa tenda kaki lima, namun bakso yang 1 ini sangat diminati oleh masyarakat Bandung. Dari siang hari pukul 13.00 bakso ini buka, hingga malam hari tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Bakso Ja’I berada di Jalan Gudang Selatan, tepatnya di samping rel kereta api Kosambi. Untuk semangkok bakso, harganya hanya sekitar 15 ribu rupiah.

5. Bakso Cuanki Serayu

Bakso Cuanki Serayu

Tempat makan yang satu ini sudah ada sejak tahun 1990. Cuanki ternyata merupakan singkatan dari “cari uang jalan kaki” karena usaha ini awalnya dilakukan dengan keliling menggunakan gerobak bakso. Selain bakso, juga tersedia batagor yang tidak kalah enaknya dengan bakso cuanki ini. Harga seporsi untuk bakso maupun batagornya yaitu 12 ribu rupiah. Tempat makan ini berada di Jalan Serayu No.2, dan memiliki cabang di Jalan Bengawan, dan Jalan Babakan Sari. Bakso Cuanki ini buka pukul 11 siang hingga jam 8 malam.

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.