Kuliner di Negeri Laskar Pelangi yang Meningkatkan Level Kebahagian Anda 

0
41

Belitung memang begitu asyik ketika dijadikan destinasi wisata. Kamu bakalan tidak akan melupakan akan keindahan yang disuguhkan di pulau di mana film “Laskar Pelagi” itu. Lokasi wisata di Belitung memang begitu terkenal, keesotisan pantai memang tidak begitu diragukan lagi. Siapa saja yang datang ke sana pasti akan terkagum-kagum. Dijamin tidak akan pernah menyesal.

Belitung tidak saja menyimpang pesona alam melainkan juga wisata kuliner yang tidak kalah ciamik. Tentu aroma rasa yang berbeda akan kamu jumpai ketika berkunjung ke Belitung. Berbagai olahan khas akan ditemukan. Akan membuat lidah kamu semakin menari-nari untuk terus mencobanya. Jangan khwatir bagi yang jauh dari Belitung karen artikel berikut akan memandu anda melihat dapur kuliner khas Belitung. selain itu rasa yang disajikan juga memiliki kemiripan dengan mencicipi surga lidah kuliner bumi reog ponorogo. 

1Mie Belitung

Kuliner khas Belitung pertama ini memang menggoda lidah. Jangan dipikirkan hanya sekedar mie saja, yang memiliki rasa yang sama dengan mie pada umumnya. Mie Belitung ini memiliki cira rasa yang khas. Mie iini disajikan dengan kuah udang yang kental, dicampur dengan mie dan tauge, irisan tahu goreng, emping dan cabe. Perpaduan yang tentunya akan jauh lebih berkesan di lidah kamu. Selain itu, racikan  bumbu yang pas membuat masyarakat sekitar begitu menyukai. Untuk itu, kurang lengkap ke Blitung tanpa mencicipi Mie Belitung.

2Gangan ikan

Kuliner Baliung ini begitu istimewa karena paduan kunyit, rasa asam nanas dan peda kuah kuning yang begitu menyegarkan. Sajian ini terbuat dari ikan, namun tidak sembarang ikan adapaun ikan itu berupa kakap, ilak, dan baronang. Hasil laut yang memang terkanal di Belitung dan bercirasa rasa sungguh enak. Perpaduan antara kunyit, bawang merah, dan putih, cabai, lengkuas, sereai, kemiri dan asam. Perpaduan yang tentu membuat masakan gangan begitu mak nyuss. Dijamin kamu ketika kesana akan kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner ini. Kamu juga akan menemukan kemiripan dengan 5 kuliner khas pemalang yang mamikat lidah anda.

3Kopi Khas Belitung

Kalau berbiacara kopi tentu sudah ditebak kamu dan seluruh masyarakat Indonesia akan sangat menyukainyai. Hampir setiap daerah memiliki kopi khas yang menjakan lidah. Begitu juga dengan Belitung yang tentu memiliki aroma khas. Salah satu tempat yang terkenal di Belitung adalah Manggar, yang dikenal sebagai kota 1001 warung kopi. Di Manggar inilah kamu akan menemukan kopi fenomenal khas Belitung. Bagi anda pecandu kopi jangan terwatkan untuk mempir ke Manggar jika ke Belitung.

4Suto Belitung

Kuliner ini hampir mirip dengan ketupar, namu rasanya tentu berbeda. Kuliner ini disajikan dengan irisan lontong, bihun, daging dan krupuk mlinjo. Selain itu ada kuah yang terbuat dari rebusan kari iga sapi yang dicampur dengan santan. Kare inilah yang membuat kuliner ini begitu istimewa. Kuliner ini sangat cocok dinikmati sambil besantai ditemani orang tersayang. Suasana yang akan meningkatka kebahagiaan kamu.

5Pais

Pais kuliner Belitung ini terbuat dari ikan yang dibakar. Sebelum di bakar berbagai rancikan rempah-rempah khas Belitung di campur dan dioleskan ke ikan. Dalam proses pembakaran inilah bumbu akan meresao dengan sempurna. Tentu bumbu akan terasa begitu jauh sampai ke tulang-tulangnya. Biasanya yang dijadikan bahan kuliner ini berupa ikan ilak, unsat atau cubit, Sejenis ikan yang berasal dari daerah Belitung, yang terkenal enak. Kuliner ini sangat cocok dipadukan dengan nasi hangat dan laut launnya. Tentu liburan kamu akan semakin berkesan. Masakan ini juga selaras dengan 5 kuliner khas manado yang memikat lidah anda.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.