Kuliner Khas Lamongan yang Menggoyang Lidah Anda

0
26

Lamongan merupakan salah satu kota di Jawa timur yang terkenal dengan wisata wisata bahari Lamongan (WBL). Lokasinya yang tidak jauh dari Gresik, Mojokerjo, dan Jombang Selatan menjadikan kota ini mampu menyedut wisatawan untuk berkunjung. Akses jalan yang mudah dan mulus juga menjadi fasilitas yang akan memberikan kenyaman sekaligus keamanan ketika menuju kota Lamongan. Tidak saja terkenal dengan WBL (wisata bahari Lamongan), tetapi terkenal juga akan kuliner yang membuat anda betah untuk berlama-lama di sana. Keberagaman kuliner khas kota Lamongan juga akan memudahkan anda untuk memilihnya. Untuk memudahkan anda menentukan kuliner yang ciamek, lezat, dan rasa berbeda di Lamongan. Artikel berikut akan mengulas kuliner khas Lamongan yang menggoda lidah anda.

1Soto Lamongan

Siapa yang tidak mengenal kuliner khas soto lamongan. Rasa yang dijamin enak dan memberikan sensasi yang berbeda akan anda dapatkan ketika menikmati soto Lamongan. Banyak orang yang menilai bahwa soto ini sebagai salah satu perpaduan yang baik dengan coto Makassar, meskipun demikian bahan yang digunakan jelas berbeda. Ketika anda menikmati soto Lamongan akan menemukan bumbu khas semacam bawang putih, ketumbar, kemiri, mrica, dan kunyit. Dengan perpaduan ini tentu akan membuat soto Lamongan lebih istimewa. Kuah yang berwarna kuning dengan perpaduan daging ayah, irisan tomat, kol, daun bawang, mie dan rebusan telur akan membuat lidah anda tergoyang untuk tidak berhenti menimkatinya. Kuliner soto Lamongan yang menggoyang lidah anda ini dapat dinikmati di mana saja, tidak perlu jauh untk mencari karena hampir setiap sudut kota ada penjual yang senantiasa menunggu anda.

2Tahu Campur Lamongan

Kuliner lamongan yang menggoda lidah berikuttnya berupa tahu campur. Di tempat lain mungkin anda menemukan kuliner tahu campur, tetapi makanan khas ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Perpaduan antara tahu, kelontong, perkedel, bihun, daging sapi, dan krupuk akan membuat perut anda tidak diam untuk terus menikmatinya. Terpenting yang membuat kuliner ini spesial berupa kuah yang dicampur dengan petis udang. Tentu dengan kuah ini akan membuat tahu campur menjadi lebih nikmat.

3Nasi Boranan

Kuliner nasi buronan mungkin aneh dilihat dari namanya buronan yang dalam bahasa Indonesia berarti kejar-kejaran. Namun, buronan di sini bukan karena harus berlari ketika menghindangkan melainkan banyaknya pilihan menu yang akan disajikan untuk anda. Pilihan menu itu semacam nasi dengan lauk yang beragam mulai dari ikan bandeng, daging ayam, sapi, tahu, tempe, jerohan, sundukan ati, telur, hingga ikan. Bervariasi inilah yang membuat nasi buronan khas Lamongan begitu di gemari karena anda bebas untuk memilih lauk sesuai dengan selera. Ketika anda berkunjung ke Lamongan kurang lengkap tanpa menikmati nasi buronan.

4Bandeng Colo Lamongan

Kuliner khas Lamongan ini berbahan utama ikan  bandeng. Salah satu jenis ikan yang enak di masak apa saja ini akan memberikan warna baru ketika anda menikmatinya. Bandeng di masak dengan sayur sup kuning.  Rasa yang dihadirkan terbilang berbeda. Perpaduan antara pedas dan perpaduan manis akan membuat lidah anda tidak berhenti untuk menikmatinya. Campuran bumbu khas Lamongan juga akan memberikan rasa yang spesial ketika di nikmati. Untuk itu, anda wajib menikmatinya ketika berada berkunjung ke Lamongan. Rasa kuliner khas Lamongan yang di suguhkan tiada duanya.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.