Menikmati Keindahan Pulau Bintan dengan Kuliner Khas Kepulauan Riau  

0
78

 

Siapa yang tidak tahu dengan keindahan alam yang disajikan oleh Pulau Bintan. Bentangan alam yang disajikan oleh kepulauan Riau ini memiliki daya tarik terutama pada pantai-pantainya yang jelita. Rasanya ada yang kurang jika kamu menikmati alam tanpa hindangan warisan kuliner khas melayu di pulau ini.

Bagi kamu yang memang memiliki agenda berlibur ke Pulau Bintan, wajib untuk mencicipi kuliner yang ada di Pulau Bintan. Sehingga liburan anda terasa lebih lengkap. Apa saja sih, kuliner yang digandrungi dari Pulau Bintan? Nah, artikel berikut akan mengulas kuliner yang wajib kamu buru di Pulau Bintan. Pokoknya, mak nyus. Yuk, simak ulasannya.

1Gonggong

Kuliner pertama yang wajib kamu cicipi adalah Gonggong. Gonggong merupakan kuliner berbahan siput yang memiliki cita rasa khas yang istimewa. Perlu kamu tahu nih, bahwa gonggong ternyata dipercaya untuk menambah vitalitas bagi kamu pria dewasa. Kamu dapat menikmati kuliner ini di Bay View Restoran, tepatnya di Jalan Pantai Trikora Km 36, Teluk Bakau Bintan. Di sana, kamu dapat menikmati seporsi Gonggong yang menggigit dengan view alam yang begitu mengagumkan.

2Otakotak Tulang

Seperti otak-tak pada umumnya, jajanan satu ini memang wajib kamu buru ketika mengunjungi Pulau Bintan. Cuma yang membedakan otak-otak tulang ini dengan olahan otak-otak lainnya adalah campuran tulang ikan yang istimewa. Sehingga kamu bakal menikmati sensasi cita rasa yang begitu lembut dari kuliner ini. Kamu dapat menikmatinya di kawasan Sei Enam, Kijang, Kecamatan Bintan Timur.

3Lakse

Kuliner selanjutnya yang wajib kamu santap adalah Lakse. Lakse merupakan hidangan serupa dengan Laksa, dengan diguyur kuah santan di atas mie, dan juga ditambah dengan irisan ikan. Tentu Lakse dengan khas bumbu melayu ini akan membuat lidah anda rindu dengan kuliner ini. Kamu dapat menikmatinya dengan mengunjungi RM Singgah Selalu yang beralamat di Jalan Basuki Rahmat, Tanjung Pinang.

4Nasi Dagang

Secara sepintas kamu bakal mengira kuliner ini mirip dengan nasi padang. Dan ternyata nasi dagang adalah kuliner unik yang menyerupai nasi uduk, disertai dengan siraman kuar kari ikan tongkol. Sedapnya nasi dagang ini dapat kamu nikmati di Rumah Makan Singga Selalu di Jalan Basuki Rahmar, Tanjung Pinang.

5Kopi Hawaii

Siapa yang gak kenal dengan kopi Hawai? Kopi Hawaii ini sudah terkenal di seantero Bintan. Sensasi cita rasa kopi alami yang disajikan dalam secangkir kopi Hawaii akan membuat lidah kamu bergoyang. Jadi kamu bakal rugi jika tidak menyeruput kopi khas Bintan ini. Kamu dapat menikmatinya di Jalan Pasar Berdikari yang terletak di Kecamatan Bintan Timur, Kijang.

6Kerang Bulu

Kuliner kerang bulu merupakan jenis makanan seafood. Kuliner ini begitu sedap dan mantab dan akan membuat anda ketagihan. Anda dapat menikmatinya dengan mengunjugi Rumah Makan Bay View, Jalan Pantai Trikore Km 36, Desa Teluk Bakau, Bintan.

7Bubur Pedas

Kuliner yang satu ini tidak sesuai dengan namanya yaitu Bubur Pedas, namun ketika kamu menikmatinya kamu bakal mendapat rasa gurih dan hangat dari kuliner satu ini. Meskipun kuliner ini bukan asli dari Bintan, namun bubur pedas ini layak untuk kamu coba. Cita rasa bubur pedas ini dapat kamu nikmati di Rumah Makan Tambelan Jalan Wiratno, Tanjung Pinang.

8Asam Pedas Melayu

Belum lengkap jika kamu belum menyambangi Kepulauan Riau tanpa menikamati lezatnya asam pedas melayu. Kuliner ini merupakan warisan dari kuliner melayu yang siap membuat anda merasa melayang saat menyantapnya. Kamu dapat menikmatinya di Rumah Makan Bay View Jalan Pantai Trikora Km 36, Teluk Bakau.

9Roti Jala/Roti Kirai

Di Rumah Makan Tarempa kamu dapat menikmati hidangan khas Bintan yaitu Roti Jala atau sering disebut dengan Roti Kirai. Kamu bakal siap-siap menggoyangkan lidah kamu saat menyantap kuliner yang satu ini. Cita rasa dari roti ini mungkin akan membedakan dengan roti-roti lainnya.

10Sotong Masak Hitam

Olahan cumi-cumi memang sering menggoda lidah kamu. Apalagi jika dimasak bersama tintanya. Warnanya yang hitam dan terlihat menjijikkan bagi kamu yang jarang memakannya. Namun kamu bakal terkejut dengan cita rasa makanan ini. Wouw, yang ada kamu bakal ketagihan. Kamu dapat menikmati kuliner yang satu ini di RM Pak Sidin Jalan Pantai Trikora Kawan, Kecamatan Gunung Kijang, Bintan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.