Nikmati Sensasi Goyang Lidah yang Tersohor di Jawa Tengah 

0
34

Jawa Tengah siapa yang tidak mengenalnya. Salah satu provinsi yang memiliki segudang lokasi wisata ini memang menarik untuk diberbincangkan. Lokasi wisata itu tidak saja bernuansa alam, tetapi berupa wisata belanja. Di Jawa tengah kamu akan dapat mengunjungi keraton yang memiliki nilai historis yang begitu tinggi. Tentu ketika kamu berkunjung ke Jawa Tengah tidak akan menjumpai kejenuhan karena di sana semua ada.

Selain wisata belanja dan alam. Di Jawa Tengah juga menyuguhkan akan wisata kuliner yang memiliki cita rasa yang mendunia. Dijamin lidah kamu tidak akan berhenti untuk mencobanya. Untuk itu, sangat disayangkan jika kamu berjunjung ke sana tidak menikmati akan kuliner khasnya. Karena akan membuat kamu semakin betah di sana. Jangan khawatir bagi kamu yang belum pernah ke sana karena artikel berikut akan mengupas terkait dengan kuliner Jawa Tengah.

1Telur Asin

Kuliner Jawa Tengah pertama ini memang begitu populer. Telur yang merupakan salah satu makanan empat sehat lima sempurna akan membuat kamu bahagia. Karena tidak saja diolah berupa di goreng atau direbus dengan cita rasa yang itu-itu saja. Di Jawa Tengah akan menemukan rasa yang berbeda, yaitu rasa asin. Telur asin ini berasal dari telur bebek yang begitu enak. Daerah yang begitu terkenal akan telur ini yaitu di Brebes. Ketika kamu ke Jawa Tengah jangan lupa berkunjung ke sana. Dijamin rasa yang ada membuat kamu semakin bahagia. Selain itu, rasa yang sijikan sepadan dengan 5 kuliner  khas manado yang memikat lidah anda.

2Brekecek

Kuliner khas Jawa Tengah yang kedua adalah brekecek. Mungkin asing mendengar nama kuliner ini. Meskipun demikian rasa yang disajikan tidak begitu asing karena akan memikat lidah kamu. Makanan khas ini berasal dari Cilacap yang berbahan dasar ikan pathak. Dalam proses memasak kuliner ini hampir mirip dengan rica-rica. Ada perpaduan rempah-rempah khas Jawa Tengah. Meskipun demikian jangan salah kuliner ini tidak mirip sepenuhnya dengan rica-rica karena berbahan dasar ikan. Berbeda dengan rica-rica yang berbahan dasar daging ayam ataupun bebek. Rasa yang disajikan juga berbeda dengan rica-rica. Untuk mengenal rasanya tentu kamu wajib untuk mencobanya. Menaiknya kamu dapat menyeraskan rasa dengan 5 kuliner khas pacitan yang selalu dirindukan.

3Tempe Mendoan

Siapa yang tidak mengenal tempe mendoan. Kuliner khas Jawa Tengah ini telah menjelajah nusantara dan banyak orang yang menyukainya. Meskipun berbahan dasar keledai samd dengan pembuatan tempa pada umumnya. Tetapi tempe mendoan ini memberikan sensasi rasa yang berbeda. Selain itu, juga ukuran yang lebar akan membuat kamu semakin kenyang ketika menyantapnya. Dalam proses pembuatanya cukup praktis tempe dirisi sesuai selera di campurkan dengan tepung terigu. Setelah itu tempe yang bercampur dengan adonan tepung di goreng hingga mendo atau garing. Karena garing, renyah, dan ada perpaduan rempah-rempah Jawa Tengah inilah yang membat tempe ini begitu di cintai oleh masyarakat.

4Nasi Gandul

Kuliner khas Jawa Tengah berikutnya ini memiliki nama yang unik, yaitu nasi gandul. Nasi gandul ini merupakan nasi uduk yang berasal dari Pati. Dalam proses penyajian begitu sepesial karena menggunakan daun pisang. Tentu kamu akan menemukan suasana tradisioal pedesaan dan begitu alami. Ras yang disajikan jangan tanya. Uenak pastinya, karena nasi gandul ini begitu gurih dan ada aroma harum daun pandan. Selain itu, nasi ini juga ada kuah dan di padukan dengan lauk daging sapi. Tentu akan semakin membuat lidah kamu tidak ingin berhenti menikmatinya.

5Mangut Beong

Kuliner Khas Jawa Tengah ini memang begitu spesial karena berasal dari Salatiga. Makanan ini terbuat dari ikan beong, ikan yang memiliki kemiripan dengan ikan lela, tetapi bukan ikan lele. Ikan beong ini merupakan ikan yang banyak ditemukan di sungai Progo. Tentu rasa dari ikan ini akan membuat siapa saja lupa diri. Lupa untuk segera nambah kembali. Kelembutan daging dan tidak mudah hancur ketika di masak menjadi keistimewaan dari ikan ini. Bagi Kamu yang berkunjung ke Salatiga Wajib menikmati kuliner jenis ini. Dijamin akan menggugah selera makan. selain itu, citarasa memiliki kesamaan memanjakan lidah dengan kuliner khas ambarawa yang ngegenin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.