Olahan Hasil Laut Bali yang Terus Menebar Kerinduan Lidah Anda

0
35

Siapa yang tidak mengenal Bali. Keindahan alam yang memang tidak diragukan lagi akan membuat siapa saja terpana melihatnya. Wisatawan mancanegera pun telah mengakui akan keindahannya. Tentu bagi anda yang telah berkunjung ke Bali akan dapat menceritakan jauh lebih detail. Namun, Bali tidak saja terkenal dengan keindahan alam tetapi juga kulinernya yang tentu membuat kamu ingin kembali.

Racikan bumbu yang pas dan rempah-rempah khas Bali akan jauh membuat lidah semakin tidak terhenti untuk menikmatinya. Terlebih makanan yang terbuat dari hasil laut, tidak saja membuat kenyang. Nutrisi yang ada juga akan membuat tubuh semakin segar dan sehat. Jangan khawatir ketika anda berkunjung ke Bali binggung untuk menemukan makanan berbahan dasar hasil laut. Karena akan banyak menemukan dan tentunya sangat khas. Sebagai bahan referensi mari kami pandu untuk mengenal olahan hasil laut khas Bali. Rasa kuliner ini hampir sama dengan mencicipi surga lidah kuliner bumi reog ponorogo.

1Sate Lilit

Sate mungkin tidak asing lagi di telingan anda. Bahkan sudah masuk dalam daftar makanan favorid. Tentu setiap daerah memiliki sate khas tersendiri. Seperti halnya dengan Bali. Bali memiliki sate yang berbeda dari daerah lainnya. Sate ini berbahan dasar ikan tunaa ataupun tongkol. Ikan yang tekenal lezat ini begitu spesial dipadukan dengan bumbu semacam jahe, kunyit, kencur, lengkuas, dan rempah-rempah lainnya. sate ini juga unik karena daging ikan akan dililitkan. Dijamin akan menemukan sensasi sate yang berbeda dari daerah lainnya. Nikmanya kuliner ini sepadan dengan 6 kuliner terciamik khas raja ampat yang nendang di perut.

2Sudang Lepet

Olahan hasil laut selanjutnya berupa sudang lepet. Kuliner ini bentuknya seperti ikan gepeng yang telah diasinkan. Olahan ini paling enak ketika digoreng begitu krispi. Tekstur yang krispi inilah yang akan membuat anda semakin bersemangat untuk menikmatinya. Selain itu, cocok juga dinikmati dengan nasi panas, sambal, dan lauk lainnya. Tentu kurang lengkap ketika ke Bali tanpa menikmati kuliner khas ini.

3Rujak Kuah Pindang

Rujak mungkin yang anda kenal adalah rujak buah. Namun, di Bali ada rujak yang sangat berbeda, yaitu rujak Kuah pindang. Rujak inii tentu berbahan dasar ikan pindang yang begitu lezat dan bergizi. Selain itu, meskipun menggunakan ikan pindang rujak ini tetap menggunakan buah. sehingga, anda tidak saja menimati akan enaknya ikan pindang, tetapi juga segarnya buah. Dijamin rasa yang ada membuat anda semakin tergoda untuk terus menikmatinya.

4Tum Ikan

Tum ikan meruapakan kuliner Bali yang begitu digemari. Kuliner ini berbahan dasar ikan laun yang masih segar. Karena kesegaran inilah yang akan membuat kuliner ini begitu ciamik. Cara memasak juga spesial karena tidak digoreng melainkan dengan du kukus. Tentu cara inilah yang akan membuat nustri ikan tetap terjaga dengan baik. Selain itu ikan segar juga dibumbuhi dengan parutan kelapa dan tidak lupa rempah-rempah khas Bali yang begitu menggugah lidah. Rasa yang disajikan memiliki kemiripan dengan menikmati sensasi kuliner khas jember dijamin lidah anda bergetar.

5Sate Kakul

Sate khas Bali ini begitu unik karena berbahan dasar siput. Banyak masyarakat begitu menyukai kuliner ini. Tidak saja masyarakat lokal tetapi juga mencanegara.Lendir yang terdapat dalam sipur menjadikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat penikmat. Utamanya warga masncanegara. Cara membuat sate ini juga tidak juah berbeda dengan sate pada umumnya. Daging siput di iris tipis kemudian disunduk. Sebelum di sunduk tentu diberikan rajikan bumbu yang akan membuat sate ini begitu nendang di lidah. Selanjutnya di bakar sedermikian rupa hingga matang. Aroma yang menggoda akan anda temukan ketika berada di dekat warung kuliner khas ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.