Tervelling Ke Jawa Timur, 5 Kuliner Teroke Menunggu Anda

0
35

Bagi kamu yang suka tervelling tentu akan begitu tambah berkesan kalau menikmati kuliner khas daerah yang dituju. Salah satu tempat travelling terindah adalah di Jawa timur. Karena di Jawa Timur kamu akan menemukan berbagai hal yang belum pernah ada di daerah lain. Dan tentunya akan membuat anda semakin yakin bahwa Jawa Timur memang is the best.

Tentuny ketika kamu ke Jawa Timur kurang pas tanpa mencicipi hasil olahan masyarakatnya. Dijamin lidah pasti akan terus memaju untuk melahapnya. Paduan berbagai bahan khas dan kecekatan masyarakat yang membuatnya tentu tidak akan kamu jumpai di tempat lain. setiap kota di Jawa Timur memiliki kuliner khas tersendiri. Untuk itu artikel berikut akan mengupas terkait dengan kuliner Jawa Timur yang akan selalu kamu rindukan. Rasa kuliner ini sepadan dengan 5 kuliner khas manado yang memikat lidah anda. 

1Rujak Cingur

Kuliner khas Jawa timur pertama ini merupakan hasil kreasi dari msyarakat Surabaya. Rujak Arek  Surabaya ini memang berbeda dengan daerah lain karena menggunakan cingur sebagai bahan utamanya. Cingur merupakan mulut kulit sapi. Dalam kuliner khas ini irisan mulut sapi dipadukan dengan buah-buahan. Selain itu, yang menarik juga ada tambahan rebusan kangkung, kacang panjang, taoge, tahu, tempe dan lontong. Peraduan rasa segar dan padas akan membuat lidah semakin menari-nari. Dijamin rugi ketika ke Surabaya tanpa mencicipi Rujak Cingur. Rasa yang disajikan memiliki kemiripan dengan mengintip dapur kuliner super lezat khas demak.

2Lontong Balap

Kuliner khas Jawa Timur selanjutnya ini masih tetap sama yaitu dari kota Surabaya. Namun dengan citaras dan nama yang berbeda, yaitu lontong balap. Lontong ini memiliki sejarah karena ketika dahulu penjual berjalan dengan cepat. Hal ini dikarenakan membawa pikulan yang terbuat dai tanah liat. Sehingga, dinamankan lotong balapan. Lontong ini khas karena ada kombinasi dari tahu, tauge, letho yang disiram dengan kuah, serta sate kerang, sambal, kecak. Tentu kelangkapan itulah yang semakin membuat kamu ketika berkunjung ingin kembali lagi. Rasa dijamin nomor satu enaknya.

3Rawon

Siapa yang tidak mengenal rawon. Makanan yang terdaftar sebagai makanan paling indah di dunia ini memang menggoda perut anda. Di Jawa Timur tepatnya di Pasuruan rawon akan dapat kamu jumpai. Sop daging sapi dengan kuahnya yang berwarna hitam ini sunggu menggoda. Dari bau daging sapi yang khas dengan tumpukan bumbu-bumbu yang dijamin kamu tidak berhenti untuk menikmatinya. Untuk itulah ketika ke Pasuruan penting singgah ke warung makan dan memesan rawon.

4Sego Tempong

Kuliner khas Jawa Timur ini berasal dar Banyuwangi. Kuliner ini disajikan dengan menggunakan berbagai aneka sayiram (rebusan daun bayam, kemangi, daun neningkir) yang sidiram sambal pedas. Selain itu juga ada aneka lauk semacam tempa, tahu, ayah goreng, bahwan jagung, serta nasi. Nama dari sego tempong ini sungguh unik. Sego yang berarti nasi, tempong yang berarti memukul atau menampar. Memukul ini diselaraskan dengan rasa pedas yang sungguh memukul lidah. Hal inilah yang menjadikan nama sego tempong. Rasa pedas akan membaut kamu semakin berbagairah untuk menikmati.

5Soto Lamongan

Ketika berkunjung ke Jawa Timur tidak pas tanpa mencicipi soto Lamongan. Soto ini begitu terkenal di masyarakat Jawa Timur. Suiran daging ayam, ceker ayam, ati ampela, irisan kol, tomat, daun bawang, buhin, irisan ayam akan teratata di depan kamu. Selain itu, ada serbuk koya yang akan membuat soto Lamongan semakin aduhai untuk dinikmati. Percaya rasa yang disajikan begitu nendang di lidah. Rasa yang disuguhkan mirip dengan kuliner khas madura yang membuat anda gila makan. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.