Wajib Kamu Coba Kuliner Khas Jepara Berikut Ini Saat Mampir ke Jawa Tengah

0
25

Jepara merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi jawa Tengah. Kabupaten yang berada di pesisir utara Pulau Jawa ini memiliki ikon sendiri sebagai penghasil kesenian ukiran dan seni rupa yang sudah mendunia. Selain itu, kabupaten ini juga memiliki kekayaan alam yang dapat dieksplor karena memesona dan eksotis. Berbagai kekayaan alam seperti pantai, gunung, dan juga air terjuan ada di kabupaten ini. oleh karena itu tidak mengherankan jika kabupaten ini selalu ramai oleh para pengunjung yang datangnya dari dalam negeri maupun luar negeri. Nah, artikel berikut ini bukan untuk membahas tentang wisata itu ya, kali ini kami akan mengajak kamu untuk menikmati kuliner khas Jepara yang wajib kamu coba ketika melintas di Jawa Tengah. Apa saja sih, kuliner khas Jepara yang kabarnya menggoda selera itu? Yuk mari kita simak ulasannya berikut ini.

1Sensasi Rasa Khas Kuluban Jepara

Kuliner khas Jepara yang wajib kamu coba yang pertama adalah Kuluban. Kuliner ini merupakan makanan favorit bagi masyarakat Jepara. Menggunakan berbagai bahan sayuran sebagai bahan utamanya, kuluban selain memiliki enak juga kaya dengan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kuluban merupakan makanan yang isinya berupa campuran kacang panjang, petai, nangka muda, daun kacang panjang, dan tauge. Sayuran itu kemudian dicampur dengan bumbu kelapa. Biasanya sih orang menyebutnya dengan urap. Nah, dijamin ketika mencicipi kuliner yang satu ini kamu akan dibuat ngiler dan ketagihan karena kelezatan yang ditawarkan oleh kuliner ini.

2Horok-horok Khas Jepara

Kuliner khas Jepara yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Horok-horok. Bagi kamu mungkin nama ini terlalu asing dan membuat kamu penasaran. Namun bagi para pemburu kuliner makanan ini selalu menjadi buruan utama ketika mereka berada di Jepara. Horok-horok adalah makanan yang terbuat dari bahan utama tepung pohon aren. Biasanya orang di daerah Jepara menjadikan kuliner ini sebagai pengganti nasi. Kamu akan dibuat ketagihan ketika mencicipi kuliner ini. apalagi kamu nikmati dengan ditemani sate kikilm, bakso, sayur pecel, dan lauk lainnya sesuai dengan selera kamu.

3Blenyik atau Tempong Khas Jepara

Kuliner khas Jepara yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Blenyik atau Tempong. Kuliner ini adalah makanan yang menggunakan bahan utama ikan teri, biasanya nih teri yang masih mentah ini akan dibumbui dengan resep yang diturunkan dari para penduhulu di kota Jepara. Kemudian di jemur dan dikeringkan di bawah terik matahari. Setelah itu langsung deh, dapat disantap. Namun tentunya mengalami proses pemasakan dahulu ya. biasanya banyak pengunjung yang datangnya dari dalam negeri maupun manca negara mencari kuliner ini dijadikan sebagai oleh-oleh. Nah, jika kamu ingin mendapatkan kuliner ini kamu harus pergi ke Desa Karangji, Jepara.

4Rondo Royal Khas Jepara

Kuliner khas Jepara yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Rondo Royal. Kuliner ini adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan utama tepung beras. Biasanya makanan ini digunakan untuk camilan ketika waktu santai. Selain tepung beras, juga menggunakan tape. Pada dasarnya dapat dikatakan kuliner ini adalah gorengan tapai. Tentu akan terasa nikmati kamu nikmati ketika bersantai di sore hari bersama dengan keluarga dengan ditemani secangkir kopi. Untuk mendapatkan kuliner ini, kamu dapat membeli di pasar-pasar yang ada di Jepara.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.