Garuda Wisnu Kencana, Maskot Pariwisata Bali di Masa Depan

0
16211
garuda_wisnu_kencana

Garuda Wisnu Kencana yang juga dikenal dengan GWK Bali merupakan obyek wisata yang saat ini cukup populer di Bali. Terletak di Bali bagian selatan, taman budaya ini masuk dalam wilayah administratif Nusa Dua, sebuah kecamatan di Kabupaten Badung, yang berjarak kira-kira 40 km dari kota Denpasar. Area taman budaya ini terletak pada ketinggian 263 m dpl. Harapannya, taman budaya ini nantinya akan menjadi mercusuarnya Bali.

Sebuah tempat di mana pengunjung bisa menikmati keindahan landscape Bali dari tempat tersebut, sekaligus menikmati sajian kesenian dan budaya yang akan disajikan di tempat ini. Taman budaya berlatar panorama indah pulau Bali ini akan dijadikan sebagai salah satu icon pariwisata Bali, sebagai upaya untuk membangkitkan pariwisata Bali yang sempat lesu sejak peristiwa bom Bali.

Keistimewaan utama taman budaya ini yaitu keberadaan patung raksasa dari Garuda Wisnu yang nantinya akan menjadi maskot tempat tersebut. Sebuah patung raksasa yang menggambarkan Dewa Wisnu menunggangi Garuda setinggi 12 meter. Patung raksasa ini direncanakan akan dibangun setinggi 75 meter, dengan lebar 60 m. Jika rencana ini bisa terwujud, artinya kita memiliki patung yang tingginya melebihi Patung Liberty. Saat ini patung tersebut masih dalam proses pengerjaan oleh seniman terkenal I Nyoman Nuarta.

garuda_wisnu_kencana

Taman budaya ini terdiri dari beberapa tempat yang menarik untuk memuaskan pengunjung, diantaranya :

1. Wisnu Plaza

Plaza Wisnu

Wisnu Plaza merupakan lokasi tertinggi dari taman budaya ini. Rencananya patung Garuda Wisnu Kencana akan ditempatkan di sini. Dari tempat ini, Anda bisa melihat panorama indah yang memperlihatkan kecantikan pulau Bali. Patung Wisnu mengendarai Garudanya akan menjadi titik sentral Wisnu Plaza, dengan dikelilingi air mancur dari Parahyangan Somaka Giri. Parahyangan Somaka Giri secara historis dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai air suci yang mampu menyembuhkan penyakit. Selain itu, penduduk setempat juga melakukan ritual memohon pada Dewa Hujan pada saat musim kemarau tiba di tempat ini.

2. Street Theater

Street Theater

Bila Anda berkunjung ke taman budaya GWK Bali, Street Theater akan menyambut Anda. Di tempat ini Anda akan menemukan banyak pertokoan dan restoran. Selain itu, sesuai dengan namanya, tempat ini sering digunakan sebagai tempat untuk fashion show ataupun berbagai pertunjukan street art. Anda bisa menikmati berbagai atraksi yang sering dihelat di sana, sekaligus menikmati wisata belanja di tempat ini. Anda bisa memperoleh berbagai souvenir dan merchandise khas Bali maupun merchandise GWK sendiri, terutama di GWK Souvenir Shop dan juga Bali Art Market. Anda juga bisa menikmati pijat refleksi kaki khas Bali setelah lelah berjalan-jalan. Setelah itu, Anda bisa menuju restoran di sana, di mana Anda bisa memanjakan lidah Anda dengan berbagai sajian menggugah rasa yang mereka tawarkan.

3. Lotus Pond

Lotus Pond

Lotus Pond merupakan area terbesar di taman Garuda Wisnu Kencana. Lotus Pond merupakan tempat yang cocok untuk mengadakan acara outdoor berskala besar. Lotus Pond dikelilingi pilar-pilar berbahan batu cadas yang unik serta berlatar belakang patung berbentuk kepala Burung Garuda. Hal ini menjadikan area yang kapasitasnya mencapai 7500 orang ini cocok untuk berbagai even besar. Selama bertahun-tahun, tempat ini telah dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan even baik berskala nasional maupun internasional.
Selain beberapa tempat di atas, Garuda Wisnu Kencana juga dilengkapi dengan sebuah taman yang bernama Taman Indraloka. Tempat ini merupakan spot favorit di taman budaya GWK, karena memiliki pemandangan yang sangat indah. Taman Indraloka sangat cocok sebagai tempat untuk mengadakan pesta kecil bersama teman atau keluarga, teman sekantor atau pesta pernikahan dengan undangan terbatas. Selain tempatnya nyaman, kita bisa menikmati indahnya pulau Bali dari tempat ini. Demikianlah ulasan mengenai taman budaya GWK Bali. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang merencanakan berlibur ke Pulau Dewata.

Itulah beberapa spot wisata yang dapat Anda nikmati jika berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana. Yang pasti jika Anda belum pernah mengunjunginya, anda wajib untuk menempatkan tempat wisata di Bali ini di list destinasi wisatan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.