Menikmati Keajaiban Dunia di Magelang

0
54407

Siapa yang tidak mengetahui akan keajaiban dunia yang berada di Indoesia? Siapa yang tidak mengenal Candi Borobudur? Candi yang termasuk ke dalam salah satu keajaiban dunia ini memiliki relief 1460 dan 504 stupa Budha di dalam kompleknya. Banyak orang yang akan sangat terpincut untuk mengunjungi bangunan ini karena memiliki arsitektual maupun fungsinya sebagai tempat ibadah yang sangat memikat hati.

Candi Borobudur terletak di Magelang yang dibangun oleh Raja Samaratungga yang merupakan salah satu raja kerajaan Mataram Kuno, keturunan dari Wangsa Syailendra. Borobudur menurut Hudaya Kandahjaya merupakan tempat ibadah yang telah dibangun 26 Mei 824. Nama Borobudur berasal dari bahasa Sansekerta “Vihara Buddha Uhr” yang artinya Biara Budha di Bukit, atau sebuah gunung yang berteras-teras, sementara beberapa yang lain mengatakan Borobudur berarti biara yang terletak di tempat yang tinggi.

Objek wisata yang berada tepat dikawasan Jawa Tengah tepatnya di Desa Borobudur – Kecamatan Borobudur, Kab. Magelang – Jawa Tengah dengan jarak sekitar 40 km sebelah barat laut Yogjakarta, 7 km arah selatan Kota Magelang. Candi Borobudur merupakan sebuah bangunan yang sangat megah dengan sejarahnya memiliki luas dasar persegi sekitar 15129 meter persegi.

Candi Borobudur

Borobudur disetiap tingkatannya memiliki relief yang sangat indah, teliti dan sangat halus, menunjukkan sekali betapa mahirnya pembuatnya. Borobudur memiliki bentuk berupa punden yang berundak terdiri dari 10 tingkat. Saat ini memiliki tinggi 34,5 meter setelah direnovasi dari tinggi sebelumnya 42 meter karena bagian paling bawah digunakan sebagai penahan. Refief yang terbaca secara beruntut bila Anda berjalan searah jarum jam (arah kiri dari pintu masuk candi). Pada reliefnya Borobudur akan bercerita tentang suatu kisah yang sangat melegenda, yaitu Ramayana. Selain itu, terdapat pula relief yang menggambarkan kondisi masyarakat saat itu.

Keseluruhan dari relief yang ada di Borobudur mencerminkan ajaran sang Budha. Karenanya candi ini bisa dijadikan sebagai media edukasi bagi orang-orang yang ingin mempelajari ajaran Budha.

candi borobudur

Candi Borobudur memiliki rancangan yang berbeda dari candi-candui pada umumnya. Candi yang dibangun di atas bukit, bukan di atas permukaan tanah yang datar. Di dalam candi tidak ditemukan ruangan khusus yang biasa digunakan sebagai ritual pemujaan seperti pada candi-candi lainnya. Hanya saja ada barisan lorong sempit yang panjang berbatasan dengan dinding candi yang bertingkat.

Jika Anda akan berkunjung ke Candi Borobudur jalur perjalanan Anda menuju kesana sangatlah mudah. Anda bisa mengambil jalur dari arah Yogjakarta atau Semarang. Jika dari arah Yogjakarta Anda bisa transit di Terminal Bus Giwangan – Yogjakarta, selanjutnya perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan transportasi bus jurusan Terminal Borobudur dan Anda bisa melanjutkan dengan sarana becak dan dokar menuju ke pelataran Candi Borobudur.

Jika Anda akan mengambil rute perjalanan dari arah Semarang, Anda bisa menaiki bus jurusan Yogjakarta kemudian turun di terminal Magelang, dari sini Anda melanjutkan perjalanan kembali ke Terminal Borobudur dan melanjutkan kembali dengan sarana becak dan dokar menuju ke pelataran Candi Borobudur.

Jika Anda tidak cukup puas menikmati pesona keindahan Candi Borobudur Anda bisa menginap di hotel murah dari Traveloka disekitar Borobudur. Salah satunya adalah Hotel Cempaka Villa, jika Anda menginap di hotel ini. Anda akan menikmati Sunrise dan Sunset di Candi Borobudur karena jarak dari Hotel Cempaka Villa sangat dekat. Anda hanya membutuhkan waktu selama 5 menit dengan berjalan kaki menuju Candi Borobudur. Hotel Borobudur juga bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk menginap, karena terletak di depan pintu masuk Candi Borobudur dan sangat dekat dengan pusat perbelanjaan. Harga yang ditawarkanpun cukup murah. Ini sebagai alternatif bagi para backpeker. Hotel Rosita yang berada di Jalan Syailendra Raya 8 Borobudur, Magelang, Jawa Tengah yang terletak utaranya candi juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk penginapan. Dengan biaya penginapan yang relative murah, memberikan fasilitas yang tidak kalah mewahnya dengan hotel-hotel lainnya. Radius tempuh hotel Rosita dari Candi Borobudur hanya sekitar 1 km.

Untuk bisa menikmati keindahan semua pesona Candi Borobudur Anda hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp. 30.000 untuk Dewasa (6 tahun keatas) dan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 12.500 jika dibawah usia 6 tahun atau pelajar.

Tips disaat Anda akan mengunjungi Candi Borobudur diataranya Anda sebaiknya membawa payung sebagai penghalau panasnya matahari. Karena di Candi Borobudur ini tidak ada tempat yang bisa digunakan untuk berteduh menghalau teriknya panas matahari. Selain itu gunakan pakaian yang sangat mudah sekali menyerap keringan. Karena dengan Anda berjalan-jalan diarea ini yang sangat luas dan berundak-undak akan sangat membuat Anda menjadi mudah berkeringat.

Tidak terlalu mahal biaya yang dikeluarkan untuk menikmati keindahan keajaiban dunia ini. Kapan Anda akan berliburan ke Borobudur?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.