Hutan Wisata Alam Sangeh Bali, Tempat Berkumpulnya Para Kera!

0
19882
monyet sangeh bali

Sangeh adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Bali. Objek wisata yang satu ini berlokasi di Kecamatan Abiansemal, tepatnya Kabupaten Badung. Lokasinya hanya berjarak 50 km saja dari pusat kota Denpasar atau bisa memakan waktu sekitar 45 menit. Tak hanya sebagai objek wisata saja, kawasan wisata ini juga termasuk area hutan lindung dengan luas areal 14 hektar. Tempat ini sebagian besar banyak ditumbuhi pepohonan pala atau dipterrocarpustrinervis dengan ketinggian 50 meter kurang dan dihuni sebanyak 700 ekor hewan kera macaca faciculais atau biasa disebut kera abu-abu.

Pesona wisata paling menarik di Sangeh memang terdapat pada aneka macam kera di dalamnya yang menghuni area hutan di kawasan objek wisata tersebut. Ketika Anda berkunjung ke tempat ini, sebaiknya harus berhati-hati sebab kera-kera di sini terkenal akan jahilnya. Di mana kera-kera tersebut seringkali mengambil peralatan atau barang bawaan para wisatawan lalu mengembalikannya jika wisatawan memberikan makanan favoritnya, seperti kacang, pisang dan lainnya. Selain itu, kera-kera di sana juga mempunyai beberapa kelompok. Dimana masing-masing dari kelompok tersebut mempunyai 1 pemimpin. Di antara kelompok-kelompok tadi masih mempunyai raja atau pemimpin tertinggi yang memimpin semua kera yang berada di objek wisata ini.

Seperti halnya manusia yang akan memilih pemimpinnya, para kera pun memutuskan kera yang hendak di pilih tersebut harus mempunyai karisma serta kekuatan melebihi kera lainnya. Adapun para pemimpin tersebut mempunyai hak-hak melebihi dari kera yang lainnya khususnya untuk mengawini kera yang betina maupun dalam hal jatah makanan.  Umumnya kera yang sudah dituakan sendiri maka dianggap sebagai raja kera. Rajanya kera inilah yang diberikan kesempatan memperoleh makanan hingga puas, kemudian setelah kera tersebut puas maka sisanya akan diberikan pada kera yang lainnya.

sangeh bali

Selain itu, menurut pengelola objek wisata Bali ini pun di buat taman Kerajaan Mengwi. Supaya terlihat lebih cantik, maka tanaman tersebut pun ditumbuhi oleh pohon pala khusus berasal dari kawasan Gunung Agung. Rencana dari pembuatan taman Kerajaan Mengwi ini sebenarnya sangat dirahasiakan, tetapi akhirnya pembuatan dari taman tersebut pun diketahui beberapa orang. Sebagai akibatnya, pembuatannya pun akhirnya dihentikan, sampai akhirnya objek wisata ini dinamakan sebagai Hutan Wisata Sangeh, artinya adalah ada orang melihat.

Objek wisata ini berlokasi 20 km dari Denpasar bagian Utara, tepatnya seberang jalan ke Pelaga. Tak hanya kera saja yang menjadi daya tarik di tempat wisata ini. Namun di hutan wisata ini pun terdapat sebuah pura yang ditempatkan di tengah area pohon pala disebut juga sebagai Pura Bukit Sari. Adapun hutan dari pohon pala ini termasuk aral suci dari pura yang pasalnya dikeramatkan masyarakat dari Desa Adat Sangeh. Untuk mengunjungi objek wisata di sini biasanya dikenakan biaya tiket masuk Rp.5000, serta ada juga beberapa petugas yang mengelola lokasi wisata yang siap untuk membantu para pengunjung.

Ada beberapa petunjuk ketika memasuki kawasan wisata ini yang harus Anda ikuti, di antaranya berpakaian dengan sopan, hati-hati membawa perlengkapan atau barang bawaan, serta dilarang mengganggu para kera di sana. Sebelum memasuki kawasan wisata ini, Anda dianjurkan membeli makanan para kera, diantaranya jagung atau kacang-kacang yang biasanya dijual di area kios-kios kawasan wisata. Selain itu, di sudut pura yang berada di kawasan wisata ini ada beberapa jenis patung-patung berbentuk kera yang merupakan bagian arsitektur pura yang ada di kawasan wisata Sangeh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.