Mengintip 5 Tempat Wisata Religius di The City of Tolerance

0
41

Jombang, salah satu kota di Jawa timur ini memiliki nilai tersendiri di mata wisata dunia. Selain memiliki panorama alamnya yang mempesona dan kerap memikat siapa saja yang datang ke kota bernama lain kota santri ini. Jombang juga memiliki destinasi wisata ciamik lainnya. Khususnya bagi kamu para traveller yang mengincar suasana religius. Jombang memiliki banyak spot-spot menarik buat kamu yang ingin melancong, melakukan perjalanan religius yang menyenangkan, menenagkan, sekaligus menggembirakan. Kota kelahiran pembesar Nahdlatul Ulama ini bisa dibilang surganya wisata religius. Sebab di sini kamu bisa menemukan beragam suasana yang religi. Bagi kamu yang baru pertama kali berkunjung ke Jombang. Dan bingung memiliki tempat mana yang pas untuk dijadikan wisata religius. Tenang, artikel ini akan membantu menuntunmu menemukan beberapa spot menarik, yang tentu tidak akan mengecewakanmu. Tempat wisata lain yang tidak jauh dan tidak kalah menarik dari wisata ini yakni tempat wisata menarik di surabaya yang harus dikunjungi.

1Masjid Dr. H. Moeldoko

Meskipun nama masjid ini tidak menggunakan nama arab pada umumnya. Jangan khawatir, kamu tidak akan kecewa ketika singgah di masjid yang satu ini. Nama ini diambil dari nama pembangunannya, yakni Dr. H. Moeldoko, yakni mantan Panglima Tentara Republik Indonesia (TNI). Masjid yang dibangun dengan arsitektur modern ini bisa menjadi salah satu pilihan ketika kamu berburu wisata religius. Sebab di sini kamu bisa menikmati momen ibadah dengan khusyuk. Masjid ini terbilang masih baru. Sebab dimulai dibangun pada tahun 2014. Model bangunan ini terinspirasi ketika Sang Panglima Moeldoko melakukan kunjungan ke Masjid Biru, Istambul, Turki. Selain untuk beribadah, selesai beribadah kamu juga bisa melakukan hal lain seperti berbelanja. Sebab di sekitaran masjid tersebut terdapat gedung Islamic Center, juga pusat oleh-oleh.

2Masjid Agung Jombang

Lokasi selanjutnya yang dapat kamu pilih adalah Masjid Agung Jombang. Masjid ini bisa kamu jadikan refrensi sebagai spot wisata religius menarik ketika memilih Jombang sebagai lokasinya. Masjid yang berdiri di pusat kota Jombang ini akan memberikan kesan tersendiri bagi kamu yang singgah dan menikmati ibadah di dalamnya. Bangunan arsitektur yang megah bisa memunculkan kesan lain. Seakan kamu tengah beribadah di dalam istana Tuhan yang begitu agung. Masjid ini dibangun tidak lain sebagai pusat ibadah masyarakat Jombang. Tempat wisata lain yang menarik juga untuk dikunjungi adalah destinasi wisata teristimewa di kediri yang menunggu anda.

3Kawasan Makam Gus Dur

Semua orang tentu sudah tidak asing dengan lokasi yang satu ini. Nama besar Gus Dur sudah tidak menjadi nama yang asing lagi di kalangan negeri sendiri maupun di negeri tetangga. Sosok Gus Dur menjadi icon religius negara kita. Kawasan ini menjadi kawasan wajib bagi mereka yang melakukan wisata religius yang harus dikunjungi di kota Jombang. Lokasinya berada di sekitaran Pondok Tebuireng, yang juga pondok rintisan Gus Dur,  pada sesepuhnya serta keluarganya ini. Di lokasi ini kamu bisa melakukan ziarah kubur ke makam Gus Dur, Kyai Hasyim Asyari, sekaligus ibadah di dalamnya. Selain itu di dalamnya kamu akan merasakan suasana yang tenang, terlebih dengan suasana kagum. Melihat para santri yang begitu khusyuk mengaji sepanjang tempat yang ada.

4Gereja Kristen Jawi Wetan

Selain bangunan masjid, yang identik dengan pemeluk agama Islam yang megah. Jombang yang terkenal sebagai kota toleransi ini juga terdapat beberapa gereja yang megah. Gereja ini juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang melakukan perjalanan religi. Sebab toleransi dan menikmati suasana lain akan menjadi kesan tersendiri bagi kamu. Gereja Kristen Jawi Wetan ini berlokasi di Mojowarno. Gereja ini merupakan gereja tertua yang ada di Indonesia. Sebab sudah berdiri sejak tahun 1881. Bagi kamu yang ingin membuat perjalanan lebih seru maka kunjungi tempat wisata ini wisata pulau wayag perawan pingitan papua barat.

5Klenteng Gudo

Kleteng Gudo yang tidak boleh kamu jadikan refresi wisata religiusmu ketika datang ke Jombang. Kelenteng tua yang banyak diyakini sebagai peninggalan Belanda ini juga memiliki seni klasik nan bermakna di dalamnya. Klenteng ini memiliki nama lengkap Hong San kiong, lokasinya berada di Desa Gudo. Klenteng ini juga merupakan salah satu klenteng yang tua di Indonesia, sebab sudah berdiri sejak abad ke 17.  Sehingga menarik jika dijadikan lokasi wisata religius sambil mengingat sejarah dan makna toleransi yang sudah dijadikan jargon bersama di negeri ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.